Ciri Ciri Silinder Kop Rusak: 7 Gejala, Penyebab, & Perbaikan

Ciri Ciri Silinder Kop Rusak – Didalam mesin kendaraan bermotor terdapat berbagai bagian penting salah satunya yaitu silinder kop. Namun bagian ini sering mengalami kerusakan dan memunculkan berbagai gejala. Lalu apa saja ciri ciri silinder kop rusak?

Dalam serangkaian kendaraan motor, mesin jadi sisi paling punyai peranan penting untuk membikin kendaraan dapat bekerja maju atau mundur. Dan dalam sebuah mesin motor / mobil ada beberapa elemen.

Di mana, tiap komponen mesin mobil atau motor itu akan sama-sama terkait untuk memberi performa optimal. Satu saja elemen rusak, performa mesin akan alami masalah. Hal ini juga termasuk ketika bagian silinder kop rusak.

Tentunya akan muncul berbagai gejala atau pertanda ketika silinder kop mengalami kerusakan. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri silinder kop rusak dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri silinder kop rusak

Ciri Ciri Silinder Kop Rusak

Terdapat beberapa gejala atau ciri ciri silinder kop rusak diantaranya yaitu:

1. Air Radiator Bocor

Ciri ciri silinder kop rusak adalah kebocoran air radiator. Mengarah pada peran khusus dari silinder kop yang berguna untuk segi jalur water jacket dari dalam blok silinder ke segi kepala silinder (Silinder Head).

Tapi jika saat dicheck ternyata di bagian bawah intake dan exhaust manifold ada resapan air, itu adalah ciri ciri silinder kop rusak dan harus sesegera kalian ganti. Jika tidak proses pendinginan mesin akan mengalami persoalan dan membuat mesin alami overheat.

2. Keluarnya Asap Putih dari Knalpot

Seterusnya tanda lain dari silinder kop mesin rusak seterusnya yakni keluarnya asap putih dari knalpot. Tidak cuma jadi tanda bila kondisi packing rusak, keluarnya asap putih dari segi knalpot terjadi karena kerusakan pada silinder kop bagian klep.

Hal ini akan membuat beberapa oli mesin akan keluar dan merembes masuk ke segi ruang bakar. Dalam hal itu, ketika berada oli masuk ke ruang bakar otomatis gas buang akan berpindah jadi putih.

Baca Juga  Indikator Airbag Menyala: 4 Penyebab Dan Ulasan

3. Ada Gelembung Udara di Bak Radiator

Tanda silinder kop rusak seterusnya bisa kalian kenali adalah ada gelembung udara dalam bak radiator. Seperti kita ketahui, proses kerja radiator mobil harus benar-benar vakum dan tidak boleh ada udara masuk.

Tapi jika kondisinya terbuka atau ada segi yang bocor, tidak bisa kita sanggah gelembung udara dalam bak radiator bakal ada. Ini biasanya kerap ada karena silinder kop rusak meliuk atau bocor.

4. Panas Terlalu berlebih / Overheating Di bagian Mesin

Mesin kendaran memang cenderung akan panas saat digunakan. Tapi panas terlalu berlebih saat baru dihidupkan peluang jadi tanda – tanda ada kondisi mesin yang tidak sempurna. Satu diantaranya pemicunya bisa jadi karena silinder kop rusak rusak.

Kondisi ini akan ada karena air radiator seharusnya akan membagi panas ke udara bebas dengan proses kerja radiator. Air pendingin habis karena rembes keluar yang karena ada kebocoran di bagian silinder kop rusak mesin rusak.

5. Air Radiator Mempunyai kandungan Minyak

Tanda silinder kop rusak seterusnya yakni kondisi air radiator saat dikerjakan pengetesan justru terlihat ada kandungan minyak. Hal ini biasanya dapat terjadi ketika berada oli mesin masuk ke saluran air radiator.

Nah masuknya resapan oli ke proses pendingin mesin sendiri bisa terjadi dengan beberapa faktor pemicunya. Selain itu termasuk ciri ciri silinder kop mesin yang rusak, bisa juga ada karena dinding water jacket retak. Jika sudah merasainya, sesegera bawa ke bengkel.

6. Oli Berlainan Warna Jadi Kecoklatan

Perawatan mesin secara periodik terutamanya penggantian oli mesin sebagai satu diantaranya hal yang sudah harus dikerjakan. Dengan begitu kondisi mesin akan terawat. Di sisi lain, saat penggantian oli kalian selekasnya bisa melihat kondisi oli telah digunakan.

Saat kondisinya berlainan warna jadi kecoklatan dan tidak lagi hitam. Bisa dipertegas hal tersebut karena telah tercampur dengan air. Kondisi ini biasanya karena air dari segi proses pendingin bocor sekaligus jadi ciri ciri silinder kop rusak.

Baca Juga  Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

7. Perform Mesin Turun

Ciri ciri silinder kop rusak paling akhir adalah kondisi mesin mulai turun. Menyusutnya performa mesin bukan hanya karena ada kerusakan dari segi khusus mesin seperti piston, ring piston atau busi saja.

Tetapi turun dan musnahnya kompresi pada mesin juga bisa karena ada kebocoran di bagian mesin. Hal tersebut biasanya ada karena kondisi Silinder Kop Rusak mesin rusak atau meliuk. Karenanya optimis sesegera membawa kendaraan ke bengkel.

Penyebab Silinder Kop Rusak Mesin Rusak

Meliuk, bocor dan rusaknya silinder kop rusak mesin menjadi permasalahan besar untuk tiap pemilik kendaraan. Karena, bukan saja cuma akan membuat kendaraan alami permasalahan bahkan juga parahnya harus overhoul atau turun mesin.

Keadaan silinder kop rusak membuat kita harus selekasnya mengambil kantong untuk bayar ongkos pembaruan silinder kop yang rusak.

  1. Minimnya perawatan dan perhatian pada keadaan mesin mobil.
  2. Keadaan mesin jarang-jarang dibikin bersih sesudah terserang debu atau kerak oli yang melekat.
  3. Dan umur gunakan kendaraan yang telah lebih dari sepuluh tahun.

Cara Memperbaiki Silinder Kop Rusak

Keadaan silinder kop mesin yang rusak, bocor dan meliuk menjadi hal yang cukup menjengkelkan. Karena, di keadaan semacam ini mesin kendaraan tidak bisa bekerja dengan prima dan optimal.

Nach yang menjadi pertanyaan, lantas bagaimanakah sich cara memperbaiki silinder kop rusak? Bila keadaan ini sedang kalian alami pada kendaraan tipe mobil atau motor

Jadi tidak beberapa hal yang dapat kita kerjakan terkecuali membawa ke bengkel dan menukar silinder kop rusak dengan unit yang baru sesuai type dan tipe kendaraannya.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri silinder kop rusak, penyebab, dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.