AC Mobil Bunyi Jangkrik: 2 Penyebab & Cara Mengatasi

AC Mobil Bunyi Jangkrik – Selain dari hembusan udara yang tidak dingin, suara yang muncul bisa juga digunakan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada sistem Air Conditioner (AC). Umum adalah timbulnya suara berisik atau bising pada sistem AC mobil. Lalu apa penyebab ac mobil bunyi jangkrik atau krik krik krik? Dan bagaimana cara mengatasinya?

AC mobil bunyi krik krik krik juga bisa datang dari motor blower. Lama-lama motor blower alias angin dapat mati hidup dan lama2 dapat mati keseluruhan. Bunyi dengung dapat beberapa macam, belum pasti dari AC karenanya hidupnya AC tentu menambahkan beban mesin.

Bila kerusakan yang lumayan serius (contoh karena kecelakaan, atau karena mesin compressor rontok) karena itu compressor AC harus dibedah. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab ac mobil bunyi jangkrik dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ac mobil bunyi jangkrik

AC Mobil Bunyi Jangkrik

Pada umumnya sama sesuai penilaian kami ada 3 faktor khusus yang umumnya bisa mengakibatkan ac mobil bunyi krik. Adapun penyebab ac mobil bunyi jangkrik, yaitu:

1. Keadaan Motor Blower Ac Mobil Kering

Permasalahan ini umumnya muncul karena ada temperatur panas dari compressor AC mobil hingga motor blower jadi kering, umumnya di bagian as motor blower. Untuk mengatasi permasalahan ini, umumnya diberi pergantian motor blower. Tetapi seharusnya, tangani penyebab keringnya motor blower.

Baca Juga  Ukuran Roller NMax: Standar Dan Rekomendasi

Untuk menahan ini ada kembali karena itu kerjakan perawatan pada sistem ac mobil sahabat, seperti lakukan pergantian oli compressor supaya kompressor AC tidak cepat panas dan secara periodik lakukan flushing atau bersihkan AC mobil.

2. Terjadi Keausan Pada Unit Motor Blower Ac Mobil

Gesekan terus-terusan dapat mengakibatkan motor blower jadi aus. Hingga pada akhirannya ada bunyi krik dari AC mobil anda.

Sebagai contoh kasus ada keausan atau tergerusnya brush dan rotor pada motor blower ac mobil, hal ini jadi penyebab AC mobil keluarkan bunyi krik. Bunyi krik ini harus ditangani selekasnya karena mengisyaratkan elemen AC mobil telah alami keausan atau tergerus.

Jalan keluar dari permasalahan ini yaitu kerjakan pergantian part atau elemen sistem ac mobil yang alami kerusakan itu pasti dengan tiba ke bengkel berlangganan sahabat.

Cara Mengatasi AC Mobil Bunyi Krik

Setelah mengetahui penyebabnya maka perlu juga diketahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi ac mobil bunyi jangkrik yaitu:

1. Menukar Spare Part/Elemen Compressor AC

Bila kerusakan yang lumayan serius (contoh karena kecelakaan, atau karena mesin compressor rontok) karena itu compressor AC harus dibedah. Dengan cara ini, elemen atau spare part AC bisa kelihatan secara jelas dan bisa dicari sisi compressor yang hancur atau telah berwujud tidak normal.Bagian-bagian yang penting ditukar biasanya terpusat pada :

  • piston yang telah aus
  • bearing yang telah kendur
  • dinding dan klep yang telah berkarat, tergesek, atau pecah
Baca Juga  Cara Menetralkan Motor Kopling: Prosedur Dan Ciri

2. Mengencangkan Ikatan-Sambungan pada sistem AC dan Compressor AC

Kadang permasalahan pada compressor AC adalah permasalahan simpel seperti leher ikatan yang tidak kuat. Karena itu, penting untuk kencangkan dan mengecheck ada atau tidaknya kebocoran pada ikatan AC khususnya ikatan compressor.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab ac mobil bunyi jangkrik dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.