Penyebab Vespa Ngempos: 6 Faktor & Cara Mengatasi

Penyebab Vespa Ngempos – Vespa sebagai motor keluaran lama dan tentu saja kerap alami beberapa persoal. Salah satunya persoalan yang kerap dirasakan yaitu ngempos. Lantas apa penyebab vespa ngempos? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Meskipun saat ini banyak vespa kekinian yang dirilis kembali, tetapi motor vespa dengan mode classic tetap disukai beberapa orang karena lebih mempunyai nilai riwayat yang kental. Sekarang banyak juga bermunculkan klub-klub motor vespa yang mengutamakan kebersamaan di jalan, hingga membuat penglihatan pada group vespa semakin positif.

Permasalahan setiap motor tentunya punyai permasalahan, yang kerap ditemui pemakai motor vespa adalah saat vespa ngempos. Untuk memperjelasnya berkaitan penyebab vespa ngempos dan cara mengatasinya akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

penyebab vespa ngempos

Penyebab Vespa Ngempos

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab motor vespa menjadi ngempos diantaranya yaitu:

1. Pengapian kurang cocok

Pengapian yang kurang cocok dapat menjadi salah satu faktor penyebabnya. Hal ini dikarenakan sistem pengapian sangat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran.

Check pengapian dengan cara membuka busi lalu cabut kepala koil ,lalu dekatkan kabel koil ke karburator. Api yang baik yaitu api yang warna biru ,bila warna merah coba setel kembali platinanya.

2. Karburator kotor

Selain itu, kita ketahui bahwasanya semakin banyak bahan bakar yang dialirkan ke ruang bakar akan membuat tenaga mesin semakin besar. Namun apabila sumber aliran bahan bakar tertutup kotoran tentu akan berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan.

Baca Juga  Penyebab Asap Knalpot Pedih di Mata: 8 Faktor & Ulasan

Karburator kotor dapat mengusik performa vespa anda, anda coba membersihkan dengan teratur satu bulan sekali memakai karbu cleaner,juga bisa memakai bensin.

3. Spuyer kotor

Sebenarnya hal ini menjadi faktor penyebab yang sama dengan nomor 2. Spuyer sendiri bagian dari karburator yang akan mengalirkan bahan bakar ke ruang bakar. Apabila bagian ini kotor tentu suplai bahan bakar akan terhambat.

Cara ketahui spuyer kotor/tidak yaitu dengan buka tutup karburator lalu membuka ke-2 spuyer(main jet&pilot jet)lalu tiup tiup lubang2 ke-2 spuyer sesudah ditiup bersihkan dengan bensin atai semprot dengan karbu cleaner

4.Busi menghitam

Busi menghitam sendiri sebenarnya salah satu efek dari pengapian yang tidak baik. Namun apabila dibiarkan tentu akan mempengaruhi percikan api yang dihasilkan oleh busi. Semakin tidak maksimal maka pembakaran juga tidak baik.

Cara mengatasi yaitu lepas busi dari head block , lalu celup kepala busi ke bensin dan sikat dengan memakai sikat gigi/kain kering, karena busi yang menghitam tertutup jelaga oli bisa merintangi recikan api. Sesudah dibikin bersih pasang lagi busi.

5.Vespa terlampau hemat

Hal ini saya pernah ngalamin ,vespa yang terlampau hemat diikuti dengan kerap brebet/ngempos ,overheat pada mesin(mesin cepat panas meskipun digunakan sesaat). Bahan bakar disini juga sebagai salah satu media pendingin mesin. Apabila kurang atau terlalu irit tentu mesin akan menjadi lebih cepat panas.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Kaca Mobil Yang Tidak Bisa Naik: 5 Prosedur

Cara mengatasinya yaitu menukar spuyer anda dengan spuyer sama sesuai ukuran standar karburator anda. Anda dapat saksikan ukuran standar spuyer vespa anda pada tabel berikut

6. Keadaan Hisapan buruk

Hisapan yang keadaannya tidak bagus/bobol dapat mengakibatkan bensin yang masuk ke ruangan pembakaran akan balik menyemburkan keluar hingga membuat mesin jadi lean(keiritan). Hal ini dapat menjadi faktor penyebab yang terakhir.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab vespa ngempos dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.