Counter Shaft Adalah: Fungsi Dan Ulasan

Counter Shaft Pada Transmisi Adalah – Didalam transmisi terdapat berbagai bagian atau komponen yang memiliki fungsi penting, salah satunya counter shaft. Counter shaft ini merupakan salah satu poros yang terdapat pada transmisi.

Transmisi berperan untuk mengganti kecepatan dan momen puntir atau tenaga yang telah dibuat mesin untuk dilanjutkan ke roda. Disamping itu, transmisi mempunyai beberapa fungsi penting untuk kendaraan.

Dalam perkembangannya terdapat berbagai transmisi yang digunakan pada kendaraan. Ada transmisi otomatis dan manual serta perkembangan teknologi yang lain.

Sebagai contoh, transmisi manual untuk mobil pendorong depan akan berlainan dan memiliki bentuk yang berbeda dengan transmisi manual yang dipakai pada mobil berpenggerak belakang. Tetapi biasanya, semua elemen transmisi manual ini sebagian besar sama, yang membandingkan cuma letak dan memiliki bentuk saja.

Dari kedua contoh tersebut tetap memakai counter shaft sebagai salah satu porosnya. Oleh karena itu peranan dari komponen ini sangat penting. Berikut adalah ulasan terkait fungsi counter shaft yang ada pada transmisi kendaraan.

counter shaft adalah

Counter Shaft Adalah?

Counter gear dan shaft adalah sebagai bagian penghubung yang digunakan untuk menghubungkan perputaran mesin dari input shaft ke arah masing-masing gigi percepatan.

Fungsi counter gear adalah untuk mengalihkan tenaga putar dari input ke gigi-gigi percepatan sesuai pemakaian gigi yang diputuskan oleh sopir. Counter gear ini biasanya dibikin bersatu di antara gear dan shaftnya dan terpasang pada transmission case.

Baca Juga  Cara Kerja Gearbox: 4 Posisi Dan Ulasan

Counter gear adalah roda gigi yang berperanan sebagai distributor. Karena fungsi dari counter gear yaitu untuk menyalurkan perputaran dari input gear ke masing-masing speed gear. Jumlah roda gigi pada counter gear bergantung dari jumlahnya speed gear.

Untuk transmisi 4 percepatan dapat mempunyai 4 gigi counter dan satu gigi input yang berdiameter berbeda. Semua roda gigi counter tersebut terhubung menjadi satu poros yaitu counter shaft.

Tanpa adanya counter shaft maka counter gear tidak dapat berputar dengan sempurna. Counter shaft akan menyusun dan sebagai dudukan dari gigi gigi counter yang disesuaikan jumlah gigi gearnya dengan percepatan yang dibutuhkan.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi counter shaft yang ada pada transmisi kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -