etiket gambar teknik

Etiket Gambar Teknik : Pengertian, & Cara Membuat

Etiket atau Kepala Gambar – Etiket atau kepala gambar merupakan salah satu bagian pokok pada gambar teknik. Didalamnya terdapat berbagai macam informasi terkait gambar. Lalu apa sih etiket gambar teknik? Apa saja jenis etiket gambar teknik? Bagaimana cara pembuatan etiket gambar teknik?

Kepala gambar sebagai salah satu perihal utama pada gambar teknik. Kepala gambar ini berisi bermacam info yang berbentuk info berkenaan gambar. Etiket gambar ini lebih dikenali dengan kepala gambar. Etiket gambar berada disamping bawah atau bawah sisi kanan.

Dalam pengerjaan etiket atau kepala gambar terbagi dalam beberapa jenis. Bermacam jenis etiket gambar ini mempunyai wujud yang berbeda. Karena itu dalam pembikinannya harus disamakan dengan standard perusahaan yang ada.

Kepala gambar harus ada pada tiap gambar teknik. Ada banyak jenis etiket yang nanti disamakan dengan ukuran kertas yang dipakai. Etiket dapat dipakai pada ukuran kertas dimulai dari A1 sampai A5.

Sesungguhnya dalam cara membuat kepala gambar tidak begitu susah. Tetapi pada tiap proses gambar teknik, kepala gambar teknik perlu dilukis atau dibikin lebih dulu. Untuk lebih jelasnya terkait etiket gambar teknik baik pengertian, fungsi, jenis, dan cara pembuatan.

etiket gambar teknik

Pengertian Etiket Gambar Teknik

Etiket ialah rangkaian info atau info yang ada dalam gambar teknik yang berperan untuk memberi info yang lebih terang berkaitan dengan gambar itu sesuai standard ketentuan yang berjalan dan bisa dimengerti oleh lembaga atau perseorangan berkaitan.

Kepala gambar harus dibikin pada suatu gambar teknik supaya memiliki sifat sah dan bisa berisi info lebih terang. Letak etiket biasanya berada di sudut kanan bawah kertas gambar dengan ukuran sesuaikan dengan ukuran kertas, jenis info dan info apa yang tertera.

Fungsi Kepala Gambar atau Etiket Gambar Teknik

Fungsi etiket gambar adalah untuk berisi beberapa data dan info tentang gambar yang dibikin. Beberapa informasi itu salah satunya yakni judul gambar, ukuran, dan lain-lain.

Jenis Kepala Gambar atau Etiket Gambar Teknik

Kepala gambar terbagi dalam beberapa jenis. Berikut sebagai jenis kepala gambar (etiket gambar ) yang kerap dipakai:

1. Model Sekolah Teknik Mesin (Verein Schweizerischer Maschinen)

Model Sekolah Teknik Mesin (Verein Schweizerischer Maschinen) sebagai salah satunya jenis etiket gambar. Pada etiket model sekolah teknik mesin, kecuali ada info sama dalam etiket standard tetapi ditambahkan keterangan-keterangan yang terkait dengan sisi detilnya seperti rasio, tanggal pengerjaan, pembikin, dan lain-lain. Model sekolah teknik mesin lebih simpel dibanding jenis etiket lain. jenis etiket gambar teknik

Baca Juga  Tipe Tipe Rem Tromol : 7 Tipe Beserta Ulasannya

2. Model Pemilihan Proyeksi

Model Pemilihan Proyeksi sebagai salah satunya jenis etiket atau kepala gambar pada gambar. Pada kepala gambar model pemilihan proyeksi sesungguhnya sama dengan model sekolah teknik mesin atau model vsm. Ketidaksamaan menonjol dari kepala gambar model pemilihan poyeksi dengan vsm yakni pada model pemilihan proyeksi ada kolom untuk tuliskan proyeksi yang dipakai seumpama proyeksi eropa atau proyeksi amerika.

jenis etiket gambar teknik

3. Etiket Gambar Yang dipakai Di Sekolah/Training

Etiket jenis ini diperuntukkan untuk pemakaian dalam rasio training atau sekolah di mana info yang tertera dalam etiket cuman berisi info dasar pada gambar dan tidak berisi info yang lebih detil. Berikut sebagai contoh etiket gambar yang dipakai di sekolah.

jenis etiket gambar teknik

4. Etiket Gambar Professional

Etiket jenis ini diperuntukkan untuk proses pengerjaan gambar yang terkait dengan lembaga tertentu yang berisi gambar secara kompleks karena diperuntukkan untuk pemakaian rasio industri atau project. Karena itu jenis etiket ini harus berisi info yang lebih terinci dan sah.

jenis etiket gambar teknik

Langkah Membuat Kepala Gambar atau Etiket Gambar

Kepala gambar atau etiket gambar adalah sebagai salah satunya sisi penting dalam gambar teknik. Untuk bikin kepala gambar atau etiket gambar maka harus dipahami beberapa bagian dan ukuran yang dipakai. Pada kepala gambar atau etiket gambar ada bagian-bagian yang harus ada karena terhitung standard ISO. Berikut sebagai beberapa bagian kepala gambar atau etiket gambar:

1. Nama Pembuat gambar

Nama pembuat gambar mempunyai fungsi untuk memberi info tentang pembikin gambar.

2. Nama gambar atau judul gambar

Nama gambar atau judul gambar sebagai salah satunya sisi dari kepala gambar atau etiket gambar yang mempunyai fungsi untuk memberi info tentang gambar yang dibikin seumpama potongan baut dan lain-lain.

3. Nama perusahaan atau lembaga

Nama perusahaan atau lembaga sebagai sisi dari kepala gambar atau etiket gambar yang mempunyai fungsi untuk memberi info tentang perusahaan atau lembaga yang membuat gambar itu.

Baca Juga  Cara Kerja Mesin 4 Tak : 4 Langkah Dan Ulasannya

4. Tanggal gambar

Tanggal gambar sebagai sisi dari kepala gambar atau etiket gambar yang mempunyai fungsi untuk memberi info tentang tanggal selesainya gambar dibikin.

5. Tanggal pengecekan dan nama pemeriksa gambar

Tanggal pengecekan dan nama pemeriksa gambar sebagai sisi dari kepala gambar atau etiket gambar yang mempunyai fungsi untuk memberi info tentang tanggal gambar dicheck dan nama pemeriksa supaya gambar betul-betul seperti dan terbebas dari kekeliruan.

6. Nomor gambar

Nomor gambar sebagai salah satunya sisi dari kepala gambar atau etiket gambar yang mempunyai fungsi untuk memberi info tentang identitas gambar yang terbagi dalam nomor-nomor khusus hingga gambar gampang dikenal.

7. Rasio gambar

Rasio gambar sebagai salah satunya sisi dari kepala gambar atau etiket gambar yang mempunyai fungsi untuk memberi info tentang berkenaan rasio gambar yang dipakai atau perbedaan ukuran dari gambar dengan wujud benda aslinya.

8. Bermacam info yang lain dibutuhkan

Bermacam info yang lain dibutuhkan untuk menambahkan info dan info gambar hingga gambar betul-betul terang dan bisa dimengerti oleh seluruh orang baik perencana atau eksekutor seperti prediksi yang dipakai, ukuran kertas, dan lain-lain.

Beberapa bagian dari kepala gambar atau etiket gambar mempunyai ukuran-ukuran yang perlu disamakan dengan standarnya. Baik dengan manual atau memakai computer lewat bermacam software seperti autocad dan lain-lain, tiap gambar harus mempunyai kepala gambar atau etiket gambar. Untuk ketahui ukuran kepala gambar atau etiket gambar teknik karena itu awalnya perlu tentukan garis pinggir gambar berdasar ukuran kertas gambar yang dipakai.

garis tepi gambar teknik

Sesudah membuat garis pinggir sesuai ukuran kertas gambar yang dipakai. Ukuran garis pinggir bisa dipakai bagus di dalam status potrait atau tegak atau landscape atau horisontal. Sesudah garis pinggir dibikin karena itu baru membuat kepala gambar atau etiket gambar. Penyeleksian jenis kepala gambar disamakan dengan keperluan. Berikut sebagai langkah membuat kepala gambar atau etiket gambar teknik.

Di atas sebagai bermacam ulasan berkenaan kepala gambar atau etiket gambar teknik. Baik lewat fungsi kepala gambar atau etiket gambar teknik, jenis kepala gambar atau etiket gambar teknik, langkah membuat kepala gambar atau etiket gambar teknik.

Join the discussion