Letak Sensor Kipas Radiator Avanza: Lokasi Dan Ulasannya

Letak Sensor Kipas Radiator Avanza – Salah satunya beberapa komponen mekanisme pendingin kendaraan mobil adalah kipas pendingin atau cooling fan. Kerja dari sisi ini dikendalikan oleh sensor. Lantas di mana lokasi sensor kipas radiator avanza?

Kipas pendingin ini berperan untuk menolong mendinginkan radiator dengan membuat udara bisa mengucur melalui sirip-sirip radiator. Udara akan mempernyerap panas pada sirip-sirip radiator hingga temperatur air pendingin pada radiator bisa di turunkan. Agar bisa bekerja di mobil terkini, kipas dikendalikan memakai sensor temperatur atau water temperatur sensor.

Water temperature sensor (WTS) adalah salah satunya sensor yang ada dalam mekanisme EFI yang mempunyai peranan untuk mengetahui temperatur cairan pendingin dalam mesin. Di sejumlah kendaraan sensor ini disebutkan dengan Engine Coolant Temperature Sensor (ECTS).

Pada mobil avanza juga memakai sensor ini untuk mengatur kerja dari kipas radiator untuk tingkatkan efektivitas mesin. Untuk memperjelasnya berkaitan letak sensor kipas radiator avanza ini akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

letak sensor kipas radiator avanza

Letak Sensor Kipas Radiator Avanza

Engine Coolant Temperature Sensor berperan untuk mengatur temperatur dari cairan pendingin atau air radiator di saat kerja mesin. Hingga temperatur air radiator akan dibaca oleh sensor Engine Coolant Temperature sebagai rekomendasi temperatur mesin.

Sebenarnya peranan khusus dari sensor adalah untuk “mengetahui”. Karena water temperatur sensor (WTS) ini sebuah sensor jadi dia mengetahui tiap peralihan temperatur dari air pendingin. Di mana tiap peralihan temperatur yang teridentifikasi akan diganti jadi signal tegangan untuk selanjutnya jadi input data untuk ECU untuk menghitung. Ada sensor WTS ini akan membuat ECU bisa mengenal keadaan temperatur kendaraan apa dingin, normal atau overheat.

Baca Juga  Arus Listrik Terbesar Mengalir pada Motor Starter Adalah?

Saat temperatur mesin dingin karena itu bahan bakar yang diinjeksikan ke silinder akan ditambahkan dan kebalikannya. Lantas pada saat mesin telah capai temperatur kerjannya ECU memerintah kipas radiator untuk berputar-putar.

Letak sensor kipas radiator avanza berada pada bagian belakang kepala silinder / silinder head, dekat rumah thermostat. WTS/ECTS umumnya diletakkan pada block mesin yang terkait langsung dengan lajur mekanisme pendingin kendaraan. Dengan kata lain letaknya berada di antara selang pendingin yang masuk ke bagian thermostat.

Diatas adalah ulasan terkait letak sensor kipas radiator avanza. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.