soket kiprok honda

Soket Kiprok Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki : Warna Kabel & Ulasan

Soket Kiprok Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki – Kiprok atau regulator berperan sebagai elemen penyetebil arus listrik dari spul ke aki (aki) motor. Tegangan listrik dan Arus listrik yang masuk di accu motor telah di sepertikan dengan kemampuan volt dan ampere yang ada pada sepeda motor, biasanya mekanisme kelistrikan motor yang ada di indonesia ialah 6 volt dan 12 volt.

Selain itu peranan kiprok yang lain yakni sebagai pengubah arus listrik AC (Bolak – Balik) dari spul motor jadi arus DC (Searah). Arus DC ini yang selanjutnya di pakai untuk pengisian (cas) accu motor. Arus yang telah disimpan dalam aki selanjutnya di pakai untuk keperluan beban pada motor, misalnya : klakson, lampu sein, elektrik stater, lampu khusus, dan lampu kontrol dan speedo mtr. motor.

Soket atau jalur kabel kiprok di antara berbagai merk motor berbed-beda disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi pada merk motor dengan pabrikasi yang serupa, warna kabel kiprok ini mempunyai kecocokan. Karena di zaman karburator merk motor dengan pabrikasi sama, semua warna kabel mempunyai peranan yang serupa.

Selain itu kabel kirpok warna hitam pada motor Yamaha Jupiter befungsi untuk kabel massa, dan pada motor Yamaha Mio kabel hitam berperan untuk kabel massa / bodi. Saya berharap keterangan saya barusan gampang buat anda ketahui.

Pemahaman Dan Peranan dan Jalur Kabel Kiprok

Di dalam sebuah kiprok motor ada elemen di dalamnya seperti Dioda, Resitor, IC, Transitor dan elemen electronic yang lain. Jadi penyambung dengan spul dan penyearah arus listrik, bila ada kerusakan pada elemen ini motor akan berhenti. Bila ini terjadi pada motor anda, karena itu check lebih dulu jalur kabel kiproknya.

Baca Juga  Jalur Kiprok RX King : 4 Kabel Dan Ulasannya

Apa Itu Kiprok Motor

Di atas telah sedikit kami berikan apakah itu kiprok motor dan perannya, tetapi bila belum memahami dengan jelas maka diterangkan kembali. Kiprok motor merupakan salah satu elemen kelistikan yang ada pada motor. Komponen ini mempunyai beberapa elemen dan masing-masing mempunyai peranan berlainan.

Salah satunya elemen dari kiprok adalah dioada yang merupakan sebuah elemen electronica terdiri dari 2 kutub yang berperan menyearahkan arus kelistrikan. Pada kiprok terdiri dari dua semikonduktor yang saling dipadukan. Setiap bahan dikasih bahan tambahan yang lain dan tambahan material konduktor untuk alirkan arus listrik.

Peranan Kiprok Motor

Lantas apa sang peranan dari kiprok motor? Kemungkinan pertanyaan semacam ini kerap di katakan oleh banyak orang. Awalnya juga kami berikan ke anda semua. Bila peranan kiprok adalah sebagai pemisah tegangan pengisian dari elemen spull, hingga arus listrik yang akan keluar masih konstan dan biasanya bertegangan 12 V.

Disamping itu kiprok motor mempunyai peranan sebagai penyearah arus listrik, hingga arus listrik yang dari spull sebagai arus bolak balik (AC). Sedang untuk arus yang diperlukan pada suatu motor adalah DC (Direct Current), nach berikut kiprok mulai bekeja yang mana menyearahkan arus listrik dari spull.

Soket Kiprok Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki

1. Soket Kiprok Motor Honda

soket kiprok honda

Kabel Kiprok Motor Honda terdiri dari:

  • Warna kabel merah berperan untuk Batteray, 12 volt (+).
  • Kedua warna kabel kuning berperan untuk lampu khusus.
  • Ketiga warna kabel putih berperan untuk spul pengisian.
  • Keempat warna kabel hijau berperan untuk Massa (-).
Baca Juga  Cara Mengetahui Kompresor AC Rusak : 7 Ciri, Penyebab, & Perbaikan

2. Soket Kiprok Motor Yamaha

soket kiprok yamaha

Kabel Kiprok Motor Yamaha terdiri dari:

  • Warna kabel merah berperan untuk Batteray, 12 volt (+).
  • Kedua warna kabel kuning berperan untuk Lampu.
  • Ketiga warna kabel putih berperan untuk Spul pengisian.
  • Keempat warna kabel hitam berperan untuk Massa (-)

3. Soket Kiprok Motor Kawasaki

soket kiprok kawasaki

Kabel Kiprok Motor Kawasaki terdiri dari:

  • Warna kabel merah – garis putih berperan untuk Pengisian accu motor
  • Kedua warna kabel kuning berperan untuk Arus untuk lampu.
  • Ketiga warna kabel putih berperan untuk Arus listrik dari spul (+).
  • Keempat warna kabel hitam berperan untuk Massa (-).

4. Soket Kiprok Motor Suzuki

soket kiprok suzuki

Kabel Kiprok Motor Suzuki terdiri dari:

  • Warna kabel merah ke terminal (+) positif Aki / Accu motor.
  • Kedua warna kabel kuning – garis putih yang digunakan untuk beban / lampu.
  • Ketiga warna kabel putih – garis merah untuk pengisian Aki motor.
  • Keempat warna kabel hitam – garis putih untuk massa (-) / body motor.

Diatas adalah ulasan terkait jalur atau soket kiprok sepeda motor baik honda, yamaha, suzuki, dan kawasaki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion