Reset Ecu Avanza Atau Xenia: 2 Cara Dan Ulasannya

Reset ECU Avanza – Jika terjadi masalah pada mekanisme EFI kendaraan karena itu memerlukan proses pembaruan, satu diantaranya yaitu reset ecu. Ini termasuk pada mobil toyota avanza atau xenia. Lantas bagaimana cara reset ecu avanza atau xenia?

Untuk apa sich Reset ECU? konon reset ECU Pada Mobil berperan untuk hapus log/catatan (error) yang ada di memori ECU. Ada error-error mengakibatkan proses ECU “berpikiran” menjadi lelet atau adanya kerusakan pada mesin.

Konon Reset ECU ini yang sudah dilakukan teknisi di saat kita service disitu. Akibatnya ketika keluar dari perbaikan, mobil tarikan jadi nikmat.

ECU pada mobil Injeksi adalah seperti otak alias tempat simpan memori untuk penataan setingan pada mesin. Ecu bekerja berdasarkan memory yang mendapatkan rangsangan dari sensor sensor yang ada di mesin.

Oleh karena itu apabila timbul kerusakan maka ecu akan mendapatkan informasi dan menyimpan informasi tersebut pada memory. Oleh karena itu reset ecu sangat penting dilakukan ketika selesai proses perbaikan. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara reset ECU untuk mobil toyota avanza atau xenia akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

reset ecu avanza

Reset ECU Avanza Atau Xenia

Lalu kapan saat yang bagus untuk reset ECU ini? Jika tarikan mobil anda telah berasa tidak nikmat ataupun waktu perubahan / tukar tipe bensin dari premium jadi pertamax/ kebalikannya.

Baca Juga  Ciri Ball Joint Rusak: 4 Gejala Dan Cara Mengecek

Sementara itu untuk cara reset ECU sendiri sangat mudah tanpa memerlukan peralatan khusus. Berikut cara mudah untuk reset ECU sendiri terutama untuk mobil toyota avanza dan xenia.

  1. Melepas sekering ECU di box sekering dalam kap mesin, 5 menit cukup, setelah itu pasang lagi (Fuse EFI)
  2. Melepas jaringan kabel accu, risikonya semua keelektrikan yang tergantung pd suplai accu akan ter “reset”, termasuk memory radio, jam dlm kabin, dan lain-lain

Untuk melakukan reset ecu cukup melakukan salah satu saja. Bisa dipilih mana yang paling mudah untuk dilakukan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Reset ECU

Nach sesudah reset ECU apa yang perlu kita kerjakan pada mobil kita? Hal ini penting dilakukan agar kondisi atau perfoma mobil dapat maksimal.

1. Langsung bisa diajak jalan, agar ECU-nya belajar sendiri sekalian jalan, terhitung pada model berkendaraan kita

2. Juga bisa dilaksanakan tahap-tahap ini :

  • Hidupkan mesin tanpa beban (semua mati) dan diamkan sepanjang 5 menit
  • Hidupkan AC dan diamkan 5 menit
  • Menghidupkan semua lampu dan audio dan diamkan 5 menit
  • Mematikan semua lampu dan audio dan diamkan 1 menit
  • Matikan AC dan diamkan 1 menit
  • Matikan mesin dan diamkan 10 menit

Diatas adalah ulasan terkait bagaimana cara reset ECU terutama pada mobil toyota avanza dan xenia. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.