Jumlah Takaran Oli Kompresor AC Mobil: Ukuran Dan Akibat

Jumlah Takaran Oli Kompresor AC Mobil – Oli pada kompresor ac berperan sebagai pelumas untuk kompresor ac hingga sisi kompresor jauh dari namanya kerusakan. Namun dalam melaksanakan fungsinya perlu dilakukan penggantian secara berkala. Lalu berapa jumlah takarann oli kompresor ac mobil?

Untuk menahan aus dan karatan pada kompresor AC, karena itu oli pelumas tidak boleh dipandang sebelah mata. Setiap jenis dan type mobil ini mempunyai jumlah takaran oli kompresor untuk AC mobil yang berbeda.

Disamping itu, oli kompresor berperan untuk menahan bunyi keras saat mobil dioperasionalkan. Jika Anda merasakan bunyi-bunyi aneh saat mobil dioperasionalkan, itu pertanda ada yang tidak kelar di bagian compressornya.

Karena itu, saat sebelum isi ulangi oli kompresor AC mobil. Anda harus pahami lebih dulu berapa mili jumlah oli kompresor yang sesuai kemampuan oli tank kompresor AC mobil. Untuk lebih jelasnya terkait jumlah takaran oli kompresor ac mobil, jenis, dan dampak apabila oli berlebihan atau kurang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

jumlah takaran oli kompresor ac mobil

Jumlah Takaran Oli Kompresor AC Mobil

Jumlah takaran oli kompresor ac harus disesuaikan dengan jenis dan tipe mobil. Tiap mobil ini mempunyai ukuran bak oli kompresor AC mobil yang berbeda. Rerata terkait berapa mili jumlah takaran oli kompresor AC mobil di Indonesia seperti Xenia, Avanza, Xpander, Grand Livina, Ertiga mempunyai bak oli kompresor AC mobil sekitaran 250 cc (pada kondisi kosong).

Jika kita bandingkan di antara oli kompresor dengan refrigerantnya karena itu oli kompresor ac mobil ini mempunyai keunikan yaitu karakternya yang lebih susah untuk menguap, dan refrigerant karakternya adalah gampang menguap. Dari ketidaksamaan ini, maka di saat diakukan satu pembaruan baik lakukan penggantian/pelepasan elemen seperti receiver/dryer, kondensor, evaporator, dan pipa ac itu freon yang ada pada elemen yang dilepaskan itu semakin lebih gampang menguap dan oli kompresor tidak.

Takaran Oli Kompresor Akibat Perbaikan Komponen AC

Hingga oli pada kompresor ini umumnya masih menempel (melekat) pada elemen yang dilepaskan itu, maka dari itu jumlah oli yang ditambah adalah sama dengan oli yang ada pada elemen yang dilepaskan/ditukar itu. Berikut takaran oli kompresor ac mobil berdasarkan bagian yang dilakukan penggantian atau pembongkaran:

  1. Kompresor AC 100 mm3
  2. Penggantian Kondensor 40 mm3
  3. Evaporator 40 mm3
  4. Receiver 10 mm3
  5. Pipa 10 mm3 per pipa
Baca Juga  Indikator Bensin Motor Tidak Akurat: 6 Faktor Dan Perbaikan

Tambahan oli kompresor sesudah dilakukan penggantian elemen, sebagai contoh jika kita menukar kondensor karena itu kita perlu menambahkan oli sejumlah 40 mm3. Begitu juga bila kita menukar elemen yang lain seperti receiver, evaporator dan pipa.

Yang penting jadi perhatian adalah jika kita menukar/membedah kompresor, karena itu oli yang ditambah adalah sama dengan jumlah takaran oli yang ada di kompresor ac mobil yang sudah kita terlepas atau kita bedah.

Harga dari oli kompresor AC mobil ini bermacam. Dimulai dari harga Rp. 40.000 sampai Rp. 265.000, bergantung kualitas dan jumlah oli kompresor itu. Untuk harga Rp. 40.000 ini cuma tahan dua minggu penggunaan dan tidak seluruhnya jenis kompresor bisa memakai oli kompresor itu. Berlainan dengan oli kompresor dengan harga Rp. 265.000.

Oli kompresor itu tahan sampai dua bulan atau capai 35.000 km penggunaan dan cocok dengan beragam jenis kompresor AC mobil. Nach, Anda harus jaga jaga ukuran atau jumlah takaran oli kompresor AC mobil.

Jenis Oli Kompresor AC mobil

Setelah mengetahui berapa mili jumlah takaran oli kompresor ac mobil maka perlu diketahui pula jenisnya. Kompresor AC mobil betul-betul memerlukan peranan dari oli atau pelumas untuk menahan keausan pada komponen-komponennya. Tapi, Anda harus tahu jika oli yang dipakai pada kompresor AC tidak lah sama dengan oli mesin, oli transmisi, oli gardan, atau bahkan juga oli power steering.

Ada beberapa jenis oli kompresor AC. Pada AC mobil, oli kompresor adalah oli khusus dan tergantung pada jenis kompresor yang dipakai pada mobil Anda. Berikut adalah jenis oli kompresor ac mobil yang tersering dipakai di pasar yaitu:

  1. ND-oil 8: Oli jenis Denso ND-oil 8 dipakai dalam kompresor jenis piston and rotary (scroll dan SV) dengan refrigerant jenis R134a.
  2. ND-oil 9: Jenis oli AC mobil Denso ND-oil 9 dipakai pada kompresor jenis vane dengan jenis refrigerant R134a.
  3. Tipe ND-oil 11: Jenis oli AC mobil Denso ND-oil 11 dipakai pada kompresor jenis electric driven scroll dengan jenis refrigerant R134a atau R1234yf.
  4. ND-oil 12: Jenis oli AC mobil Denso ND-oil 12 dipakai pada kompresor jenis piston and rotary dengan jenis refrigerant R1234yf atau R134a.
Baca Juga  Cara Menyetel Klep : 8 Prosedur Penyetelan

Akibat Jumlah Takaran Oli Kompresor AC Mobil Berlebihan

Terdapat beberapa dampak atau akibat apabila jumlah takaran oli kompresor ac mobil berlebihan yaitu:

1. Pengurangan Performa Mekanisme AC Mobil

Pengurangan performa mekanisme AC mobil ini menjadi satu diantara resiko pengisian oli kompresor AC mobil secara berlebihan. Performa mekanisme AC mobil yang menurun ini diikuti dengan pengurangan temperatur AC mobil.

Hingga, temperatur pada kabin mobil ini dirasakan kurang atau malah masih berasa panas. Karena itu, periksa lagi oli kompresor AC mobil Anda. Yakinkan tidak untuk isi oli kompresor AC secara berlebihan supaya peranan AC mobil tidak terusik.

2. Kemampuan Refrigerant AC Mobil Berkurang

Peranan refrigerant ini mempernyerap udara panas pada kabin mobil. Hingga, kabin cepat dingin dari embusan udara AC mobil. Tetapi, kadang pengendara berasa panas atau panas akibat dari ketidak sanggupan refrigerant untuk mempernyerap udara panas dengan optimal.

Hal itu disebabkan karena pengisian oli kompresor AC mobil secara berlebihan. Akibatnya oli kompresor akan memendam refrigerant. Akhirnya, refrigerant mobil tergenang oli kompresor. Jika ini tidak selekasnya ditangain. Karena itu, bisa ditegaskan jika refrigerant akan mengalami kerusakan yang cukup fatal.

3. Kerusakan Pada Sisi Kompresor AC Mobil

Dan resiko paling akhir dari pengisian oli kompresor secara berlebihan adalah muncul kerusakan pada bagian kompresor AC mobil. Kompresor AC mobil ini bisa jadi alami kerusakan dan tidak dapat diservis. Jika kompresor AC mobil hancur maka Anda harus beli kompresor AC mobil pada harga yang termasuk mahal, sekitaran Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000 per unit.

Diatas adalah ulasan terkait berapa mili jumlah takaran oli kompresor ac mobil, jenis, dan akibat apabila pengisian oli berlebihan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -