Warna Insulator Busi Yang Baik Dan Warna Lain: Ulasan Lengkap

Warna Insulator Busi Yang Baik Adalah – Warna insulator pada busi dapat digunakan untuk menentukan kinerja dari mesin. Lalu apa warna insulator yang baik adalah?

Busi sebagai bagian utama untuk berlangsungnya pengapian pada kendaraan. Disamping itu busi dapat menganalisis keadaan kerja mesin dengan menyaksikan keadaan dan warna dari busi. Dengan menyaksikan keadaan dan warna dari busi, kita bisa ketahui keadaan dari mesin, apa bahan bakar boros,normal, atau terlampau panas ?

Busi ini terletak pada bagian kepala silinder. Selain itu kepala busi tersambung pada ruang bakar langsung. Akibatnya ketika proses pembakaran yang baik atau yang kurang baik terjadi maka tentu akan langsung berpengaruh pada warna dan keadaan dari kepala busi.

Nach oleh karenanya keadaan dari mesin dapat dijumpai dengan menyaksikan keadaan dan warna dari busi. Berikut adalah warna insulator busi yang baik yang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

warna insulator busi yang baik adalah

Warna Insulator Busi Yang Baik Adalah?

Warna insulator busi yang baik adalah berwarna kuning atau coklat muda abu-abu. Jika warna insulator busi adalah kuning atau coklat muda atau coklat abu-abu yang rata dan pada kepala busi. Selain itu tidak ada bekas deposit kerak maka busi disebutkan pada kondisi normal. Bila keadaan busi normal dapat mengindikasikan jika performa mesin normal atau penggunaan busi pas (nilai panas busi pas).

Keadaan mesin yang gampang dihidupkan, pada perputaran mesin tinggi atau rendah, serta mesin jalan dengan baik. Kondisi mesin seperti di atas adalah dapat disaksikan pada warna insulator busi yang coklat atau keabu-abuan. Cuma terdapat sedikit sisa pembakaran yang menutupi bagian elektroda-elektrodanya.

Baca Juga  Perbedaan Porting Dan Bore Up: 4 Faktor Dan Ulasan

Mesin sulit dihidupkan, mesin tidak konstan pada kecepatan rendah. Tambahan kecepatan tidak bekerja kembali dan terjadi mesin mati. Nyaris 90% masalah mesin yang disebabkan karena busi, karena kotor oleh pengendapan karbon ( carbon fouling), kotor oleh pengendapan oli (olie fouling) dan kotor oleh pengendapan timah hitam ( lead fouling).

Warna Lain Pada Insulator Busi

Sama dengan elemen kendaraan yang lain, performa busi dikuasai oleh umur pemakaiannya. Performanya akan menyusut bersamaan jangka waktu pemakaiannya. Di lain sisi, elemen ini dapat menjadi tanda untuk mengetahui keadaan pembakaran mesin lewat warna elektrodanya pada bagian kepala busi.

1. Abu-abu atau Merah Bata

Warna abu-abu atau merah bata pada ujung besi atau insulator memberikan indikasi jika keadaan busi pada kondisi baik dan normal. Pada keadaan ini, proses pembakaran di ruangan mesin juga pada kondisi maksimal dan efektif.

2. Hitam dan Kotor

Elektroda busi warna hitam memberikan indikasi ada ketidakseimbangan kombinasi bahan bakar dan udara. Kotoran atau susunan karbon tersisa pembakaran yang melekat bisa membuat mesin jadi susah dihidupkan, perputaran mesin tidak konstan, dan konsumsi bensin jadi lebih boros. Bila busi pada keadaan kotor, karena itu harus selekasnya dilaksanakan pembersihan busi dan pengujian keadaan mesin.

3. Putih Pucat

Keadaan ini memperlihatkan jika busi pada kondisi terlampau panas. Bila tidak selekasnya diatasi, karena itu elemen mesin di ruangan bakar semakin lebih cepat hancur, bahan bakar jadi lebih boros, dan akselerasi motor turun. Untuk menghindar keadaan ini, yakinkan detail busi sama sesuai referensi buku panduan pemilik dan melakukan pergantian type busi dengan detail yang tepat.

Baca Juga  Penyebab Air Radiator Meluap : 5 Faktor Dan Ulasannya

4. Aus

Busi menjadi aus bila pengapian terlampau cepat dan terbatasnya waktu pendinginan, yang akan berpengaruh pada pengurangan akselerasi dan power sepeda motor. Yakinkan jenis bahan bakar yang dipakai sudah sesuai buku panduan pemilik sepeda motor Honda supaya busi terbebas dari keadaan aus, dan melakukan pergantian busi baru bila dibutuhkan.

5. Hitam dan Berlumur Oli

Ujung busi warna hitam dan belumur oli, bisa saja tanda-tanda jika ada kebocoran ring piston hingga oli mesin yang masuk ke ruangan bakar. Keadaan ini bisa membuat pembakaran kombinasi udara dan bahan bakar tidak prima hingga asap knalpot jadi lebih tebal. Sudah pasti hal tersebut akan tingkatkan polusi udara dan mengusik pengendara lain disekitaran. Bila keadaan ini terjadi, selekasnya check penekanan kompresi dan keadaan busi.

Diatas adalah ulasan terkait warna insulator busi yang baik dan berbagai macam warna yang lain. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.