Apa Yang Dimaksud Transmisi: Pengertian & Prinsip Kerja

prinsip kerja transmisi

Apa Yang Dimaksud Transmisi – Kendaraan bermotor mempunyai elemen mesinnya diperlengkapi dengan mekanisme transmisi. Mekanisme ini bermanfaat untuk atur peralihan gigi yang memberi torsi. Lalu apa yang dimaksud transmisi?

Terkait apa yang dimaksud transmisi yang banyak digunakan pada kendaraan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. Berikut ulasannya:

apa yang dimaksud transmisi

Apa Yang Dimaksud Transmisi

Apa yang dimaksud transmisi? Pertanyaan ini akan muncul karena setiap kendaraan memiliki bagian ini. Pengertian transmisi sendiri secara luas adalah mekanisme yang berperan untuk alterasi torsi dan kecepatan dari mesin jadi torsi dan kecepatan yang berbeda untuk dilanjutkan ke pendorong akhir. Alterasi ini mengganti kecepatan putar yang tinggi jadi lebih rendah tapi lebih memiliki tenaga, atau kebalikannya.

Mekanisme transmisi ini digunakan untuk alterasi torsi dan kecepatan (perputaran) dari mesin jadi torsi dan kecepatan yang berbeda untuk dilanjutkan ke bagian pemindah tenaga yang terakhir. Alterasi ini mengganti kecepatan putar yang tinggi jadi lebih rendah tapi lebih memiliki tenaga, atau kebalikannya.

Torsi paling tinggi satu mesin biasanya terjadi pada sekitaran tengah dari batasan perputaran mesin yang dibolehkan, dan kendaraan membutuhkan torsi paling tinggi di saat mulai bergerak. Disamping itu, kendaraan yang jalan pada jalan yang mendaki membutuhkan torsi yang semakin tinggi dibanding mobil yang jalan pada jalan yang mencatatr.
Pada saat mobil berjalan dalam kecepatan rendah membutuhkan torsi yang semakin tinggi dibanding pada saat mobil berjalan dalam kecepatan tinggi. Dengan keadaan operasi yang berbeda itu karena itu dibutuhkan mekanisme transmisi supaya keperluan tenaga bisa dipenuhi dengan mesin.

Baca Juga  Gejala Drive Shaft Rusak : 3 Ciri Dan Penyebabnya

Transmisi biasanya ditemukan pada mobil yang memiliki mesin pembakaran intern yang hasilkan perputaran (perputaran) antara600 sampai 6000 rpm. Dan, roda berputar-putar pada kecepatan perputaran di antara 0 sampai 2500 rpm.

Saat ini, ada dua mekanisme transmisi yang umum, yakni transmisi manual dan transmisi automatis. Ada mekanisme-sistem transmisi yang sebagai kombinasi di antara ke-2 mekanisme itu, tapi ini sebagai perubahan paling akhir yang baru bisa diketemukan pada beberapa mobil berteknologi tinggi dan merek-merek tertentu saja.

prinsip kerja transmisi

Prinsip Kerja Transmisi

Pada awalnya mekanisme ini adalah transmisi yang memakai clutch yang dioperasionalkan sopir untuk atur peralihan torsi dari mesin ke arah transmisi, dan pemindah gigi yang dioperasionalkan dengan tangan (pada mobil) atau kaki (pada motor).

Gigi pemercepatan dirangkai dalam kotak gigi atau gearbox untuk beberapa kecepatan. Umumnya sekitar di antara 3 sampai 6 gigi pemercepatan maju ditambah lagi 1 gigi mundur (R). Gigi pemercepatan yang dipakai bergantung ke kecepatan kendaraan.

Pada kecepatan rendah atau naik dipakai gigi 1 dan sebagainya bila kecepatan makin tinggi. Demikian juga kebalikannya, bila kurangi kecepatan gigi pemercepatan di turunkan, pengereman bisa ditolong dengan pengurangan gigi pemercepatan.

Dalam mekanisme transmisi ada synchromesh yakni peralatan transmisi yang berperan untuk menyamai perputaran antara gigi yang akan dihubung. Hingga, peralihan gigi pemercepatan bisa dilaksanakan secara mulus.

Diatas adalah ulasan terkait apa yang dimaksud transmisi pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Terminal Pada Regulator : 6 Terminal Dan Ulasannya

Ayo Cilacap - - - -