Penyebab Spul Motor Sering Rusak: 7 Faktor & Ulasannya

penyebab spul motor sering rusak

Penyebab Spul Motor Sering Rusak – Spul motor pada sering mengalami kerusakan yang menyebabkan sistem pengisian sepeda motor tidak berfungsi. Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab kerusakan pada spul motor. Lalu apa saja penyebab spul motor sering rusak?

Namanya komponen kelistrikan terkadang sering mengalami kerusakan akibat aus dan kotoran. Selain itu terdapat faktor lain yang menyebabkan kerusakan pada spul motor. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab spul motor sering rusak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Penyebab Spul Motor Sering Rusak

Bekerja tanpa henti, mengakibatkan spul cepat sekali alami kerusakan. Ditambah ingat banyak elemen kendaraan yang memerlukan tenaga listrik, karena itu alat ini makin cepat jadi aus dan rusak. Di tempat ini ada banyak hal penyebab spul motor sering rusak, berikut salah satunya.

penyebab spul motor sering rusak

1. Penggunaan Kendaraan Terus Menerus

Yang pertama penyebab spul motor sering rusak ialah karena penggunaan kendaraan yang tidak ada henti. Dengan pemakaian kendaraan secara terus-terusan, automatis spul bekerja secara terus-terusan. Ini jadi penyebab spul cepat jadi rusak.

Sudah diketahui, spul bekerja untuk hasilkan sumber listrik dengan berputar-putar. Makin sering spul berputar-putar, karena itu spul akan cepat jadi panas dan aus. Mengakibatkan spul akan cepat jadi panas serta dapat rusak.

2. Tambahan Elemen Elektrik Melewati Kemampuan.

Saat ini sepeda motor diubah dengan menambah beragam elemen sepeda motor yang banyak memerlukan tenaga listrik. Ucapkanlah misalnya seperti penempatan beberapa lampu tambahan. Ini akan memberatkan kerja spul dan dapat menjadi penyebab kerusakan spul motor atau gosong.

Tambahan elemen elektrik pada kendaraan ini akan mengakibatkan spul bekerja sangat keras untuk penuhi keperluan listrik yang dibutuhkan, sementara kemampuan yang dipunyai tidak sepadan. Mengakibatkan, spul akan cepat jadi panas, gosong, dan pada akhirnya dapat cepat rusak.

Baca Juga  Ciri Selang Radiator Harus Diganti : 8 Gejala & Ulasan

Dalam pemakaian lampu tambahan atau elemen yang lain, harus disertai dengan tambahan kemampuan spul. Misalkan dengan lakukan tambahan gulungan atau menukar kiprok, hingga pengisian tenaga listrik yang sudah dilakukan spul jadi lebih besar.

3. Kekurangan Oli

Penyebab kerusakan spul motor yang lain ialah karena sering terlambat saat lakukan pengisian oli. Spul motor yang bekerja dengan berputar-putar terus-terusan, akan menyebabkan spul cepat aus dan kering. Pemberian oli dengan teratur akan menolong spul jadi lebih tahan lama.

Membuat spul masih tetap tergenang oli jadi jalan keluar untuk membuat masih tetap tahan lama. Karena selainnya berperan sebagai pelumas pada kumparan, oli bisa juga berperan sebagai pendingin untuk spul. Dengan begitu spul tidak cepat panas, apa lagi sampai gosong karena terus berputar-putar.

Karena itu untuk pemilik kendaraan motor, Anda harus rajin lakukan perawatan dengan lakukan pengujian dengan teratur pada kedalaman oli. Janganlah sampai spul pada kondisi kering karena kekurangan oli. Karena jika hal tersebut terjadi, karena itu dapat ditegaskan spul akan cepat rusak.

4. Spul Kotor

Penyebab spul motor sering rusak yang ke emapat ialah karena spul kotor. Kotoran yang ada di spul umumnya datang dari debu bersatu air karena penggunaan setiap hari. Misalkan karena terserang debu di jalan, atau karena terserang air hujan saat kendaraan dipakai.

Jika tidak selekasnya dibikin bersih, debu dan air hujan ini lama-lama akan menggumpal, mengeras, dan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan berlangsungnya karat pada spul. Jika sudah berkarat, karena itu spul tidak bisa berperan dengan prima.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual & Penyebabnya

Saat mesin digerakkan, spul tidak bisa berputar-putar dengan mulus karena karat itu. Mengakibatkan, spul pun tidak dapat hasilkan energi listrik dengan optimal. Sudah pasti, karena seterusnya dari keadaan ini dapat diterka, yaitu spul akan cepat jadi rusak.

Kondisi semacam ini umumnya sering terjadi pada sepeda motor tipe matic. Ini karena pada kendaraan matic letak spul sedikit terbuka, hingga debu jalanan dan air hujan gampang sekali mengenainya. Pada kendaraan matic resiko spul cepat rusak semakin besar dibanding pada motor dengan gigi.

5. Air

Sebagai barang elektronik tentu rawan terhadap air. Oleh karena itu, air dapat menjadi satu faktor penyebab kerusakan spul motor. Ketika ada air kemudian arus listrik mengalir tentu spul dapat mengalami konsleting dan terbakar. Akibatnya spul motor tidak dapat digunakan kembali.

6. Konsleting

Konsleting adalah hal yang umum terjadi pada kelistrikan. Oleh karena itu spul motor juga dapat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh konsleting listrik. Penyebab kerusakan spul motor yang satu ini umumnya terjadi akibat adanya kotoran maupun air didalam mangkok spul.

7. Umur penggunaan

Penyebab spul motor sering rusak yang terakhir yaitu umur penggunaan. Apabila penggunaan spul motor sudah terlalu lama tentu akan mengalami penurunan bahkan berbagai kerusakan yang lain. Hal ini tentu membutuhkan proses penggantian.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab spul motor sering rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.