Penyebab Ban Mobil Benjol: 4 Faktor & Cara Memperbaiki

Penyebab Ban Mobil Benjol – Penyebab ban mobil benjol yang umumnya muncul karena malfungsi atau perawatan yang kurang pada roda. Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah. Lalu apa saja penyebab ban mobil benjol? Bagaimana cara memperbaiki nya?

Lubang sisa pukulan akan mengakibatkan dinding ban menekuk, tertekan di antara pelek dan permukaan jalan secara mendadak, hingga menyebabkan benang baja pada ban putus. Saat benang pada ban ada yang putus, karena itu penahan disebelah kanan atau kiri ban tidak ada. Bila diisi udara, tekanan dalam ban akan tekan karet samping apabila disaksikan di luar akan kelihatan benjol.

Maka dari itu, keutamaan jaga kualitas ban saat perjalanan, seperti jaga tekanan udara ban yang sesuai standard pabrik dan pastikan permukaan ban masih bagus. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab ban mobil benjol dan cara mencegah akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab ban mobil benjol

Penyebab Ban Mobil Benjol

Banyak diketemukan benjolan pada ban khususnya untuk tipe ban tubeless. Berikut penyebab ban mobil benjol diantaranya yaitu:

1. Permukaan Ban Terlampau Kerap Terkena Benda Tajam

Penyebab ban mobil benjol pertama, karena sering terkena benda tajam di perjalanan. Apa lagi keadaan jalanan Indonesia terutamanya di perkotaan yang tak pernah bersih dari beberapa benda tajam seperti paku, beling atau skrup bangunan.

Bila terserang, ban mobil kamu akan automatis bocor dan rawan muncul benjolan yang makin mencelakakan pengendara. Keadaan jalanan memang susah dijauhi dari beragam resiko, oleh karenanya perlu diakali dengan mempunyai ban yang berkualitas dan di pemeliharaan tekanan udaranya secara baik.

2. Deformasi Wujud

Penyebab ban mobil benjol ke-2 yakni karena deformasi atau peralihan wujud ban yang karena minimnya tekanan dan muatan yang terlampau berat atau memang karena umur penggunaan ban yang telah kelamaan.

Misalkan, ban yang telah kelamaan wujud permukaan atasnya akan botak. Nach, saat ban mobil botak tetapi tetap saja digunakan untuk perjalanan jauh, kemungkinan ban itu akan mempunyai benjolan pada permukaan seginya.

Oleh karenanya, saat ingin melancong jauh, upayakan untuk meminimalkan barang bawaan supaya beban mobil makin enteng hingga jaga keadaan ban supaya masih tetap mulus.

3. Pengisian Angin yang Terlalu berlebih

Pengisian angin yang terlalu berlebih dapat menjadi penyebab ban mobil benjol. Saat mobil kempes, pasti dikarenakan oleh kekurangan angin. Tetapi, pengisian angin yang terlalu berlebih membuat ban mobil terlampau kembung hingga berpengaruh timbulnya benjolan disekitaran permukaan ban.

Baca Juga  Cara Meluruskan Stir Mobil: 2 Prosedur Dan Ulasan

Ini penyebabnya isi angin ban mobil jangan sembarangan, ada ketentuannya. Biasanya, batasan pengisian angin pada ban mobil sekitar 30 – 32. Bila kamu tidak memahami, selekasnya meminta kontribusi pegawai SPBU di tempat ya supaya meminimalkan resiko.

4. Suspensi Mobil Keras dan Mati

Penyebab ban mobil benjol yang terakhir yaitu karena suspensi mobil keras dan mati. Suspensi sebagai satu elemen dalam mobil yang bermanfaat untuk menahan getaran saat mobil lewat jalanan yang tidak rata.

Saat suspensi mobil keras lalu mati, hati-hatilah karena ada peluang ban mobilmu akan benjol atau justru telah benjol. Bukan hanya hanya itu, mobil yang bantingan mobil yang terlampau keras automatis punya pengaruh pada ban, pada akhirnya ban juga benjol. Oleh karena itu, upayakan berkendaraan di jalanan yang mulus, terlepas dari bebatuan hingga lebih nyaman dan aman.

Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol

Sesudah ketahui beberapa penyebab ban mobil benjol, tentu mayoritas bengkel merekomendasikan untuk menukar ban. Berikut cara memperbaiki ban mobil benjol:

1. Pengujian Ban Benjol

Langkah awal, coba dongkraklah ban mobil sampai bannya terangkut kurang lebih 1/2 cm.. Selanjutnya, ganjal pada persilangannya.

Agar ban dapat berputar-putar, bebaskan rem tangan yang meredam roda. Sesudah terlepas, coba putar roda ban lalu periksalah apa pada ketinggian 1/2 cm. ada sisi yang terbelit tanah atau mungkin tidak. Bila ada, memiliki arti ban kamu sedang benjol atau mungkin tidak rata. Banyak mekanik otomotif berbicara jika nyaris tidak mungkin memperbaiki.

2. Pembaruan Sementara

Cara ke-2 sebagai cara alternative untuk dampak beberapa waktu saja di keadaan genting yakni dengan penambalan. Pakai beberapa alat seperti obeng kecil dan compressor. Cari titik yang mana keadaannya benjol selanjutnya tusuk dengan obeng kecil.

Cara menusuknya tidak boleh tegak lempeng tetapi dari samping secara perlahan-lahan dan berhati-hati supaya tusukan kamu tidak menyerang ban dalam. Umumnya sesudah ditusuk bakal ada suara udara keluar. Kosongkan udara pada ban lalu isi kembali dengan compressor.

Baca Juga  Tanda Rantai Keteng Rusak: 3 Gejala & Cara Memperbaiki

Ulang terus sampai angin yang ada di benjol ban lenyap. Sesudah semua cara dilaksanakan, untuk saat ini ban mobil akan balik seperti yang lalu. Tetapi, kemudian kamu harus selekasnya tukar ban baru karena cara memperbaiki ban mobil benjol dengan compressor dan obeng kecil ini cuman sebentar.

3. Penyeleksian Type Ban

Cara paling akhir, yakni menukar ban mobil. Saat beli ban, pilih ban yang sesuai detail mobil. Umumnya tercatat di plakat pintu atau laci mobil. Tercantum beberapa code, seperti LT untuk light truck, ST untuk special trailer, T untuk ban cadangan, R untuk radial dan P untuk mobil penumpang.

Selainnya harus sesuai detail, samakan dengan velg ban. Ukuran tercatat di angka ada di belakang huruf R yang berada di plakat. Penting untuk pilih ban sesuai keadaan jalan yang kerap kamu lalui. Apa lagi bila musim penghujan, kamu harus menimbang ban mobil yang pas saat curahan hujan lumayan tinggi.

Karena, tapak ban memengaruhi kekuatan cengkram dan pemercepatan mobil. Untuk tebalnya, terserah kamu ingin lebar atau tipis. Daya cengkeram ban lebar makin baik, tetapi pemercepatannya makin kecil karena berat. Dan ban tipis sebaliknya, daya cengkeram ban tipis tambah jelek dari ban lebar. Tetapi kecepatan makin baik.

Disamping itu rugi ban kecil adalah kurang pas bila melalui jalan yang jelek, tidak rata dan berbatu. Peluang velg terserang imbas dari ban tipis ini.

4. Pergantian Ban Lama dengan Ban Baru

Sesudah tentukan ban mobil yang pas cara paling akhir yakni dengan menukarnya. Persiapkan beberapa alat seperti dongkel dan kunci roda. Pertama, longgarkan baut ban. Cukup longgarkan saja tak perlu lepas. Pakai dongkel untuk mengusung mobil. Tempatkan dongkel di susunan yang paling kuat supaya bisa menyokong dengan cocok.

Lalu bebaskan dan taruh baut ban supaya tidak lenyap. Pasang ban baru kamu lalu turunkan dongkel dan mengencangkan baut. Cara mengatasi ban mobil benjol harus kamu ketahui bila setiap saat terserang permasalahan ini dalam perjalanan.

Diatas adalah ulasan terkait beberapa faktor penyebab ban mobil benjol dan cara memperbaiki nya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.