Priming Pump Adalah: Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Priming Pump Adalah – Fungsi Priming pump atau fuel suplai pump atau feed pump adalah satu komponen penyusun mekanisme bahan bakar mesin mobil diesel. Lalu apa fungsi priming pump adalah? Apa saja komponennya? Bagaimana cara kerja priming pump?

Dikatakan sebagai priming karena pekerjaan fungsi priming pump ini adalah sediakan bahan bakar untuk dilanjutkan ke pompa injeksi (injection pump).

Ada dua tipe priming pump yang dipakai pada mobil diesel sama sesuai type pompa injeksi yang dipakai, yakni priming pump untuk type in-line dan priming pump untuk type distributor. Agar semakin pahami mengenai fungsi priming pump, komponen dan cara kerjanya, baca penuturannya di bawah ini.

priming adalah

Priming Pump Adalah?

Pada intinya, fungsi priming pump adalah ambil bahan bakar dari bak penyimpanan, selanjutnya salurkannya ke arah pompa injeksi.

Saat sebelum diteruskan ke pompa injeksi, bahan bakar yang sudah dihisap oleh priming pump adalah dilakukan penyaringan lebih dahulu lewat filter solar.

Priming pump ada di pompa injeksi dan dilakukan oleh tenaga dari kutub nok (cam shaft). Selainnya ambil bahan bakar, priming pump dapat berperan untuk keluarkan udara dari mekanisme bakar yang tidak dibutuhkan.

Fungsi Priming Pump

Priming pump adalah berperan ambil bahan bakar dari bak penyimpanan, selanjutnya salurkannya ke arah pompa injeksi. Saat sebelum diteruskan ke pompa injeksi, bahan bakar yang sudah dihisap oleh priming pump disaring lebih dahulu lewat filter solar.

Priming pump ada di pompa injeksi dan dilakukan oleh tenaga dari kutub nok (camshaft). Selain itu pada bagian ini juga dapat keluarkan udara yang tidak dibutuhkan dari mekanisme bahan bakar.

Konsep Kerja Priming Pump

Misalnya, saat bak bahan bakar pada kendaraan mesin diesel kekurangan bahan bakar solar karena itu bisa memunculkan beberapa permasalahan, satu diantaranya mesin diesel itu akan sulit untuk dihidupkan kembali walau bahan bakar solar telah berisi kembali. Hal itu karena saat kendaraan mesin diesel kekurangan solar karena itu udara segera dapat masuk ke mekanisme bahan bakarnya.

Baca Juga  Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head): 6 Fungsi Dan Ulasan

Hingga jika teradapat udara dalam mekanisme bahan bakar diesel itu, karena itu yang didesak pompa injeksi cuman udara dan tidak bisa menghidupkan penekanan hidrolik bahan bakar. Oleh karenanya mesin bisa menjadi benar-benar sulit dihidupkan kembali karena penekanan penginjeksian bahan bakar jadi menyusut.

Untuk itu udara pada mekanisme bahan bakar diesel itu harus dikeluarkan. Pada mesin diesel konservatif (yang lama) udara tidak bisa keluar sendiri. Priming pump berikut yang berperan untuk keluarkan udara dari mekanisme bakar dan menahan berlangsungnya permasalahan itu itu.

Sebetulnya udara bisa masuk ke mekanisme bahan bakar bukan hanya saat mesin diesel kekurangan bahan bakar saja, tapi udara dapat juga masuk saat lakukan perombakan pada mekanisme bahan bakar mesin itu. Hingga jika sesudah lakukan service mesin dengan tugas membedah komponen mekanisme bahan bakar karena itu harus dilaksanakan cara pembuangan udara atau (bleeding).

Walau sebetulnya fungsi priming pump sama dengan pompa injeksi, tapi komponen ini tidak terpindahkan. Karena pompa injeksi tidak bisa isi ruangan bahan bakar dengan cukup saat mobil meluncur pada kecepatan tinggi. Untuk itu mobil memerlukan priming pump yang salurkan bahan bakar terus-terusan walau di saat kecepatan tinggi.

priming pump adalah

Komponen Priming Pump

Priming pump tersusun dari beberapa komponen salah satunya seperti berikut :

1. Priming pump piston

Komponen penyusun priming pump yang pertama adalah piston atau torak. Berikut komponen khusus yang memungkinkannya priming pump sanggup mengisap bahan bakar dari bak penyimpanan. Priming pump piston hasilkan penekanan udara hingga bak penyimpanan masuk keadaan vakum dan bahan bakar bisa terhisap masuk.

Baca Juga  Oil Filter Remover (Oil Filter Wrench): Fungsi & Cara Menggunakan

2. Cek Valve

Komponen selanjutnya adalah cek valve atau katup check. Fungsi dari cek valve adalah menahan berlangsungnya penekanan dari arah yang bersimpangan hingga tidak ada saluran balik (backflow).

3. Filter Solar

Komponen penyusun priming pump yang paling akhir adalah filter solar. Perannya adalah memfilter bahan bakar dari bak penyimpanan saat sebelum diteruskan ke pompa injeksi. Karena ada filter ini, bahan bakar yang masuk ke pompa injeksi juga betul-betul bersih.

​​​​​​​Cara Kerja Priming Pump

Cara kerja priming pump adalah memakai proses konservatif, persisnya memercayakan kontribusi tenaga manusia. Priming pump bekerja dengan memberi respon pada penekanan yang diberi pada pump handle.

Proses penekanan pump handle dengan tangan, karena itu diafragma mekanisme bahan bakar akan bergerak turun. Sementara bagian outlet cek valve dari priming pump juga terbuka hingga bahan bakar bisa mengucur. Di lain sisi, inlet valve tutup untuk menahan saluran balik.

Kebalikannya, saat handle pump dilepaskan, karena itu diafragma akan balik pada tempat awal. Lenyapnya penekanan ini akan hasilkan keadaan vakum. Toko cek valve juga tertutup dan inlet valve terbuka. Bahan bakar masuk ke ruangan pompa injeksi.

Fungsi priming pump pada mobil mesin diesel rupanya sangat penting. Tanpa komponen ini, ruangan pompa injeksi tidak pernah berisi penuh berbahan bakar saat mobil meluncur dalam kecepatan tinggi.

Diatas adalah ulasan terkait priming pump adalah  baik fungsi, komponen, maupun cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -