Fungsi Backing Plate Pada Rem Tromol & Ulasan

Fungsi Backing Plate – Kita mengetahui jika yang bernama kendaraan motor mempunyai banyak komponen dan sisi yang mempunyai fungsi berlainan. Tetapi dari jumlahnya komponen yang ada kemungkinan rem menjadi satu diantara komponen paling penting kehadirannya ketika kendaraan bekerja maju maupun mundur.

Salah satunya komponen rem tromol itu yakni backing plate yang mempunyai peran penting. Lantas apa peran dari backing plate?

Dalam rem tromol atau rem yang menggunakan brake drum memiliki berbagai bagian utama. Hal ini termasuk bagian besi dasaran yang menjadi dudukan dari berbagai komponen rem lainnya atau yang dikenal dengan backing plate.

Hal itu karena rem sendiri memungkinkannya tiap pengendara atau sopir mobil bisa hentikan kecepatan kendaraan yang mereka naiki secara lembut. Untuk memperjelasnya berkaitan fungsi backing plate akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

fungsi backing plate

Fungsi Backing Plate

Fungsi dari backing plate ini adalah sebagai tempat posisi semua komponen rem tromol sekalian berperan sebagai perlindungan komponen rem tromol didalamnya. Backing plate ini sering terpasang bersatu dengan ujung casing differential /gardan.

Bagian ini menjadi komponen rem tromol yang utama diantaranya komponen lainnya. Backing plate dibuat dari plat berupa lingkaran dengan material logam tipis yang lumayan kuat untuk dipakai sebagai dasar posisi dari komponen rem tromol yang lain seperti wheel silinder, brake shoe, anchor , dan sebagainya.

Baca Juga  Wiper Mobil Yang Bagus: 17 Rekomendasi Dan Harga

Dengan memiliki bentuk yang terbesar, backing plate adalah piringan logam yang ada di belakang mekanisme rem tromol. Berupa cukup tipis, komponen ini bermanfaat sebagai kerangka dan perlindungan sisi yang lain. Ada bermacam lubang dan lekukan didalamnya dengan fungsi berbeda.

Backing plate adalah salah satunya komponen rem tromol yang berupa pitingan dengan bahan dasar logam yang cukup tipis dan diletakkan pada bagian belakang mekanisme rem tromol. Wujud dari backing plate adalah lingkaran yang banyak memiliki lubang dan banyak memiliki benjolan. Arah khusus jumlahnya lubang dalam backing plate adalah untuk sesuaikan dengan part standard dari rem tromol.

Di atas adalah pembahasan berkaitan fungsi backing plate pada rem tromo. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.