Cara Memasang Gigi Mesin Dongfeng: 7 Cara & Ulasan

Cara Memasang Gigi Mesin Dongfeng – Didalam mesin dongfeng terdapat roda gigi yang pemasangannya tidak bisa sembarangan. Hal ini dikarenakan roda gigi ini berkaitan dengan timing. Lalu bagaimana cara memasang gigi mesin dongfeng?

Gear set atau roda gigi sebagai rangkaian roda gigi yang berperan untuk atur timing gerakan beberapa elemen mesin diesel yang bergerak. Pada mesin diesel dongfeng, jumlah gear set ini berbeda, bergantung dari type dan detail mesin.

Tetapi, pada umunya gear set pada mesin diesel terbagi dalam gear crankshaft, gear camshaft, gear starting, gear oil pump, dan gear balancer. Penempatan masing-masing gear itu harus pas, karena bila tidak pas karena itu mesin diesel tidak bisa hidup.

Gear set mesin diesel ini mempunyai batas usia, hingga apabila sudah waktunya datang, karena itu wajib melakukan pergantian. Apa lagi bila pengisian oli pelumas kurang, karena itu gear itu semakin lebih cepat aus dan mengeluarkan bunyi kasar.

Oleh karenanya, perawatan pada mesin diesel harus jadi perhatian supaya gear set itu lebih tahan lama serta awet. Tetapi, bila sudah waktunya hancur, karena itu wajib melakukan pergantian. Untuk lebih jelasnya terkait cara memasang gigi mesin dongfeng akan diulas lebih jelas pada artikel berikut ini.

cara memasang gigi mesin dongfeng

Cara Memasang Gigi Mesin Dongfeng

Saat sebelum melakukan prosedur pemasangan gigi mesin dongfeng, yakinkan gear set yang baru sudah ada. Dan penting diingat untuk beli gear set harus sesuai type mesinnya. Dan berikut sebagai beberapa cara memasang gear set mesin diesel dongfeng.

  1. Yakinkan oli mesin sudah dikeluarkan lebih dulu supaya tidak bertebaran keluar saat perombakan.
  2. Bukalah cover (tutup) gear set dengan melepas baut penguncinya lebih dulu. Selanjutnya angkat cover secara perlahan-lahan.
  3. Bebaskan gear yang hendak ditukar dengan memakai tracker.
  4. Memasang gear baru. Harus dipahami jika tiap gear mempunyai pertanda berbentuk titik atau angka. Yakinkan pertanda itu sama-sama berjumpa di antara gear yang satu sama yang lain.
  5. Check kembali dengan cara memutar roda edan secara perlahan-lahan sekalian memperhatikan apa tiap pertanda telah betul-betul sama-sama berjumpa.
  6. Apabila sudah percaya, pasang kembali cashing/cover gear dan mengencangkan baut penguncinya. Janganlah lupa lekatkan packingnya lebih dulu. Bila packing hancur, ubahlah sama yang baru supaya oli pelumas tidak bocor.
  7. Isilah kembali oli mesin. Tetapi, apabila sudah hitam pekat, dapat sekaligus ditukar supaya perform mesin lebih optimal.
Baca Juga  Cara Menyetel Lampu Depan Mobil: 9 Prosedur & Ulasan

Diatas adalah ulasan terkait cara memasang gigi mesin dongfeng. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.