Cara Cek Switch Temperatur : 4 Tanda Dan Cara Cek

cara cek switch temperatur

Cara Cek Switch Temperatur – Didalam mesin kendaraan terdapat switch temperatur yang memerlukan pengecekan atau perawatan secara berkala. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana cara cek switch temperatur yang benar.

Pernah kah anda alami tanda amper temperatur panas mobil tidak berperan alias mati atau error. Tentunya sangat tidak membahagiakan hati saat memakainya oleh karenanya dibutuhkan pembaruan pada semua elemen yang terkait dengan tanda amper panas itu.

Hal ini dapat dimulai dari switch panas,kabel,sampai pada amper panasnya itu dan ada beberapa tanda yang mengakibatkan tanda amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara menangani tanda amper temperatur panas mobil tidak berperan. Untuk lebih jelasnya terkait tanda temperatur mobil tidak bekerja dan cara cek switch temperatur akan diulas pada artikel berikut ini.

cara cek switch temperatur

Tanda Switch Temperatur Tidak Bekerja

1. Switch panas rusak

Switch panas ini umumnya berada di toko pipa-pipa air diselang radiator,melekat di head silinder bahkan juga sampai melekat pada tutup thermostat mobil. Pada umumnya jika memiliki masalah di bagian ini ialah tanda amper temperatur panas akan mati benar-benar bahkan juga kadang panas.

Selain itu tidak dapat memberikan batasan normal kadang tinggi sampai full kadang lamban memberikan panas mesin sampai switch mati keseluruhan. Jalan keluar permasalahan ini anda cukup menukarnya sama yang baru maupun jika ingin merekondisinya lebih dulu. Membersihkan memakai amplas saja,jika dirasa sudah dibikin bersih masih tetap tidak ada peralihan silakan anda menukar switch yang baru.

2. Kabel dari switch pemanas ke tanda amper pemanas putus.

Umumnya jika terjadi pada kabelnya yang paling terlihat sekali yakni tanda amper temperatur akan mati keseluruhan. Jika kabel itu putus umumnya akan putus pada socket switch panasnya sampai kabel ikatan socket yang ke arah tanda amper temperatur panasnya. Jalan keluar pada kabel ini cukup di susuri saja permasalahannya jika sudah bertemu permasalahan intinya tinggal benahi saja.

Baca Juga  Arus Listrik Terbesar Mengalir pada Motor Starter Adalah?

3. Tanda panel amper temperaturnya rusak.

Di bagian ini jarang-jarang sekali alami kerusakan yang memiliki arti. Pada umumnya karena usia gunakan mobil yang lama,tetapi persoalan ubnormal bisa jadi terjadi saat lakukan bersihkan mobil sisi dalam mobil.

Uap ac yang dapat mengakibatkan korosi dalam tempat speedometer dan lain-lain, sampai pada solderan timah kumparan amper temperatur kendor atau mulai renggang. Untuk mengatasi cukup solder kembali siapa yang tahu langsung bisa dapat diperbarui. Jika kerusakan kronis pada kumparanya harus harus tukar yang baru.

4. Arus dari kunci contact 12 volt lenyap.

Jika lenyap arus dari kunci contact ke amper tanda temperatur bisa saja jadi permasalahan. Arus ini yang nanti akan aktifkan amper temperatur itu lenyap umumnya memiliki masalah pada socket kabel korosi.

Kabel putus di ujung socket amper temperaturnya,juga bisa lenyap arus dari sekering. Jalan keluar benahi semua lajur kabel yang memiliki masalah dapat memakai tespen dc maupun memakai multi tester.

Penyebab Switch Temperatur Tidak Normal

Terdapat beberapa penyebab switch temperatur tidak dapat bekerja dengan normal yaitu:

  1. Switch baru kualitas jelek diikuti jika switch baru terpasang amper tanda langsung naik jarum tandanya mengisyaratkan switch keadaan tidak bagus atau konslet langsung kebodi mobil.
  2. Kabel short kebodi yakni mungkin karena terjepit terkupas sampai bergesek langsung dengan body mobil mengakibatkan kabel dari tanda amper temperatur memperoleh massa body sampai aktifkan tanda temperaturnya.
  3. Kabel putus dikonsumsi tikus ini yang tidak tersangka karena dikonsumsi tikus kabelnya sampai kabel putus mengakibatkan kabel dari switch tidak tersambung dengan tanda amper temperatur panasnya.
Baca Juga  Fungsi Two Post Car Lift: Peran Dan Penggunaan

Cara Cek Switch Temperatur

Terdapat beberapa cara untuk cek switch temperatur pada mesin kendaraa. Cara cek switch temperatur yaitu:

  1. Beberapa ciri switch rusak yakni jika switch telah dibikin bersih tetapi masih tetap tanda amper panasnya tidak berperan,dapat anda coba short kan lebih dulu kabel yang ke arah tanda amper temperatur nya jika dishortkan naik karena itu permasalahan terjadi pada switch panasnya.
  2. Jika kabel sudah dishortkan amper masih tidak naik permasalahan terjadi pada dua tempat yakni kabel yang ke arah dashboard tanda putus dikonsumsi tikus juga bisa socket kabel yang memiliki masalah,tetapi dapat terjadi pada amper temperaturnya yang rusak, meskipun kabel atau arus yang masuk ke tanda amper panasnya normal.
  3. Cek kembali semua kabel switch temperatur dan lainnya dengan lakukan cara ini insya allah persoalan dapat terselesaikan direferensikan ditangani oleh bengkel-bengkel keyakinan anda karena ke tepatan menangani masalah maka kurangi ongkos yang tidak tersangka karena salah tindakannya.

Diatas adalah tanda atau gejala switch temperatur rusak dan cara cek switch temperatur. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.