Oli Bocor Di Head Silinder: 3 Penyebab Dan Ulasan

Oli Bocor Di Head Silinder – Salah satu permasalahan yang sering ada pada sepeda motor, terutamanya beberapa motor berumur renta alias tua adalah kebocoran oli di head silinder motor dan gearbox. Lantas apa penyebab oli bocor di head silinder?

Bukan hanya hanya itu karena mesinnya kelihatan kotor dapat mengakibatkan seni motor tua yang selalu dibanggakan akan ternoda karena bocoran oli. Penyebab oli bocor dari head silinder motor umumnya muncul karena banyak hal.

Untuk memperjelas berkaitan berbagai faktor penyebab oli bocor dari head silinder akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

oli bocor di head silinder

Oli Bocor Di Head Silinder

Jika kerusakan ini didiamkan kelamaan, bukan mustahil kerusakan ini dapat merambat ke elemen yang lain. Berikut 3 penyebab kebocoran oli pada head mesin yang bisa jadi terjadi pada motor.

1. Seal Oli

Oli bocor di head silinder motor diakibatkan oleh seal oli. Seal oli dibuat dari karet oleh karenanya banyak kekurangannya. Seal oli yang telah kaku sampai rengat disebabkan karena usia penggunaannya yang sudah melalui menjadi penyebab kebocoran oli dari head silinder mesin.

Terlampau jumlahnya kemampuan oli yang ada dalam mesin, misalkan semestinya 0,8 ltr tapi dimasukkan oli sekitar 1 ltr. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada seal oli hingga silinder head mesin akan alami kebocoran. Karena itu dari itu jika akan menukar oli yang baru harus sesuai ukuran yang telah direferensikan oleh pabrikasi.

Baca Juga  Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Yang Benar: 6 Prosedur

Penempatan seal oli yang kurang betul juga akan mengakibatkan kebocoran pada silinder head mesin karena itu dari itu harus memasangkannya dengan rata dan tepat. Untuk menghindar permasalahan bocor, juga bisa bisa memakai tambahan lem khusus saat memasukkan seal oli ke lubang dudukan.

2. Packing Mesin Bocor

Oli bocor di head silinder mesin bisa juga lewat packing mesin bermotor. Ini dikarenakan oleh packing sudah hancur hingga buka sela antara sisi. Kasus ini umumnya terjadi pada beberapa motor tua.

Kerusakan packing umumnya karena beberapa sudut ikatan antara elemen luar misalkan penutup gearbox samping kanan dan samping kiri pada beberapa mesin motor tua tidak akurat kembali. Penyebab oli bocor dari head silinder motor ini disebabkan karena udara panas dari pembakaran yang berjalan sepanjang beberapa puluh tahun hingga melunakkan susunan metalnya.

Kondisi itu bisa membuat penempatan packing tidak rata dan mengakibatlkan bocornya oli mesin. Juga bisa karena proses buka-pasang baut pengencang head mesin yang tidak berhati-hati hingga ulirnya tergerus dan tidak sanggup meredam ikatan dengan maksimal yang mengkibatkan oli mebocor keluar.

3. Head silinder retak

Satu perihal kembali yang dapat mengakibatkan oli bocor yakni ada retakan atau head mesin yang pecah. Hal ini kadang jarang diakui oleh beberapa pemilik sepeda motor. Retaknya head mesin ternyata tidak hanya disebabkan karena bentrokan keras tetapi juga disebabkan karena penggunaan oli yang tidak sesuai tipe mesin.

Baca Juga  Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

Saat menentukan oli, lihat tingkat kekentalannya. Karena, bila oli terlampau kental, mesin akan susah bergerak sampai performnya akan condong turun. Sementara bila terlampau encer dapat mengakibatkan banyak permasalahan untuk mesin. Dampaknya bila oli tidak sesuai dengan yang paling bisa membuat keadaan stress engine yang dapat mengakibatkan head mesin pecah.

Diatas adalah ulasan terkait berbagai faktor penyebab oli bocor di head silinder. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -