Warna Busi 2 Tak Yang Bagus: 6 Kondisi & Perbaikan

Warna Busi 2 Tak Yang Bagus – Busi merupakan salah satu bagian yang dapat menjadi indikator bagaimana kondisi dari mesin kendaraan. Hal ini dapat dilihat dari warna serta kondisinya. Lalu bagaimana warna busi mesin 2 tak atau 4 tak yang bagus?

Mempunyai sebuah sepeda motor yang memiliki tenaga tetapi pun tidak boros dalam penggunaan bahan bakar pasti jadi idaman tiap pemilik. Sudah pasti semuanya tak terlepas dari dampak pembakaran busi yang prima. Tetapi banyak pula akibatnya karena iritnya penggunaan bahan bakar justru membuat mesin jadi berkendala.

Hingga munculah teknologi mekanisme injeksi yang diterapkan pada suatu kendaraan. Mekanisme ini bekerja menambah bahan bakar dan udara yang telah diprogram dengan tepat hingga bisa membuat ukuran yang cocok dan pembakaran pada busi jadi prima.

Untuk yang belum memakai mekanisme injeksi atau karburator dapat menghasilkan pembakaran prima asal pencampuran bahan bakar dan udara tepat. Untuk ketahui pembakaran prima bisa disaksikan pada warna busi yang dibuat . Sehingga warna elektroda busi saat penggunaan yang baik adalah warna coklat atau merah bata mengisyaratkan jika pembakaran pada mesin bermotor anda berjalan dengan prima.

Untuk lebih jelasnya terkait warna busi pada mesin 2 tak dan 4 tak yang bagus serta ulasannya akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

warna busi 2 tak yang bagus

Warna Busi 2 Tak Yang Bagus

Dalam penggunaan mesin, maka warna busi akan berubah sesuai dengan kondisi dari kerja mesin itu sendiri. Berikut warna busi pada mesin 2 tak atau 4 tak yang bagus maupun bermasalah yaitu:

1. Normal

Warna Busi pada mesin 2 tak atau 4 tak yang bagus atau normal adalah coklat kemerah merahan. Pengapian dan pembakaran yang prima diikuti dengan warna coklat kemerahan atau abu-abu jelas di keramik elektroda. Tidak ada penimbunan deposit, jelaga atau kerak disekitaran kepala busi dan bibir busi. Hal tersebut memiliki arti keadaan mesin mencakup waktu pengapian dan geprekelan kombinasi udara dan bahan bakar pada keadaan baik.

2. Hitam kering

Sementara contoh warna busi pada Warna Busi pada mesin 2 tak atau 4 tak yang tidak baik salah satunya yaitu hitam keriang. Hal terlihat warna hitam dan kering yang menutupi bagian insulator dan elektroda bisa disimpulkan sebagai kombinasi udara di karburator kebanyakan. Dapat dilukiskan hal ini sebagai akibat waktu pengapian yang telat atau keliru dalam penyeleksian type busi. Busi dingin cepat melepas panas dan tipe panas kumpulkan dan meredam panas supaya temperatur pemrakarsa api ini konstan.

Baca Juga  Fungsi Kampas Ganda Motor Bebek: 2 Peran & Cara Kerja

3. Busi kuning

Warna busi pada mesin 2 tak atau 4 tak ini mencolok pada bagian insulator atau terjadi penimbunan arang warna kecoklat-coklatan cukup mengkilat yang menandakan kondisi tidak bagus. Keadaan ini karena mesin kerap memikul berat beban atau kerap lakukan akselerasi dan langsung turunkan gas secara spontan. Tetapi pemicu intinya karena kerap menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

4. Busi putih

Selain itu, Warna Busi pada mesin 2 tak atau 4 tak yang tidak bagus ini mengisyaratkan pemrakarsa api sering terima panas berlebihan hingga elektroda jadi terbakar. Keadaan busi semacam ini biasa dijumpai pada mobil atau motor yang digunakan di kota besar yang lalu lintasinya kerap macet. Atau pada mobil atau motor yang kerap digas mesinnya. Bisa saja, gejala ini muncul karena waktu pengapian terlampau maju dan penyeleksian type busi yang condong panas. Juga bisa muncul karena ada detonasi karena oktan bahan bakarnya terlampau rendah dan terjadi penumpukkan kerak.

5. Busi menetes / patah

Keadaan Warna Busi pada mesin 2 tak atau 4 tak yang tidak bagus disebabkan seting pengapian yang tidak tepat. Juga bisa karena oktan terlampau tinggi dan mobil atau motor dipicu dengan kecepatan tinggi, hingga temperatur di ruangan bakar jadi overheating. Elektroda juga jadi patah dan menetes

6. Busi hitam beroli

Warna Busi pada mesin 2 tak atau 4 tak yang tidak bagus yang terakhir adalah hitam beroli. Pada motor 2 tak, keadaan semacam ini terjadi karena kombinasi oli mesiin terlampau kaya atau celah oli bocor. Dan pada motor atau mobil 4 tak, pemicunya seal katup atau katup alami kebocoran hingga oli mesin turut masuk saat proses pembakaran. Keadaan ini dapat juga muncul karena liner silinder tergesek, atau ring piston yang telah aus atau patah.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Transmisi: Pengertian & Prinsip Kerja

Cara Memperbaiki Warna Busi Tidak Normal

Setelah mengetahui Warna Busi pada mesin 2 tak atau 4 tak yang bagus perlu diketahui pula cara memperbaikinya. Jika injeksi kelihatannya sulit terkecuali kalian dapat me-remap ECU pada mekanisme injeksi. Tetapi mekanisme injeksi telah dibikin secara standar untuk capai pembakaran yang prima. Saat kalian menemui keadaan busi yang lebih putih, bisa saja itu karena ada sumbatan pada selang bensin. Berikut cara memperbaiki warna busi tidak normal yaitu:

  1. Tetapi jika warna elektroda busi anda warna putih dan hitam (tidak basah oli ) memiliki arti anda wajib melakukan banyak hal di antara lain;
  2. Jika motor anda masih memakai karburator,sudah pasti anda harus menata ulang kombinasi udara dan bahan bakar yaitu dengan menukar ukuran pilot jet atau main jet.Untuk ukuran pilot atau main jet ada banyak macam ukuran yaitu ukuran semakin besar untuk membesarkan suplai bahan bakar dan ukuran yang lebih kecil untuk memperirit suplai bahan bakar.
  3. Dan untuk motor yang telah memakai mekanisme injeksi,anda dapat dengan lakukan reset ulangi di bagian ECU / ECM.Dengan mereset ECU sudah pasti akan membuat mekanisme injeksi pada motor anda seperti motor yang baru keluar pabriknya.Jika anda kebingungan cara reset ECU dapat disaksikan pada Reset ECU Motor Injeksi Honda 100 Work.
  4. Apabila anda menemui busi yang warna putih anda harus mengecek bagian-bagian seperti selang bahan bakar,fuel pump atau sisi injektor yang alami penyumbatan.
  5. Dapat dari fuel pump atau dari injektor, jadi cara yang dapat kalian mengambil adalah dengan lakukan flushing mekanisme injeksi. Janganlah lupa pakai bensin dengan oktan yang cocok dengan penekanan kompresi kendaraan kalian, karena tipe bensin yang digunakan memengaruhi pembakaran mesin.

Diatas adalah ulasan terkait Warna Busi pada mesin 2 tak atau 4 tak yang bagus. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.