Penyebab Mobil Digas Malah Mati : 4 Penyebab & Ulasannya

penyebab mobil digas malah mati

Penyebab Mobil Digas Malah Mati – Beberapa pengendara tentunya pernah mengalami ketika mobil digas malah mati. Tapi dinyalakan kembali tetap dapat dan dapat jalan secara lancar tanpa suara berisik. Hal ini tentunya terdapat berbagai faktor sebagai penyebab mobil digas malah mati.

Sesungguhnya saat pedal gas diinjak, kita buka katup mesin agar udara yang masuk dapat semakin banyak. Tetapi, makin banyak udara yang masuk di silinder mesin juga harus disertai dengan suplai bensin yang semakin banyak. Permasalahannya, saat kita gas mesin terkadang suplai bensin masih statis hingga pembakaran mesin akan missed.

Apabila hal ini terjadi terus menerus tentu akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu perlu diketahui penyebab mobil digas malah mati. Untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab mobil digas malah mati

Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Digas

1. Fuel pump kurang kuat

Penyebab pertama mesin mobil digas malah mati adalah fuel pump. Fuel pump ialah elemen yang memompa bensin dari tanki agar masuk di aliran injeksi bahan bakar. Disamping itu, peranan fuel pump mengendalikan penekanan bahan bakar pada mekanisme injeksi. Tetapi, jika fuel pump alami mall function, penekanan pada fuel pump tetap statis hingga bakal ada kekurangan bensin saat mesin sedang digas.

Mengakibatkan, mesin mobil akan brebet dan pada akhirnya mati. Mesin condong normal kembali saat dinyalakan kembali, tetapi seperti umumnya saat digas akan brebet lalu mati. Permasalahan fuel pump ini dapat karena dari factor socket fuel pump yang kotor, atau karena motor dari fuel pump tersebut telah eror.

Baca Juga  Letak Thermostat AC Mobil: Posisi Dan Ulasan

2. Mekanisme EFI mekanisme bermasalah

Tidak dapat disangkal kembali sekarang ini mekanisme elektronik fuel injeksi telah diaplikasikan dalam hampir setiap mobil baik mobil keluarga atau mobil niaga. Mekanisme ini lebih ringkas sebab kita tidak direpotkan dengan geprekelan-penyetalan karburator karena kehadiran karburator telah ditukar dengan injektor.Tetapi, saat ada permasalahan pada mekanisme EFI karena itu penataan supply bahan bakar akan eror. Mesin yang mati saat digas, umumnya ada juga permasalahan seperti mesin yang brebet di RPM tinggi atau di RPM rendah mesin yang sulit dihidupkan.

3. Koil pengapian kurang kuat

Penyebab selanjutnya terkait penyebab mobil digas malah mati adalah koil. Koil ialah aspek terpenting pengapian mesin, sesaat busi sesungguhnya cuman pengubah energi listrik jadi percikan api. Untuk dapat bekerja menghasilkan percikan bunga api maka koil akan menaikan tegangan aki dari 12 volt jadi 20 KV. Listrik bertegangan tinggi itu langsung dikimkan ke busi untuk proses pemercikan. Saat output tegangan coil lebih rendah, automatis api yang dibuat busi lebih kurang kuat walau anda memakai busi yang terbaik sekalinya. Yang mengakibatkan tegangan output coil menurun ialah factor kualitas coil dan factor penggunaan, jadi saat coil mulai kurang kuat pekerjaan anda hanya menukar coil itu karena itu permasalahan usai.

4. Busi kurang kuat

Yang terakhir penyebab mobil digas malah mati adalah kondisi busi. Peranan busi sebagai pemantik supaya kombinasi udara dan bensin yang menjadi gas, dapat terbakar dengan prima. Langkah kerjanya, busi akan memercikan api saat akhir cara kompresi mesin. Hasilnya berbentuk pembakaran yang hasilkan energi ekpansi, energi itu dipakai untuk menggerakan piston sebagai output energi mesin.

Baca Juga  Posisi Klip Jarum Skep Standar: Standar, Irit, Dan Boros

Api busi yang kecil, sesungguhnya mampu memacu pembakaran dengan intensif rendah. Saat mesin digas (RPM mesin dinaikan) karena itu intensif pembakaran jadi lebih banyak karena itu busi tidak mampu kembali, hasilnya mesin akan pincang saat digas.

Jika busi yang memiliki masalah Hanya satu, umumnya mesin tidaklah sampai mati tetapi jika yang memiliki masalah sampai 3 karena itu mesin akan mati. Saat permasalahan ini tampil, check engine tidak berkedip hingga langsung anda membuka businya untuk dilihat masihkah pantas gunakan atau mungkin tidak.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab mobil digas malah mati yang terdiri dari beberapa faktor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.