Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil: Prosedur & Ulasan

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil – Rem tangan sebagai mekanisme pengereman pada mobil yang berperan untuk meredam atau hentikan kecepatan kendaraan. Selainnya saat parkir, rem tangan mobil kerap dipakai di saat lewat di tanjakan atau turunan. Lalu bagaimana cara menggunakan rem tangan mobil? Maksudnya untuk hentikan gerakan mobil supaya kecepatan kendaraan gampang dikontrol. Maka dari itu, Teman dekat harus memahami bagaimana cara menggunakan rem tangan mobil supaya rem tangan terap berperan secara baik dan tidak gampang hancur. Untuk lebih jelasnya terkait cara menggunakan rem tangan mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikutnya.

cara menggunakan rem tangan mobil

Kapan Rem Tangan Mobil Dipakai?

Rem tangan mobil adalah sebuah mekanisme pengereman yang tertancap di semua jenis dan type mobil. Mekanisme pengereman itu bermanfaat agar bisa meredam atau bahkan juga hentikan pergerakan dari sebuah mobil. Karena ada rem tangan, pergerakan mobil sudah pasti semakin lebih gampang untuk dikontrol. Rem tangan ini selalu dipakai saat melewati pengurangan atau melalui tanjakan dan saat parkir. Tanpa rem tangan atau rem parkir ini, saat lakukan pengereman Anda tidak bisa menyambungkan dengan roda belakang. Hingga, mobil bisa jadi bisa bergerak bebas bila diparkirkan di wilayah yang tinggi. Keamanan dan keselamatan berkendara benar-benar tergantung pada rem tangan mobil. Salah satunya contoh peristiwanya adalah Anda dianjurkan tidak untuk mencapai rem pedal kaki, tetapi harus waspada menarik rem tangan saat ban mobil pecah.

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil

Agar mobil tidak alami imbas kerusakan di bagian kampas rem, karena itu lihat selalu bagaimana proses pemakaiannya. Berikut cara menggunakan rem tangan mobil yang benar:

1. Cara Menggunakan di Jalan Tanjakan

Saat ada di jalanan tanjakan dan Anda ingin mulai memakai, jauhi mencapai gas saat sebelum rem dilepaskan. Prosesnya yang betul adalah terlepas rem tangan baru pijak pedal gas. Agar konfigurasinya lebih konstan dan imbang.

Baca Juga  Ukuran Celah Platina: Spesifikasi Standar & Efeknya
Cara ini akan menolong agar kabel rem tidak gampang putus. Untuk dapat kuasai tehniknya, akan lebih bagus bila Anda terus belajar memakai di jalan tanjakan.

2. Saat Parkir dalam Waktu Lama

Rem tangan banyak dipakai untuk parkir, tetapi cuman dalam periode waktu yang pendek. Bila Anda ingin parkir dalam waktu yang lama, seharusnya gunakan penangkal saja atau saran transmisi P pada mobil automatis. Dengan demikian ban tidak terkunci.

3. Menggunakan Rem Mode Stik

Untuk Anda yang menggunakan rem mode stik, ambil tuas dan yakinkan mengeluarkan bunyi empat click sampai 7x. Bila lebih dari itu maknanya setel rem kurang cocok.

4. Cara Menarik yang Betul

Baik itu mencapai atau menarik, Anda tak perlu melakukan terlalu berlebih. Cara yang pas adalah sampai 45 derajat saja hingga kuncian terjadi secara baik pada mobil. Rem tangan mobil harus disetel dengan teratur hingga rem yang aus bisa terdeteksi semenjak awalnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Rem Tangan Mobil

Kenyataannya menggunakan rem tangan mobil tidak dapat asal-asalan. Walau perannya untuk lakukan pengereman, Anda harus pastikan memakainya di saat-saat yang tepat. Penggunaan yang salah umumnya membuat rem mobil jadi hancur. Oleh karena itu perlu diperhatikan cara menggunakan rem tangan mobil yang benar. Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Jauhi Penggunaan Rem Tangan Mobil saat Stop

Untuk semuanya jenis rem tangan mobil, Anda harus menghindar pemakaiannya saat mobil pada kondisi stop. Hal itu mempunyai tujuan supaya kampas rem tangan Anda dapat semakin tahan lama serta awet.

2. Lampu Merah Masih tetap Pijak Pedal Rem

Jauhi menggunakan rem tangan saat lampu merah berpijar, walau keliatannya membuat Anda nyaman dan aman. Tetapi, hal ini dapat membuat Anda jadi tidak siaga dan Anda bisa menjadi tergesa-gesa saat lampu hijau berpijar. Peluang Anda bisa terkejut ketika berada mobil yang tiba mendahului . Maka, jauhi beberapa hal yang tidak membuat Anda konsentrasi.

Baca Juga  Odometer Mobil Tidak Jalan: 3 Penyebab Dan Perbaikan

3. Jauhi Penggunaan Rem Tangan Mobil saat Parkir Terlampau Lama

Bila Anda memilih untuk memarkir mobil dalam periode waktu yang lumayan lama, sedapat mungkin jauhi menggunakan rem tangan. Bila Anda menggunakan mobil automatis, direferensikan supaya masukkan transmisi untuk parkir. Lantas bila Anda menggunakan mobil transmisi manual, seharusnya gunakan pengganjal di bagian ban mobil untuk menghalangi pergerakan mobil Anda. Saat menarik rem tangan aktif, kampas rem melekat dengan tromol. Bila kelamaan melekat, lalu digunakan selanjutnya untuk meluncur dengan hentakan rem yang Anda harap pakem. Kampas rem dapat beresiko terlepas.

4. Lihat Bunyi untuk Rem Tangan Tuas (Stik)

Saat Anda menggunakan rem tangan tuas, umumnya akan keluar bunyi click 4 sampai 7 kali saat diambil. Bila bunyi kedengar lebih dari itu, direferensikan untuk bawa mobil Anda ke bengkel karena ada peluang ada setel yang kurang pas pada rem tangan Anda.

5. Jauhi Mencapai atau Menarik Rem Tangan Terlalu berlebih

Saat cara menggunakan rem tangan pada mobil, seharusnya ambil atau gerakkan rem tangan sekedarnya dan tidak boleh berlebihan. Misalkan, untuk rem tangan tuas atau stik Anda cukup menariknya sepanjang 45 derajat saja. Dengan keadaan itu sebetulnya cukup untuk mengamankan ban mobil Anda supaya tidak bergerak.

5. Jauhi Penggunaan Gas dan Rem secara Bertepatan

Bila Anda berkendara di jalanan yang naik, yakinkan Anda telah melepaskan rem tangan saat sebelum mencapai pedal gas. Komposisi ke-2 nya harus selalu imbang dan konstan selama waktu. Bila ke-2 nya dilaksanakan secara bertepatan akan beresiko membuat kabel rem Anda putus.

Diatas adalah ulasan terkait cara menggunakan rem tangan mobil dan hal hal yang harus diperhatikan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.