Cara Membersihkan Filter AC Mobil: 6 Prosedur & Ulasan

Cara Membersihkan Filter AC Mobil – Cara membersihkan filter AC mobil perlu ketahui karena penting untuk dilaksanakan secara periodik. Lantas bagaimana prosedur membersihkan filter ac mobil?

Filter AC akan kotor bersamaan penggunaan. Tetapi tidak berarti harus didiamkan demikian saja. Sebuah benda yang kotor tentu harus selekasnya dibikin bersih. Termasuk filter AC.

Untuk yang belum ketahui fungsi dari elemen ini, filter AC bermanfaat untuk membikin udara kabin berasa nyaman saat dihirup. Semua karena filter yang sanggup memfilter udara keluar lubang AC hingga masih tetap sehat dan bersih.

Selainnya membersihkan filter AC sendiri, ada ketetapan secara eksklusif yang menjadi pengingat untuk diri kita. Pergantian filter AC dilaksanakan tiap enam bulan atau mobil telah tempuh keseluruhan jarak 10.000 km (berlaku kelipatan).

Bila tidak dibikin bersih dan ditukar dengan teratur, dampaknya adalah saluran udara terhalang dan AC tidak dingin dan jadi pemicu ac mobil berbau. Untuk lebih jelasnya terkait cara membersihkan filter ac mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara membersihkan filter ac mobil

Cara Membersihkan Filter AC Mobil

Dalam usaha membersihkan filter AC mobil, sebetulnya Anda tidak membutuhkan alat khusus dan ketrampilan yang bagus. Proses pembersihannya sendiri dapat dilaksanakan di dalam rumah. Harus dipahami jika letak filter AC berada dibalik laci dashboard mobil. Berikut prosedur atau cara membersihkan filter ac mobil yaitu:

Baca Juga  Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

1. Membuka Laci

Langkah awal yang perlu dilaksanakan adalah buka laci dashboard mobil Anda. Triknya dengan menariknya ke atas dari segi samping kiri, selanjutnya berlanjut ke kanan sampai laci lepas secara prima. Kerjakan dengan berhati-hati supaya tidak ada yang hancur atau patah.

2. Tentukan Kompartemen Filter AC

Saat laci telah sukses dibuka, Anda akan menyaksikan kompartemen filter dan blower AC. Letak ke-2 nya sama-sama bersusun. Tetapi filter AC umumnya ada di sisi atas. Ingat point supaya Anda tidak salah ambil kompartemen filter AC.

3. Mengeluarkan Filter AC

Saat ini waktunya keluarkan filter AC dengan buka sistem pengunci berupa knop di sisi bagian boxnya. Bila box filter AC telah terbuka, Anda akan menyaksikan elemen ini. Umumnya warna putih . Maka yakinkan jika memang itu filter AC.

4. Mengambil Filter AC

Mengeluarkan filter AC secara perlahan-lahan. Kenapa harus perlahan-lahan? Umumnya telah banyak debu yang melekat di elemen itu. Anda tidak boleh mengeluarkannya dengan cepat karena debu yang melekat di filter dapat amburadul. Apabila sudah dikeluarkan, waktunya mengawali proses pembersihan.

5. Mulai Proses Pembersihan

Pada proses pembersihan, Anda dapat mengetok filter AC sampai debunya keluar. Bila mempunyai kompresor, sebetulnya sangat menolong karena alat itu bisa tiup debu dari arah bawah filter AC. Pilihan lain dari kompresor adalah vacuum cleaner.

Baca Juga  Penyebab Stang Motor Goyang: 7 Faktor & Perbaikan

Ada catatan yang perlu Anda ingat saat pada proses pembersihan. Tidak boleh memendam atau membersihkan filter AC sama air sabun. Argumen intinya adalah bulu-bulu lembut pada bagian filter yang sanggup menangi debu akan lenyap. Pada akhirnya, filter AC tidak bekerja optimal walaupun telah dibikin bersih . Maka, berhati-hati pada proses pembersihan.

​​​​​6. Tempatkan Filter AC ke Tempat Sebelumnya

Bila filter AC telah bersih, masukan kembali ke boks. Selanjutnya tutup laci dan balikkan semua pada keadaan sebelumnya. Gampang, kan?

Itu info cara membersihkan filter AC mobil secara mudah. Bila Anda tidak ingin melakukan sendiri, dapat dilakukan di bengkel bengkel terdekat.

Diatas adalah ulasan terkait cara membersihkan filter ac mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -