Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter: 10 Penyebabnya

Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter – Aki baru belum tentu normal atau dapat digunakan untuk starter. Hal ini dikarenakan kerusakan ada di bagian lain atau bukan bagian tegangan aki normal. Lantas apa saja faktor penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter?

Sesungguhnya aki sebagai salah satu poin utama pada kendaraan yang bermanfaat untuk sumber arus kelistrikan. Tanpa aki yang baik pasti sumber kelistrikan akan terganggu hingga sistem kelistrikan tidak berperan dengan baik termasuk pada sistem starter.

Starter yang normal memerlukan tegangan aki minimum 11 volt. Jika dibawahnya karena itu sistem starter tidak bisa berperan dengan baik. Untuk lebih jelasnya terkait tegangan aki normal tapi tidak bisa starter baik penyebab maupun cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

tegangan aki normal tapi tidak bisa starter

Berapakah Tegangan Aki yang Normal?

Tegangan aki yang normal semestinya bisa membuat mesin mobil menyala prima. Bila memakai aki dengan tegangan yang tidak sama sesuai detail mesin karena itu beragam elemen mobil bisa rusak.

Umumnya mekanik akan lakukan pengujian aki setiap Anda bawa mobil untuk diservice. Pengujian semua elemen mesin sampai sisi aki dilaksanakan untuk pastikan keadaannya masih pantas dipakai berkendaraan.

Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter

Bila aki untuk sumber tenaga listrik baik saja, lantas apa pemicunya mobil tidak bisa distarter? Berikut beberapa faktor penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter yaitu:

1. Persoalan pada Kabel dan Soket

Aki lemah adalah permasalahan yang bisa diatasi dengan mengganti aki baru. Tetapi masalahnya tidak selalu aki lemah. Proses kelistrikan dan starter elektrik mengikutkan banyak kabel dan soket.

Peletakan kabel ini harus benar sampai arus listrik bisa diteruskan secara betul. Sayang karena getaran bahkan gigitan tikus, kabel dan soket ini bisa alami persoalan. Kabel kemungkinan putus yang membuat aliran listrik stop.

Lebih berefek kembali jika terjadi konsleting sampai munculkan persoalan pada komponen lain seperti lampu. Mesin tidak akan berpijar jika memang masalahnya ada di kabel, bukan mengganti aki jalan keluarnya tapi penyempurnaan kabel. Ini pasti bisa menjadi satu diantara penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter.

2. Kotornya Starter Elektrik

Penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter adalah dapat disebabkan oleh starter elektrik yang kotor. Di sisi tombol starter kerak betul-betul mudah ada karena sering diserang hujan, debu, dan kotoran lainnya.

Saat starter terhambat oleh kotoran, karenanya alat tidak akan bekerja untuk hidupkan mesin. Tidak ada arus listrik yang terhubung dari starter elektrik sampai membuat busi berpijar.

Baca Juga  Freon AC Mobil Habis Tapi Tidak Bocor: 5 Faktor & Perbaikan

Jalan keluar yang bisa Anda lakukan benar-benar mudah yaitu membersihkan tempat starter listrik terlebih dahulu sebelum membedah komponen lainnya. Seterusnya coba kembali untuk menekan tombol starter, seharusnya sepeda motor bisa berpijar kembali.

3. Dinamo Starter Mempunyai permasalahan

Bila setelah membersihkan starter mesin tetap tidak berpijar. Oleh karenanya persoalan bisa saja ada di dinamo starter yang dapat menjadi penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter. Komponen ini berperanan sebagai pemutar gigi flywheel sampai mesin bisa dihidupkan.

Kerusakan dinamo starter adalah hal yang sangat jarang karena komponen ini sebenarnya cukup aman. Tapi kerusakan bisa ada karena arang kumparan atau brush terputus bahkan gosong.

Biasanya kerusakan dinamo starter dimulai dari berjalannya korslet. Status brush harus juga benar yaitu ada di 4 titik, jika tempatnya salah karenanya motor tidak ingin hidup.

Jika permasalahannya adalah status tidak cocok, karenanya Anda perlu mengetuk secara mudah. Berbeda saat masalahnya adalah brush putus, karenanya Anda wajib melakukan pembaruan di bengkel terdekat.

4. Switch Rem Mempunyai permasalahan

Penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter ini biasanya terjadi pada motor modern yang memiliki pengaman tambahan side stand switch. Pengaman ini akan bekerja saat Anda turunkan standar samping karenanya mesin setop bekerja.

Ini akan bekerja karena komponen switch rem yang bisa putuskan arus listrik. Anda pun yang turunkan standar samping tidak akan bisa hidupkan motor. Sayang komponen pengaman ini kerap jadi bumerang.

Pasalnya saat status standar sudah alami kerusakan karena kotoran dan sedikit turun, karenanya membuat mesin tidak akan berpijar. Anda harus membenahi standar dan komponen switch rem yang terhubung.

5. Rusaknya Bendik

Motor memiliki komponen bendik yang peranannya adalah memicu aliran listrik yang dari aki. Kelak listrik akan dihantarkan ke dinamo starter baru mesin akan berpijar. Bila bendik alami kerusakan karenanya arus listrik tidak sampai ke dinamo starter.

Motor tidak akan berpijar, justru ditambahkan lagi ada suara aneh. Beberapa motor mengeluarkan suara buat cetek dan tidak ingin berpijar. Bila yang terjadi adalah kerusakan bendik karenanya Anda perlu menggantinya. Oleh karenanya ini dapat menjadi penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter.

6. Sekring Putus

Penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter selanjutnya yang perlu diduga adalah kerusakan pada sekring. Sekring sebagai segi dari komponen listrik yang berperanan untuk menerima aliran listrik dari aki.

Disebut dengan main fuse, di saat tegangan arus listrik besar karenanya sekring ingin memutuskan alirannya. Sekring memiliki kawat di dalamnya yang bisa saja putus bila terjadi konsleting.

Baca Juga  Tanda Timing Belt Harus Diganti: 8 Ciri Dan Ulasan

Sekring yang sudah putus akan membuat motor tidak bisa dihidupkan. Ini menyebabkan aliran listrik yang ke starter elektrik tidak ada dan motor tidak bisa dihidupkan.

Semua penyebab motor sulit distarter walaupun sebetulnya aki baru sudah Anda ketahui. Kedelapan penyebab ini bisa Anda cek terlebih dahulu awalnya paling akhir memutuskan untuk membeli aki baru.

7. Tombol Starter Mempunyai permasalahan

Hal ini hanya terjadi pada motor, karena elektrik starter yang dipakai dengan tombol jarang ada di mobil. Biasanya, tombol starter ini alami kerusakan berwujud kotor tertutup oleh debu. Oleh karenanya walaupun tegangan aki normal tapi tidak bisa starter.

Maka dari itu, seharusnya bersihkan tombol starter jika ada tanda tombol starter remuk yaitu starter tidak memberikan tanggapan walaupun sebetulnya kelistrik pada kondisi normal (beberapa lampu sampai klakson berperanan).

8. Busi Lemah

Busi sering jadi penyebab motor sulit distarter walaupun sebetulnya aki baru yang peluang terlintasi. Komponen ini memiliki masa pakai jika kekuatannya sudah lemah, karenanya percikan api yang dibikin akan lemah.

Efeknya kendaraan sulit dihidupkan walaupun Anda sudah membeli aki yang baru. Busi biasanya memiliki persoalan di sisi kepala atau elektrodanya. Di mana busi akan mengalami keausan dan kotor.

Bila kemampuan busi sudah lemah lebih baik Anda kerjakan persiapan untuk menggantinya. Lebih baik mengganti busi dibandingkan aki karena biaya penggantian busi tambah murah.

9. Kompresi Alami Kebocoran

Kebocoran kompresi adalah persoalan yang kerap ada dan dapat menjadi faktor penyebab tegangan aki normal tapi tidak bisa starter. Anda bisa kerjakan pengetesan sendiri apakah benar kebocoran kompresi adalah pemicunya.

Trick-nya dengan melepaskan busi terlebih dahulu baru tutup lubang busi dengan ibu jari. Seterusnya Anda bisa hidupkan kendaraan dengan kick starter apabila penekanan kaki terasa lemah atau los karenanya bisa dipertegas terjadi kebocoran kompresi.

Tapi jika saat menggunakan kick starter terasa berat, karenanya masalahnya bukan kompresi. Kebocoran bisa terjadi di sisi klep atau di di antara ring piston dengan dinding silinder.

10. Ada Kerusakan Lain

Yang terakhir adalah ada kerusakan lain. Jika starter memberikan tanggapan tapi mesin malas berpijar. Karenanya kesempatan kerusakan ada di komponen lain seperti busi, karburator atau injektor, atau persoalan lainnya yang ada di luar proses elektrik starter.

Di atas adalah pembahasan berkaitan tegangan aki normal tapi tidak bisa starter baik pemicunya dan langkah menanganinya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -