ciri tie rod rusak

Ciri Tie Rod Rusak : 3 Ciri-Ciri Dan Ulasan

Ciri Tie Rod Rusak – Terdapat berbagai komponen yang mendukung kenyamanan dan keselamatan mengemudi, salah satunya ialah tie rod. Komponen ini bekerja selaku penyambung di antara setir dengan roda. Lalu bagaimana jika terjadi kerusakan pada tie rod? Apa saja ciri tie rod rusak?

Tie rod pada mekanisme setir berfungsi supaya kendaraan dapat meluncur dengan konstan dan gampang untuk dikontrol. Tie rod mobil berada antara steering gearbox (steering rak) dengan knuckle roda depan dan jadi penyambung antara ke-2 nya. Wujud dan nama tie rod mobil sendiri bergantung dari mekanisme setir yang dipakai.

Pada mekanisme setir yang memakai steering rak, maka dikenali dua jenis tie rod yaitu rak end (long tie rod) dan tie rod end. Long tie rod terpasang dan tersambung di bagian ujung dari steering rak, sedang untuk tie rod end terpasang dan tersambung dengan knuckle tempat roda mobil ada. Ke-2 tie rod ini mempunyai peranan yang penting untuk mekanisme setir.

Tie rod mobil mengalami pengurangan perfoma atau kerusakan seiring penggunaanya. Tanda-tanda yang diakibatkan karena kerusakan tie rod dapat dirasakan oleh pengendara baik waktu berjalan normal atau pada kecepatan rendah. Untuk lebih jelasnya terkait ciri tie rod rusak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri tie rod rusak

Ciri Tie Rod Rusak

1. Ada getaran waktu steer dibelokan

Tanda pertama terkait tie rod yang rusak adalah adanya getaran yang anda alami waktu berbelokan steer. Getaran ini akan timbul dan terasa saat tangan menggenggam steer. Hal ini dikarenakan oleh sambungan tie rod alami oblak. Akibatnya getaran dari roda dapat dirasa sampai roda setir.

Baca Juga  Mobil Tidak Bisa Distarter : 7 Penyebab Dan Perbaikannya

2. Ada bunyi di kaki-kaki

Selain itu saat tie rod mulai oblak maka getaran sedikit pada roda saja dapat memunculkan bunyi cetukan pada kaki-kaki. Jika bunyi cetukan ini mengeluarkan bunyi waktu ban membelok mungkin ada kerusakan pada tie rod. Oleh karena itu adanya bunyi di kaki dapat menjadi salah satu tanda tie rod rusak.

3. Mobil kerap buang ke salah satunya arah

Ciri lain ialah mobil kerap membuang kesalah satu arah. Hal ini dikarenakan oleh ban mobil oblak kekanan-kiri dengan sudut yang cukup besar. Akibatnya kekuatan ban mobil belok sendiri ke salah satunya arah walau tidak berasa. Ini dapat dirasa saat anda berjalan lurus. Jika umumnya mobil sanggup bergerak lempeng tetapi kesempatan ini gerakan mobil sedikit meleset.

Diatas adalah ulasan terkait ciri tie rod rusak. Bila kamu mendapati ciri di atas pada mobil, sebaiknya untuk selekasnya bawa mobil ke bengkel. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion