Ladder Frame Adalah: Pengertian, Kelebihan, & Kekurangan

Ladder Frame Pada Mobil Adalah – Dalam penggunaan terdapat berbagai jenis frame atau rangka pada kendaraan, salah satunya adalah ladder frame. Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari rangka ladder frame?

Sasis atau kerangka pada mobil sebagai elemen yang cukup penting perannya untuk menyokong mesin, kopling, transmisi, mekanisme rem, body, dan elemen yang lain. Hingga, pada penyeleksian dan perancangan kerangka jangan asal-asalan, karena akan menentukan gaya serta pengendalian dari mobil itu.

Dalam perkembangannya, ada beragam berbagai tipe sasis yang diterapkan. Tapi pada mobil kekinian, biasanya mempunyai dua tipe sasis, yaitu: monokok dan ladder frame. Dari ke-2 tipe sasis ini mempunyai karakter tertentu dan mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Namun pada kesempatan kali ini hanya akan membahas terkait rangka jenis ladder frame. Berikut adalah ulasan terkait ladder frame serta kelebihan dan kekurangannya.

ladder frame adalah

Ladder Frame Adalah?

Nama ladder frame adalah dipakai karena bentuknya seperti tangga. Di sejumlah kelompok, mengatakan dengan istilah bodi on frame. Sasis ladder frame memakai 2 buah tangkai besar yang diikat oleh cross-member di bagian depan, tengah dan belakang.

Ladder frame chassis adalah sebagai tipe sasis paling tua yang sempat dibikin dalam riwayat otomotif. Ladder frame atau nama yang lain yaitu konstruksi bodi-on-frame, tapi kerap disebutkan dengan sasis tangga karena memiliki bentuk yang serupa. Konstruksi dari sasis ladder frame ini seperti tangga yang terdiri dari 2 tangkai khusus membentang yang disambungkan dengan beberapa tangkai penguat.

Baca Juga  Fungsi Karet Stabilizer: Peran Dan Efek Kerusakan

Tangkai longitudinal jadi penyangga khusus karena di bagian ini yang menyokong berat angkut dan energi longitudinal saat akselerasi atau deselerasi. Sementara tangkai penyangga lateral akan memberi ketahanan pada gaya lateral dan rigiditas.

Pabrikasi menyengaja mendatangkan kendaraan beroda 4 yang dengan bekal SUV (Sport Utility Vehicle) supaya sanggup menangani beragam medan. Baik medan dengan jalanan lempeng dan mulus, atau medan curam sampai berlumpur. Bahkan juga ada banyak sasis yang kuat untuk offroad, satu diantaranya sasis ladder frame.

Bila pada tipe lain ada yang menjadikan satu bodi dengan kerangka, ini berlainan dengan ladder frame. Mode ladder frame ini mempunyai formasi bodi mobil yang berada pada bagian atas kerangka.

Contoh mobil SUV ladder frame yang dipasarkan di Indonesia adalah Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, Land Rover Defender, Ford Everest, dan Jeep Wrangler.

Kelebihan Dan Kekurangan Ladder Frame

Diatas adalah ulasan terkait ladder frame sementara itu perlu dipahami pula kelebihan dan kekurangan dari rangka jenis ini. Untuk fans otomotif khususnya mobil, pasti sudah paham berkenaan beberapa elemen yang perlu dalam kendaraan ini. Tiap mobil tentu saja komplet dengan berbagai elemen untuk memberikan dukungan performa mobil tersebut dan memberikan kenyamanan untuk pemakainya.

Salah satunya elemen yang ada dalam mobil adalah dengan pemakaian ladder frame. Sasis ladder frame adalah salah satunya frame pada konstruksi atau kerangka dalam sebuah kendaraan.

Baca Juga  Fungsi Turbo Pada Mobil: 4 Peran Dan Prinsip Kerja

Dalam kendaraan beroda 4 mempunyai beberapa macam sasis, karena tidak seluruhnya kendaraan cuma memakai satu tipe sasis saja. Tetapi tentu saja tiap sasis mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Pada umumnya, hal yang membandingkan tipe sasis ini dengan yang lain yaitu pada terletak dalam sebuah mobil. Pada sasis ini, penempatan konstruksinya memang menyengaja tidak bersatu dengan kerangka mobil.

Sasis ladder frame ini memberi beragam kelebihan bila dibanding dengan sasis monokok bergantung dari pemkaiaannya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari sasis ladder frame:

1. Kelebihan Ladder Frame

Terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan chassis jenis ladder frame diantaranya yaitu:
  • Ongkos produksi tambah murah.
  • Konstruksi kuat dan lebih bagus dalam menyerap getaran yang diakibatkan jalan.
  • Andal dalam mengusung berat beban.
  • Bisa dihandalkan dalam menyikat medan off-road yang enteng sampai berat.
  • Gampang dalam design, dibuat, dan diubah.
  • Bila terjadi kecelakaan, tidak begitu susah saat proses diperbarui jika terjadi tubrukan.

2. Kekurangan Ladder Frame:

Selain kelebihan terdapat juga beberapa kekurangan dari struktur chassis jenis ladder frame diantaranya yaitu:
  • Rigiditas torsi lebih rendah dari sasis monokok.
  • Berat lebih berat dan konstruksinya yang sulit.
  • Ruangan kabin mobil umumnya lebih terbatas.
  • Pengaturan kendaraan kurang akurat.
  • Material yang dipakai berbobot yang berat hingga performanya lebih rendah dan membuat tidak irit bahan bakar.

Demikian adalah ulasan dari ladder frame baik pengertian, konstruksi, maupun kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -