Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel : Ulasan Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel – Ada dua tipe yakni rangkaian seri dan rangkaian paralel. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan rangkaian seri dan paralel?

Rangkaian seri sebagai rangkaian kelistrikan yang mana semua elemen rangkaian di buat pada satu lajur atau sejajar. Sementara rangkaian paralel sebagai rangkaian kelistrikan yang mana elemen rangkaian dirangkai secara paralel atau bercabang.

Dalam sebuah kelistrikan ada sebuah rangkaian yang mempunyai peranan supaya beban kelistrikan bisa berpijar. Beban kelistrikan kadang bukan hanya satu tetapi dapat terdiri dari 2 beban atau bahkan juga lebih. Oleh karenanya untuk menyambungkan bermacam beban itu tentu saja dibutuhkan sebuah rangkaian tertentu supaya semua beban bisa berpijar dan sesuai kepentingan.

Rangkaian kelistrikan itu salah satunya yakni rangkaian seri dan rangkaian paralel. Pada rangkaian seri beban diatur sejajar atau berderet dan sama-sama disambungkan satu sama yang lain. Oleh karenanya saat satu beban berpijar karena itu beban lainnya akan berpijar. Sementara pada rangkaian paralel beban akan dirangkai secara paralel atau bercabang.

Ke-2 rangkaian kelistrikan sesungguhnya mempunyai peranan pemakaian semasing. Pada rangkaian seri ada banyak kelebihan beberapa kekurangan. Saat itu pada rangkaian paralel mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ke-2 rangkaian kelistrikan itu sesungguhnya sama-sama lengkapi satu sama yang lain.

Oleh karenanya dalam pemakaian rangkaian seri dan rangkaian paralel harus disamakan dengan perannya. Dengan demikian performa dari rangkaian seri dan rangkaian paralel bisa berperan seperti mestinya. Sesungguhnya karakter rangkaian seri dan paralel telah diulas pada artikel awalnya. Oleh karenanya kesempatan kali ini akan diulas berkenaan kelebihan dan kekurangan rangkaian seri dan paralel.

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel

Pada tiap rangkaian baik rangkaian seri atau paralel memiliki bermacam kelebihan dan kekurangan. Untuk memperjelasnya berikut sebagai kelebihan dan kekurangan rangkaian seri dan paralel.

1. Rangkaian Seri

Rangkaian seri sebagai rangkaian kelistrikan yang mana beban kelistrikan diatur secara berderet atau sejajar, dan sama-sama terkait satu sama yang yang lain. Jenis ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga  Komponen Sistem Kemudi Rack And Pinion Dan Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel

a. Kelebihan Rangkaian Seri

Rangkaian seri mempunyai beberapa kelebihan. Kelebihan rangkaian seri itu salah satunya sebagai ini.

  1. Rangkaian seri lebih simpel. Ini karena pada rangkaian seri diatur secara sejajar. Oleh karenanya jika beban yang dirangkai banyak membuat rangkaian seri jadi lebih simpel dibandingkan rangkaian paralel.
  2. Rugi tegangan atau voltage turun yang lebih kecil karena kendala pada rangkaian seri semakin sedikit dibandingkan rangkaian paralel. Pada rangkaian seri kabel yang digunakan semakin sedikit dibandingkan dengan rangkaian paralel oleh karenanya rugi tegangan pada kabel lebih kecil.
  3. Jumlah kabel yang dipakai semakin sedikit. Diperbandingkan rangkaian paralel yang dibikin secara bercabang tentu saja jumlah kabel yang dipakai semakin banyak diperbandingkan dengan rangkaian seri yang dirangkai secara sejajar.
  4. Ongkos yang lebih kecil. Dengan pemakaian jumlah kabel yang semakin sedikit tentu saja ongkos yang perlu dikeluarkan untuk bikin rangkaian seri semakin sedikit ongkos.
  5. Lebih efektif karena arus yang disalurkan pada tiap beban besarnya sama satu sama yang lain.
  6. Jika salah satunya beban memerlukan tegangan yang besar karena itu dengan rangkaian seri ini bisa dilaksanakan. Ini karena tegangan keseluruhan untuk baterei yang dirangkai secara seri ialah jumlah keseluruhan ke-2 tegangan.

b. Kekurangan Rangkaian Seri

Selainnya mempunyai beberapa kelebihan, rangkaian seri mempunyai beberapa kekurangan. Berikut sebagai kekurangan rangkaian seri.

  1. Jika satu beban kelistrikan mati, karena itu beban kelistrikan lainnya akan turut mati. Ini karena beban kelistrikan pada rangkaian seri di atur sejajar hingga jika satu beban kelistrikan mati karena itu saluran arus listrik terputus.
  2. Jika beban banyak seumpama lampu, karena itu nyala lampu satu sama yang lain berbeda. Ini karena beban kelistrikan memiliki kendala yang menghalangi saluran arus listrik yang mengucur ke tiap beban.
  3. Tidak bisa dipakai untuk beban yang banyak. Ini karena beban kelistrikan termasuk juga kendala hingga memengaruhi arus listrik yang mengucur ke tiap beban. Oleh karenanya jika beban kelistrikan banyak karena itu performa beban kelistrikan tidak optimal.
Baca Juga  Cara Kerja Shock Depan: Prinsip & 3 Jenis

2. Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel sebagai salah satunya tipe rangkaian kelistrikan yang mana tiap beban kelistrikan dirangkai secara paralel atau bercabang. Meskipun dalam pemakaianya tiap beban kelistrikan mengambil sumber dari beban yang serupa. Tentu saja rangkaian paralel mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel

a. Kelebihan Rangkaian Paralel

Pada rangkaian paralel atau beban kelistrikan yang dirangkai secara paralel mempunyai beberapa kelebihan. Berikut sebagai kelebihan rangkaian paralel.

  1. Pada rangkaian paralel, jika satu beban kelistrikan mati karena itu beban kelistrikan lainnya tetap berpijar. Dengan demikian tidak menggangu performa dari beban kelistrikan lainnya.
  2. Pada rangkaian paralel, tiap beban kelistrikan mendapatkan beban yang serupa besar satu sama yang lain. Dengan demikian beban kelistrikan yang memiliki daya yang serupa akan berperan dengan optimal.
  3. Pada rangkaian paralel, arus yang mengucur ke tiap beban sebagai penjumlahan arus yang disimpan. Oleh karenanya arus yang mengucur akan bertambah jika ke-2 baterei atau sumber kelistrikan dirangkai secara paralel karena itu arus yang mengucur bertambah.

b. Kekurangan Rangkaian Paralel

Selainnya bermacam kelebihan rangkaian paralel mempunyai beberapa kekurangan. Berikut sebagai kekurangan rangkaian paralel.

  1. Rangkaian paralel lebih susah. Jika rangkaian beban kelistrikan dalam jumlah yang banyak karena itu bisa ditegaskan rangkaian akan jadi lebih susah. Ini karena kabel yang dipakai bercabang dan banyak ikatan di dalamnya.
    Kabel yang dipakai semakin banyak pada rangkaian paralel. Ini karena beban diatur secara paralel atau bercabang.
  2. Ongkos tambah mahal. Ini karena pada rangkaian paralel kabel yang dipakai semakin banyak hingga ongkos yang dikeluarkan makin banyak.
  3. Rugi tegangan atau voltage turun yang semakin besar. Ini karena arus listrik harus mengucur lewat kabel yang lebih panjang dan semakin banyak.
  4. Arus yang mengali ke tiap beban kelistrikan bergantung pada kendala beban itu. Ini mengakibatkan performa satu beban dengan beban kelistrikan lainnya berbeda.
  5. Lebih susah saat mendapati kerusakan karena wajib melakukan pengujian satu-satu.

Di atas sebagai ulasan berkenaan rangkaian seri dan rangkaian paralel. Ulasan berkenaan kelebihan dan kekurangan rangkaian seri dan paralel.