Penyebab Busi Mobil Cepat Mati: 6 Faktor Dan Cara Perbaikan

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati – Busi dapat mengalami berbagai permasalahan atau kerusakan satu diantaranya yaitu busi mobil cepat mati. Permasalahan busi mobil cepat mati ini dapat terjadi oleh berbagai faktor penyebab. Lantas apa penyebab busi mobil cepat mati?

Penyebab busi mobil cepat mati ada banyak, dapat dari sisi bahan bakar atau ada korsleting. Walau busi baru ditukar, mendadak mesin alami masalah. Sesudah dilaksanakan pengujian, rupanya busi mati kembali. Sebagai pengendara mobil, Kalian tentu pernah merasakan permasalahan busi mati tiba-tiba, hingga kondisi mesin jadi tidak bagus.

Bila terjadi persoalan pada satu diantaranya busi, mesin tidak akan langsung mati seperti yang terjadi untuk motor. Kalian hanya akan rasakan ketidaksesuaian pada mesin, seolah pincang dan bergetar hebat saat di gas. Hal tersebut, sudah tentu membuat tidak nyaman untuk berkendara.

Apa yang penting dikerjakan saat mengalami kejadian itu? Hal yang dapat dilakukan pertama kali adalah mengganti busi. Tapi, ada beberapa kejadian di mana busi sudah diganti, tapi mesin tetap alami permasalahan.

Ternyata setelah disaksikan busi mati kembali. Ada kalanya Kalian akan terasa malas untuk memperhatikan, bahkan tidak mempedulikan kondisi busi. Sebagian orang yang menggunakan mobil, hanya memprioritaskan mobil berpijar, lalu memakainya. Untuk lebih jelasnya terkait berbagai faktor penyebab busi mobil cepat mati dan cara mengatasi akan dibahas pada artikel di bawah ini.

penyebab busi mobil cepat mati

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Tidak dapat dipungkiri bila pengguna kendaraan, khususnya mobil pernah merasakan busi mobil cepat mati. Lalu apa sebenarnya penyebab busi mobil cepat mati? Banyak faktor yang dapat mengakibatkan busi mati. Berikut sejumlah faktor yang bisa jadi penyebab busi mobil cepat mati:

1. Bahan bakar berlebih

Salah satunya penyebab busi mobil cepat mati biasanya terjadi untuk mobil dengan type karburator dan beberapa mobil EFI. Dalam kasus ini bahan bakar masuk ke ruang mesin terlampau berlebihan, karena karburator banjir.

Banyaknya bahan bakar yang masuk pada karburator menyebabkan ruang mesin semakin lama jadi lembap dan kotor. Hal tersebut jalan pada hisapan mesin, di mana piston bergerak dari TMA ke TMB menghisap bahan bakar dan udara, dan jadi tidak terpantau.

Busi terus menerus basah karena banjirnya bensin dan tidak dapat menghasilkan percikan api dengan baik. Busi yang basah hanya dapat menghasilkan percikan api yang kecil, atau bahkan tidak dapat kerjakan pengapian sama sekalinya. Pada akhirnya, busi mobil jadi cepat mati.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Kipas Radiator : 4 Cara & Penyebabnya

2. Oli masuk ke ruang bakar

Bukan hanya kualitas bahan bakar, oli atau pelumas menjadi penyebab busi mobil jadi cepat mati. Hal tersebut karena ada oli yang masuk ke ruang pembakaran pada piston atau dinding piston yang sudah tergores.

Biasanya, beberapa ciri-ciri untuk oli yang sudah masuk ke mesin pembakaran, saat mobil dihidupkan ada asap putih tebal pada knalpot. Oli yang naik ke busi dan membuat cepat mati selainnya merintangi terjadi proses pembakaran. Selain itu oli juga membasahi busi, tutup, dan menghadang busi untuk memercikkan api dengan sempurna.

Oli yang masuk ke mesin pembakaran mempunyai resiko yang besar untuk kerusakan elemen, seperti koil dan power transistor dan yang lebih terang akan punya pengaruh pada performa busi.

3. Konsleting pada jalur pengapian

Korsleting yang ditemukan di sistem pembakaran, akan melebar ke komponen lainnya, seperti koil, CDI, dan spul yang pada akhirnya jadi cepat mati.

Tidak cuma busi yang diserang imbas terjadinya korsleting ini. Maka dari itu, pemilik yang bijak, seharusnya perlu dilakukan perawatan mobil secara teratur dan periodik.

Hal tersebut memiliki tujuan agar tidak ada kembali permasalahan pada komponen lainnya, yang menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan. Nach ini menjadi penyebab busi mobil cepat mati.

4. Proses pembakaran yang kurang sempurna

Beberapa hal menjadi alasan busi mobil cepat mati adalah proses pembakaran pada mobil tidak sempurna. Satu diantaranya penyebab hal ini yaitu penggunaan bensin atau bahan bakar yang memiliki kualitas rendah dan campuran antara bensin dengan udara yang buruk. Pada kondisi demikian, mesin mobil jadi menghasilkan karbon dalam jumlah besar.

Sisa karbon pada proses pembakaran mesin akan menumpuk dan juga menempel pada busi. Busi yang kotor menghasilkan perform yang tidak optimal dan mengganggu proses pengapian.

Jika terus terjadi bisa menajdi penyebab busi mobil akan mati, bahkan jeleknya busi jadi cepat mati walau sudah diganti sama dengan yang baru.

5. Busi berkualitas jelek

Terkadang, tidak semua penyebab busi mobil cepat mati muncul dari kendaraan. Bisa memang kualitas busi yang digunakan jelek.

Contoh, karena kepentingan tekan, Kalian membeli besi murah. Atau kalian membawa mobil untuk dikerjakan service ke bengkel mobil yang tidak dikenal dan tidak profesional. Cara yang terbaik untuk menyelesaikan case ini adalah tentukan dan membeli busi yang sudah terbangun reputasinya.

Baca Juga  Ciri-Ciri Aki Mobil Soak: 8 Gejala, Penyebab, & Perbaikan

6. Ruangan Mesin Basah Oli

Penyebab terakhir busi mobil cepat mati adalah karena ruangan mesin basah oli. Oli-oli ini tutup dan merintangi busi untuk memercikkan api dengan prima. Mengakibatkan, saluran listrik di busi jadi terusik bahkan juga dapat merusak elemen mobil yang lain seperti koil atau power transistornya.

Keadaan ruangan mesin yang basah oli ini biasanya disebabkan karena keadaan dinding silinder mesin yang telah alami keausan hingga ring oli tidak bisa menahan oli masuk ke ruangan mesin. Bila keadaan begitu, biasanya mobil akan keluarkan asap putih kebiru-biruan di knalpot dan akan tercium seperti oli mesin terbakar.

Cara Mengatasi Busi Mobil Cepat Mati

Setelah mengetahui berbagai penyebab busi mobil cepat mati maka perlu juga diketahui bagaimana cara memperbaikinya. Lalu bagaimana cara mengatasi busi cepat mati? Hal paling mudah yang bisa dikerjakan adalah cari pemicunya terlebih dahulu.

  1. Seperti yang telah disebutkan awalnya, ada 3 (tiga) persoalan yang mengakibatkan busi mobil cepat mati. Jika karburator alami kebocoran, seterusnya punya pengaruh pada mesin mobil, sesegera bersihkan injeksi yang kotor degan proses tone up.
  2. Tapi, sebelum kerjakan tone up, perlu pengecekan yang mana membuat karburator bocor dan busi jadi kebanjiran. Untuk kasus oli yang masuk ke mesin pembakaran, Kalian harus lakukan turun mesin. Dengan begitu, persoalan banjir bisa selesai dengan habis.
  3. Permasalahan khusus yang biasa ditemukan adalah ada kerusakan pada ring yang aus. Ring remuk itu tidak bisa meredam dan menahan oli bukan untuk masuk ke ruang mesin pembakaran. Kerak sisa karbon pada busi tidak menyebabkan busi rusak, tapi membuat perform busi jadi terhambat. Proses pembakaran terhalangi oleh karbon, yang menyebabkan pengapian jadi kurang sempurna.
  4. Sama dengan kasus banjir bensin untuk mesin, Kalian harus lakukan tune up untuk bersihkan. Selain itu, perlu diadakan penyetelan ulang proses pembakaran, cenderung memilih untuk menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi, dan membersihkan karbon dalam busi.

Memang pada dasarnya busi mobil cepat mati ada karena terhambat mesin mobil. Busi sendiri sebagai sisi khusus dalam mobil. Jika tidak harapkan hal buruk tiba-tiba menimpa kendaraan Kalian, seharusnya kerjakan perawatan secara periodik dan teratur. Jangan sampai perawatan dan perawatan mobil hanya dilaksanakan saat mobil mengalami kerusakan.

Di atas adalah pembahasan berkaitan penyebab busi mobil cepat mati dan cara mengatasi. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.