Ciri-ciri Modul Central Lock Rusak : 8 Ciri & Cara Mengatasi

ciri ciri module central lock rusak

Ciri-ciri Modul Central Lock Rusak – Kerusakan umum terjadi pada serangkaian central lock pada suatu kendaraan. Salah satunya kerusakan yang terjadi pada modul central lock. Lantas bagaimanaciri-ciri modul central lock rusak?

Central door lock sebagai salah satunya perubahan tehnologi yang ada pada kendaraan. Central lock dipakai mengamankan pintu secara automatis memakai sebuah remote atau tombol. Oleh karenanya kunci pintu bisa dioperasionalkan dalam jarak jauh. Ini tentu saja benar-benar menolong dalam soal efektivitas keamanan pada kendaraan.

Tetapi tanpa perawatan, central lock kerap alami kerusakan. Kerusakan pada central lock dimulai dari ikatan, aktuator, khususnya modul central lock. Modul central lock sebagai sisi penting dari serangkaian central lock karena mengatur performa sesuai keperluan pengendara. Jika pengendara inginkan untuk buka pintu karena itu modul central lock akan mengirim signal supaya aktuator buka pengunci pintu, begitupun kebalikannya.

Oleh karenanya jika ada kerusakan pada modul central lock karena itu performa central door lock pasti terusik. Disamping itu akan muncul bermacam ciri-ciri modul central lock yang alami kerusakan. Oleh karenanya perlu dilaksanakan perawatan supaya central lock bisa bekerja dengan optimal. Berkenaan ciri-ciri modul central lock rusak akan diulas selanjutnya pada artikel di bawah ini.

ciri ciri module central lock rusak

Ciri-ciri Modul Central Lock Rusak

Ada banyak ciri-ciri modul central lock jika alami kerusakan. Langsung modul central lock yang rusak akan memengaruhi performa dari central lock. Untuk memperjelasnya berikut sebagai ulasan berkenaan ciri-ciri modul central lock rusak.

1. Beberapa suara yang tidak biasa tiba dari dalam pintu

Beberapa suara yang tidak biasa tiba dari dalam pintu adalah tanda-tanda pertama dari permasalahan prospektif dengan aktuator kunci pintu listrik (central lock). Sejumlah besar kunci pintu listrik bekerja memakai roda gigi atau motor yang kemungkinan berputar-putar perlahan, atau membuat suara saat bekerja. Beberapa suara itu normal.

Tetapi, bila suara mendadak jadi lebih keras ataupun lebih terang, karena itu ini kemungkinan sebagai tanda jika roda gigi atau motor jadi kedaluwarsa. Beberapa suara kemungkinan makin keras sampai aktuator pada akhirnya tidak berhasil. Juga penting untuk Anda untuk mulai mengenal Ciri Ciri-ciri Mesin Mobil Masih Bagus, supaya Anda terbebas dari risiko di jalan.

2. Kunci pintu listrik bergerak tidak pasti (tidak lancar)

Tanda-tanda lain dari permasalahan prospektif dengan aktuator kunci pintu daya ialah kunci pintu yang berperangai tidak pasti. Bila aktuator mempunyai permasalahan intern atau kabel apa saja, itu bisa mengakibatkan mereka cepat mengamankan dan buka kunci secara tidak tersangka, atau mengakibatkan berperan sebentar-sebentar.

Baca Juga  Penyebab Dinamo Starter Berat: 6 Faktor Dan Perbaikan

3. Kunci Central Lock Tidak Berperan

Modul central lock sebagai elemen khusus dari serangkaian central lock. Modul central lock berperan untuk mengatur kerja dari serangkaian central lock sesuai keperluan sopir. Jika tombol kunci atau locking didesak karena itu automatis modul central lock akan memerintah aktuator untuk mengamankan pintu. Kebalikannya jika tombol membuka atau unlock didesak karena itu modul central lock akakn memerintah aktuator untuk buka kunci pintu.

Oleh karenanya salah satunya ciri yang muncul jika modul central lock alami kerusakan ialah kunci central lock tidak berperan sama sekalipun. Kunci central lock dimulai dari remote sampai sakelar tidak bisa dipakai untuk buka atau mengamankan pintu. Ini karena module central lock yang mengatur kerja itu. Tanpa perintah dari module karena itu central lock tidak bisa bekerja.

Tetapi kunci central lock tidak berperan dapat disebabkan karena kerusakan elemen central lock lain. Oleh karenanya perlu dicheck dalam apa elemen lain bisa bekerja secara baik atau mungkin tidak.

4. Kunci Pintu Terjadi Sesaat

Modul central lock yang eror mengakibatkan arus yang disalurkan ke aktuator tidak konstan. Mengakibatkan terkadang proses kuncian dan pembukaan kunci terjadi sesaat – sesaat . Maka terkadang pintu terkunci kadang pintu terbuka.

Hal itu tentu saja akan memengaruhi keselamatan dan keamanan dalam mengemudi. Oleh karenanya jika terjadi kerusakan itu perlu dilaksanakan pengecekan supaya central lock bisa bekerja secara baik.

ciri ciri module central lock rusak

5. Tombol kunci pintu rusak

Tanda-tanda lain permasalahan dengan sakelar kunci pintu daya ialah tombol atau rocker yang rusak. Sejumlah besar tombol sakelar pintu dibuat dari plastik, yang rawan pada kerusakan dan keretakan karena kerap dipakai.

ciri ciri module central lock rusak

6. Kunci pintu tidak berperan

Tanda-tanda yang lain lebih langsung dari permasalahan dengan sakelar kunci pintu daya ialah kunci pintu yang tidak berperan saat sakelar didesak. Bila sakelar tidak berhasil seutuhnya, sakelar tidak segera dapat mengantarkan daya ke aktuator kunci pintu, dan mengakibatkan, kunci pintu tidak berperan. Disamping itu ketahui Permasalahan Mekanisme Karburator supaya mobil Anda tahan lama

7. Remote Central Lock Tidak Berperan

Saat remote didesak karena itu frequensi dari remote akan dikirim ke module central lock. Module central lock akan memproses dan menyalurkan arus ke aktuator agar bekerja untuk buka atau tutup kunci pintu. Tanpa module central lock yang memproses input dari remote karena itu central lock tidak bisa bekerja.

ciri ciri module central lock rusak

8. Berbau Gosong atau Ada Sisi Terbakar Pada Module Central Lock

Jika muncul berbau gosong dari module central lock karena itu perlu dicemaskan terjadi konsleting pada serangkaian module central lock. Jika casing module dibuka maka ada sisi lajur yang alami kerusakan atau gosong.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Aki Basah : 6 Cara Dan Ulasannya

Lajur yang gosong bisa disebabkan karena konsleting listrik atau arus terlalu berlebih yang mengucur di dalam module central lock. Oleh karenanya perlu dilaksanakan pengecekan selanjutnya untuk ketahui penyebab berlangsungnya konsleting. Perlu dilaksanakan pengujian kabel-kabel yang alami konsleting listrik.

Cara Memeriksa Kerusakan Central Lock

Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk memeriksa kerusakan yang terjadi pada central door lock diantaranya yaitu:

  1. Apa central lock bisa bekerja saat memakai remote dan saat cuman memakai tombol saja. Bila CL tidak bekerja saat memakai remote saja memiliki arti motor locknya pada kondisi baik atau mungkin tidak rusak. Tetapi, bila pintu tidak bisa mengamankan dengan memakai remote maupun dengan cara manual yakni dengan dengan meng-lock dan meng-unlock lewat tombol pintu atau memakai anak kunci, karena itu kemungkinan yang rusak ialah pada motor lock yakni yang ada pada Master Central Lock atau Slave Central Lock. Bila kerusakan pada motor lock/pistol central lock yang ada pada pintu pengemudi, karena itu semua pintu tidak bisa dilock maupun unlock, tetapi bila kerusakan pada Slave Motor Lock yakni cuman salah satunya kunci saja yang tidak bekerja central locknya. Disamping itu silahkan dilihat apa kawat penyambungnya yang terlepas atau status motor lock yang tidak cocok, silahkan dilihat sekrup motor locknya.
  2. Bila central lock tidak bekerja saat memencet tombol lock dan unlock atau memakai remote, tetapi ada bunyi cik-cik dari central lock module/relay central lock, kemungkinan ada kerusakan pada module/relay central lock. Silahkan dibuka penutupnya, adakah lajur yang terputus.
  3. Hal pertama yang penting dilihat saat central lock macet ialah apa kabel power (merah) yang berisi saluran listrik (+) terhubung atau mungkin tidak. Selanjutnya hal yang cukup berperanan supaya central lock bisa bekerja ialah kabel massa/bodi (hitam) apa terhubung pas dengan bodi kendaraan atau mungkin tidak, karena bila tidak terhubung atau mungkin tidak pas berkenaan massa/bodi kendaraan ini seringkali mengakibatkan central lock tidak bekerja. Tetapi, pertanda bila salah satunya atau ke-2 kabel ini tidak tersambung atau mungkin tidak terhubung ialah tidak ada tanda-pertanda-tandanya suara cik-cik yang keluar dari modul central lock

Di atas sebagai ulasan berkenaan ciri-ciri modul central lock rusak. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -