Cara Reset Odometer Digital: 4 Prosedur Dan Biaya

Cara Reset Odometer Digital Dan Biaya – Sekarang ini hampir semua motor memakai panel instrument digital termasuk bagian odometer. Tentu hal ini akan menyulitkan terutama dalam hal reset. Lalu bagaimana cara reset odometer digital?

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai apakah itu speedometer digital. Sepeedometer digital adalah speedometer yang pada proses memberikan informasi baik RPM, KMH, Tanda BBM, dan lain-lain yang telah memakai sensor (digital).

Lain perihalnya dengan speedometer analog, contoh yang termudah kelihatan adalah pada bagian KMH. Saat speedometer analog umumnya untuk menggerakan jarum memakai solor tanpa sensor (elektrikal).

Penggunaan sensor tentu membuat odometer digital menjadi lebih komplek. Untuk lebih jelasnya terkait cara reset odometer digital pada kendaraan baik mobil maupun motor dan biaya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara reset odometer digital

Cara Reset Odometer Digital

Dengan makin bertambahnya penjual mobil bekas, karena itu makin bertambah pelaku penjual yang coba menurunkan atau me-reset odometer speedometer kendaraan supaya angka nya kecil. Cara itu sebenarnya adalah satu cara yang buruk, karena memiliki unsur penipuan.

Cara reset odometer terutama digital terhitung aktivitas yang menuju ke arah pada manipulasi. Maka dari itu banyak beberapa jasa reset odometer yang betul-betul selective ketika memilih customer. Berikut cara reset odometer digital yang dapat dilakukan yaitu:

1. Software

Menurut pakar electronica itu, cara pertama untu mereset odometer digital perlu memakai software khusus agar tentukan angka yang diharapkan. Misalkan km telah 50000 ingin dibikin jadi 10000, karena itu perlu memakai software atau coding khusus.

Baca Juga  Motor Ngebul Saat Mesin Panas : 4 Penyebab Dan Ulasan

2. Konsleting

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mereset odometer digital menjadi angka 0, bisa memakai memakai tehnik hard reset. Hard reset ini dilaksanakan dengan cara mengkonsletingkan processor speedometer, dengan begitu data yang disimpan bisa menjadi lenyap, dimulai dari 0 kembali.

Cara ini pasti tinggi sekali risiko nya. Risiko paling tinggi nya adalah processor speedometer hancur dan speedometer tidak bisa dipakai kembali. Saat processor speedometer telah hancur maka susah untuk mencari elemen processor tersebut. Jalan keluar paling akhir adalah menukar dengan speedometer full-set yang baru.

Hal itu lah yang membuat jasa reset speedometer digital mahal, karena risiko nya lumayan tinggi. Tidak cuma hanya itu, pasti karena proses nya yang cukup sulit dan susah, hingga lumrah bila ongkos reset speedometer digital termasuk mahal.

3. Perombakan EEPROM

Cara ketiga untuk mereset odometer digital yaitu mengganti EEPROM. Ada elemen pada panel instrument digital yang perannya adalah untuk menyimpan memory berupa jarak yang selanjutnya diperlihatkan di Odometer digital.

Jika Odometer digital maka perlu pembongkaran PCB, terus elemen memory panel instrument yang digunakan untuk menyimpan perolehan km dilepaskan. Nama elemen itu Electrically Erasable Programmable Read-Only Memori (EEPROM).

Nach, elemen EEPROM untuk meresetnya perlu program khusus pada computer atau netbook, jadi tidak dapat asal-asalan.

4. Odoreset

Dahulu pertama keluar mobil dengan speedometer digital kelihatannya terpikirkan susah untuk prosedur reset odometer. Selain itu pasti penipuan dengan reset speedometer dapat diminimalisasi. Tetapi bersamaan perubahan zaman, teknologi ikuti perubahannya dan munculah alat yang disebutkan odoreset.

Baca Juga  Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

Odoreset adalah alat kecil seperti mesin EDC kartu ATM atau kartu credit. Tinggal memasangkan pada mobil dan odometer akan direset seperti keinginan.

Odoreset ini rupanya sebagai alat khusus yang diperkembangkan untuk lakukan rekonsilasi angka jarak tempuh yang terdaftar di odometer digital. Odometer digital memang berlainan dengan odometer analog yang memakai perputaran mekanis untuk menggerakkan angka yang diperlihatkan pada odometer. Jenis odometer digital memakai monitor LCD yang melanjutkan informasi dari ECU mobil.

Dan yang lebih hebatnya kembali, mobil yang telah direset oleh alat ini tidak kelihatan secara nyata, karena tidak dilakukan proses pembongkaran maupun penggantian.

Ongkos Reset Odometer Speedometer Digital

Seteleh mengetahui cara apa saja untuk reset odometer digital maka perlu diketahui pula biayanya. Mereka bertanya berapakah harga reset odometer speedometer digital.

Terdapat beberapa informasi mengenai ongkos reset speedometer digital. Dari survei dari berbagai media dan cara, untuk ongkos jasa reset speedometer digital adalah dimulai dari Rp. 200.000,- sampai Rp. 1.000.000,- bergantung pada tipe dan merek kendaraan.

Diatas adalah ulasan terkait cara reset odometer digital pada kendaraan baik mobil maupun motor dan biaya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -