Komponen Speedometer: 5 Bagian Dan Fungsinya

Komponen Speedometer – Speedometer sebagai salah satunya komponen yang cukup penting dan dapat disebut mempunyai fungsi penting untuk perform kendaraan atau mobil Anda. Lalu apa saja komponen atau bagian speedometer? Bagaimana cara kerja speedometer?

Salah satu komponen kendaraan yang dapat Anda saksikan secara jelas adalah speedometer. Hal itu karena speedometer berada pada bagian dasbor mobil atau kendaraan Anda.

Dalam speedometer itu ada beragam instrument atau tanda yang memperlihatkan beragam macam komponen dan keadaan kendaraan atau mobil Anda, baik di saat stop atau meluncur.

Jenis atau variasi dari speedometer juga bermacam. Ada sebagai satu bagian seperti dalam mobil biasa, tetapi ada pula yang terpisah yang biasanya dipunyai oleh mobil sport. Untuk lebih jelasnya terkait komponen speedometer, fungsi, dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen speedometer

Fungsi Speedometer

Sama seperti yang telah penulis terangkan di atas, sesungguhnya speedometer ini sangat penting perannya dalam performa mobil anda. Berikut fungsi dari speedometer mobil :

  1. Mengatur kemampuan atau volume bahan bakar kendaraan mobil anda. Hingga langkah membuat mobil hemat bahan bakar yang telah anda coba dapat dikendalikan dengan menyaksikan penampilan pada speedometer tersebut.
  2. Bagian panel yang digunakan untuk mengotrol kecepatan mobil anda.
  3. Sebagai komponen transmisi manual yang dipakai untuk ketahui status transmisi.
  4. Sebagai komponen yang dipakai untuk pertanda lampu tanda untuk bagian depan, bagian lampu sein, dan lain-lain.
  5. Komponen yang dipakai untuk ketahui jarak menempuh yang telah dilakukan oleh kendaraan anda telah capai berapakah km.
  6. Sebagai komponen yang dipakai untuk menghitung jarak menempuh dari 1 pas ke arah tempat lainnya.
Baca Juga  Rangkaian Lampu Kepala : Fungsi, Komponen, Gambar

Nach sahabat semua, dapat dipikirkan ya jika speedometer anda itu memiliki masalah, tentu saja anda tidak nyaman berkendaraan. Disamping itu, risiko kecelakaan akan rawan terjadi, pikirkan saja anda memakai mobil anda di jalan yang penuh keramaian tetapi anda tidak dapat mengatur kecepatan, sudah tentu risiko kecelakaan semakin lebih banyak ya sahabat.

Komponen Speedometer

Saat sebelum Anda ketahui lebih dalam berkenaan speedometer mobil. Seharusnya lebih dulu Anda mengenali beberapa bagian dari speedometer. Berikut pembahasan berkenaan Komponen Speedometer yang harus anda tahu:

1. Dudukan Speedometer

Bagian ini sebagai komponen dari speedometer yang mempunyai fungsi sebagai tempat melekatnya speedometer. Yang pada akhirnya kelak akan terpasangkan kaca speedometer yang berkaitan. Komponen ini terhitung yang cukup juga penting.

2. Mekanisme Kabel

Bagian yang ke-2 yaitu mekanisme kabel pada speedometer Anda. Kabel ini nanti akan berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari komponen penyusun accu mobil ke arah aliran listrik yang ada di speedometer Anda. Ini akan membuat speedometer itu bisa berfungsi seperti semestinya.

3. Roda Pendorong

Bagian seterusnya yaitu bagian yang termasuk penting kehadiranya dalam speedometer Anda. Roda pendorong berfungsi untuk gerakkan jarum petunjuk angka yang ada di speedometer.

Jika roda ini tidak berfungsi secara baik, karena itu dapat disebutkan speedometer Anda tidak berfungsi dengan maksimal. Hal itu karena jarum petunjuk tidak bisa bergerak.

4. Komponen Jarum dan Angka

Selain itu komponen speedometer yang selanjutnya adalah jarum dan angka. Bagian ini berfungsi sebagai tanda, di mana bisa menjadi dasar untuk Anda yang memakai mobil untuk tentukan kecepatan kecepatan kendaraan. Disamping itu, angka atau jarum yang ada di speedometer ini berfungsi sebagai tanda yang memperlihatkan jumlah bahan bakar yang masih ada pada mobil Anda.

Baca Juga  Ukuran Etiket Gambar Teknik : Ukuran, Posisi, & Garis Tepi

5. Kaca atau Cover Speedometer

Komponen speedometer yang paling akhir yaitu cover yang seperti kaca pada speedometer Anda. Kaca ini berfungsi sebagai komponen yang hendak membuat perlindungan speedometer Anda dari air cipratan, debu, atau kotoran yang lain yang bisa jadi menghancurkan speedometer mobil kecintaan Anda.

Cara Kerja Speedometer

Setelah mengetahui berbagai komponen speedometer mobil maka perlu diketahui pula cara kerjanya. Ada banyak jenis sensor pengukur kecepatan yang ada di speedometer. Cara kerja pengukurannya pun berbeda beda tergantung jenis speedometer.

Secara mekanis sebagai piranti pengukuran kecepatan yang disambungkan langsung dengan roda depan atau transmisi dengan memakai satu kabel yang turut berputar-putar saat kendaraan bergerak. Adapun pergerakan berputar-putar ini selanjutnya diubah untuk gerakkan kendaraan atau mobil Anda.

Disamping itu, secara electronica sebagai pengukuran kecepatan yang aktif berdasar sensor yang ditaruh pada kutub pendorong kendaraan atau mobil untuk mengetahui jumlah perputaran kutub. Seterusnya data dikirimkan ke speedometer dengan konsep arus Eddy yang gerakkan jarum kecepatan atau memperlihatkan kecepatan secara digital.

Adapun GPS yaitu piranti pengukuran kecepatan 90 yang memakai peralihan data status koordinat bumi yang didapat dari satelit GPS. Selanjutnya data itu diproses oleh processor jadi info kecepatan 6.

Diatas adalah ulasan terkait komponen speedometer, fungsi, dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.