Ciri-Ciri Aki Mobil Soak: 8 Gejala, Penyebab, & Perbaikan

Ciri-Ciri Aki Mobil Soak – Ciri-ciri aki mobil yang perlu diganti atau sudah soak jadi salah satu poin penting yang perlu diperhatikan. Hal ini karena aki sebagai satu diantaranya part pada kendaraan yang penting. Lalu apa saja ciri-ciri aki mobil soak?

Aki mobil soak jadi salah satu persoalan umum yang terjadi pada mobil. Aki mobil yang soak ini bisa membuat mobil tiba-tiba macet. Tidak ingin ini terjadi, kan?

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu kenali penyebab aki mobil jadi soak agar dapat menghindari dan juga bisa jaga aki mobil dengan lebih baik. Untuk lebih jelasnya terkait ciri-ciri aki mobil soak, penyebab, dan cara mengatasi akan diulas lebih dari dalam artikel berikut ini.

ciri-ciri aki mobil soak

Ciri-Ciri Aki Mobil Soak

Aki memegang peran yang perlu untuk mobil. Jika tidak dicheck kondisinya, bisa jadi saat kamu berkendara mobil akan tiba-tiba macet.

Sebelum hal tersebut terjadi, seharusnya kamu kenali tanda aki mobil soak. Berikut informasi berkaitan ciri-ciri aki mobil soak selengkapnya yaitu:

1. Saat di-starter mobil tidak mau berpijar

Pernahkah kamu rasakan kesulitan saat men-starter mobil? Kondisi ini tentu betul-betul menjengkelkan, kan? Apalagi saat pada keadaan terburu-buru untuk mengawali perjalanan. Ini sebagai salah satu ciri-ciri aki mobil soak.

Jika biasanya bisa langsung starter, sekarang ini kamu perlu starter sering terlebih dahulu baru mobil berpijar. Jika sudah begitu, kamu harus sesegera mengecek kondisi aki mobil kamu. Karena, ini jadi salah satu tanda aki kering mobil soak.

Tidak hanya itu, hal tersebut muncul karena air aki yang berada di batas minimal atau aki kering, sampai komponen aki kesulitan salurkan daya listrik. Tanda aki kering mobil soak ini bukanlah cuma terjadi pada kendaraan yang dikasih dengan aki basah saja.

Karena itu, kamu semestinya kamu bisa makin waspada terkait aki mobil sebelum mobil kamu macet keseluruhnya.

2. Lampu mobil redup

Ciri-ciri aki mobil soak selanjutnya adalah lampu mobil redup. Di mana tanda aki soak ini dapat mencelakai kamu saat berkendaraan.

Karena, kamu tidak mampu berkendara di jalanan gelap karena sinar lampu yang dibikin oleh mobil kamu tidak maksimal. Ini biasanya terjadi saat aki mobil sudah melalui batas penggunaan. Karena itu sudah waktunya untuk mengganti aki.

3. Berkurangnya suara klakson atau bahkan mati

Ciri-ciri aki mobil soak seterusnya adalah berkurangnya suara klakson atau bahkan mati. Walaupun sebetulnya umumnya, suara klakson mobil akan terdengar keras buat pengendara mobil atau kendaraan lain dapat dengar sinyal yang kamu berikan.

Saat suara klakson mobil mulai turun atau bahkan tidak keluar betul-betul walaupun sudah kamu tekan sekuat-kuatnya, tanda aki mobil mempunyai permasalahan. Hal tersebut jadi salah satu ciri-ciri aki kering mobil soak.

Karenanya, kamu perlu sesegera mengecek kondisi aki agar tetap aman dan tidak mencelakai pengguna jalan lain saat berkendara.

4. Lampu Peringatan Menyala

Bila ketiga ciri-ciri aki mobil soak diatas, biasanya bakal ada pertanda peringatan pada dashboard. Khususnya untuk beberapa pengguna mobil dan beberapa pengguna sepeda motor untuk keluaran terbaru. Bila anda menggunakan sepeda motor keluaran lama, biasanya belum ada juga pertanda peringatan aki soak.

Buat anda yang disebutkan pengguna sepeda motor yang belum memiliki pertanda aki tetapi anda sudah rasakan ketiga ciri-ciri di atas, karenanya sebaiknya jika anda sesegera memeriksa kondisi aki motor anda.

Baca Juga  Bentuk Pengabutan Yang Baik Adalah: 3 Cara Dan Ulasan

5. Menghasilkan Bau Saat Mesin Dihidupkan

Ciri-ciri aki mobil yang sudah rusak atau soak selanjutnya adalah akan menghasilkan bau yang tidak sedap ketika mesin dihidupkan, ini akan terasa pada kendaraan memiliki roda 4. Bau yang dibikin ini karena beberapa sel pada komponen aki mulai rusak. Sampai ketika mesin dihidupkan akan menghasilkan bau tidak sedap dan air aki akan mendidih.

Untuk kondisi seperti ini biasanya bakal ada buat anda yang menggunakan type aki basah apabila terjadi ini, karena itu betul-betul sulit untuk diperbaharui. Sampai anda harus mengganti aki.

6. Kondisi Air Aki Jadi Kotor

Jika anda sudah rasakan bau seperti yang diterangkan di atas, karenanya kondisi air aki telah pasti terlihat kotor. Oleh karena itu, buat anda yang menyenangi menggunakan tipe aki basah. Seharusnya bila anda kerjakan pengetesan air aki secara teratur, agar status air aki tetap berada di batas atas dan bawah. Hal ini termasuk salah satu dari ciri-ciri aki mobil soak.

7. Voltase Aki Berkurang

Ciri-ciri aki mobil soak yang selanjutnya adalah voltase aki akan berkurang. Adapun cara untuk kenali voltase aki berkurang atau mungkin tidak dapat menggunakan alat berwujud load tester, bila voltase yang dibikin oleh aki masih sama sesuai standar. Di mana tegangan pada aki yang sehat itu antara 12.3 sampai 12.6 Volt dan ketika mesin dihidupkan akan naik dengan batas maksimal 14.2 Volt.

Bila voltase pada aki yang anda punya di bawah standar voltase yang telah diputuskan, karenanya anda dapat kerjakan pengisian daya pada aki itu. Tetapi sebelum isi kembali daya pada aki, sebaiknya jika mengganti air aki terlebih dahulu dan bersihkan.

8. Terjadi Short Circuit Pada Aki

Ciri-ciri aki mobil soak yang terakhir adalah short circuit pada aki. Kondisi aki yang tidak bagus dapat menghasilkan short circuit atau korsleting pada beberapa komponen kendaraan, bila sudah datang terjadi hal seperti itu, karenanya sebaiknya jika anda sesegera mengganti aki sama dengan yang baru atau bisa juga lakukan pembaruan

Penyebab Aki Mobil Soak

Setelah mengetahui ciri-ciri aki mobil soak maka perlu juga diketahui penyebab hal ini terjadi. Ada banyak penyebab aki mobil soak salah satunya yaitu:

1. Mobil jarang dipakai

Jarang pelesiran karena masa pandemi? Jangan malas memanaskan mobil ya. Mobil yang jarang digunakan tidak memperoleh suplai listrik yang cukup, jadi kerja aki jadi kurang optimal. Aki bakal menjadi tekor sampai mobil yang sulit dihidupkan.

Jika kamu jarang menggunakan mobil untuk pelesiran, sekurangnya panaskan mobil secara teratur agar suplai listrik selalu terjaga dan usia pakai aki menjadi lebih bertahan lama. Ciri aki mobil soak adalah komponen listrik pada mobil turun, misalkan klakson yang suaranya tidak keras, lampu yang tidak demikian terang, dan sebagainya.

2. Penggunaan mobil yang tinggi

Berkebalikan dengan jarang digunakan, mobil yang selalu digunakan dengan intens tinggi lama-lama membuat aki soak. Ini karena oleh pemakaian secara terus menerus membuat aki bekerja ekstra. Jika pemakaian memang tinggi, maka perlu pemeriksaan kondisi aki secara teratur.

Baca Juga  Cara Memeriksa Radiator : 8 Cara Dan Ulasannya

3. Air aki habis

Satu diantaranya penyebab aki mobil soak adalah air aki yang sudah habis dan kamu tidak ketahuinya sampai tidak bisa sesegera dikerjakan perawatan. Ini terjadi pada aki basah yang secara teratur harus diisi ulang air aki. Kamu bisa melihatnya pada pertanda yang ada di tempat aki. Jika sudah raih batas minimal atau warna jadi kotor, sesegera kuras atau isi ulang air aki.

4. Kecilnya kekuatan aki mobil

Jika kamu tentukan menggunakan kekuatan aki mobil yang kecil, kamu perlu siap untuk turunkan kepentingan kelistrikan mobil. Kepentingan kelistrikan mobil yang tidak dibarengi dengan kekuatan aki akan membuat aki cepat soak.

5. Penggunaan aksesories mobil terlampau berlebihan

Ini berkaitan dengan kekuatan aki mobil yang kecil. Boleh-boleh saja melakukan modifikasi mobil dengan menambahkan beberapa aksesories. Misalnya menambahkan sound mekanisme yang lebih bagus atau beberapa lampu yang menarik. Proses audio ini yang biasanya membutuhkan listrik yang besar. Optimis aki mobil kamu cukup buat menyuplai kepentingan listriknya. Aki yang sering tekor semakin lama menjadi soak.

6. Menggunakan lampu projector

Selainnya audio, lampu projector menghisap listrik yang cukup banyak. Karena itu sebelum memasang lampu proyektor, kamu perlu memperhatikan detil lampu dan berapakah daya yang dibutuhkan. Seterusnya imbangi dengan kekuatan aki mobil kamu. Jika kekuatan kurang, karenanya aki perlu diganti dengan aki yang memiliki kekuatan makin besar.

7. Aki telah masuk usia pakai

Semua komponen mobil akan soak saat sudah raih usia menggunakannya. Misalkan untuk umur aki mobil tipe aki kering yang membutuhkan sekitar 2 tahun untuk diganti sama dengan yang baru. Maka dari itu kamu perlu menulis dan ingat kapan saat yang cocok untuk mengganti aki mobil.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Aki yang soak bisa diperbaharui sebelum kamu memutuskan untuk membeli aki baru. Ini bisa sedikit memperpanjang usia pakai aki kering dan membuat komponen mobil kamu kembali berperanan normal.

1. Siapkan semua alat

Kamu perlu menyiapkan obeng minus, air aki zuur untuk isi aki baru, lap, suntikan tinta printer, gergaji atau pisau, dan selotip.

2. Lepaskan aki

Lepaskanlah aki dari mobil dengan cara melepas kutub positif terlebih dahulu baru melepas kutub negatif. Ini dikerjakan agar tidak ada percikan api karena gesekan logam.

3. Bersihkan aki

Untuk memudahkan proses penyempurnaan aki, karenanya aki perlu dibersihkan terlebih dahulu. Usap dengan kain lap yang bersih.

4. Bedah penutup aki

Bedah penutup aki dengan menggunakan obeng minus. Jika tidak bisa, kamu bisa membuka menggunakan pisau atau gergaji pada bagian Do Not Open. Kamu perlu lakukan secara waspada agar kotak tidak rusak.

5. Isi air aki/cairan aki (zuur)

Setelah terbuka, kamu akan melihat ada banyak lubang mempunyai ukuran kecil. Anjuran air zuur ke lubang itu menggunakan suntikan tinta printer. Isi s/d batas 1 cm di bawah lubang aki. Selanjutnya tutup kembali dan rapatkan menggunakan selotip.

Walaupun bisa diperbaharui, tetapi jangan terlena dengan kondisi ini. Aki yang sudah rusak tetap perlu diganti baru agar kondisinya benar-benar prima.

Di atas adalah pembahasan berkaitan ciri-ciri aki mobil soak, penyebab, dan cara mengatasi. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -