Bila Udara Masuk Ke Dalam Bahan Bakar Diesel: Akibat & Penyebab

Bila Udara Masuk Ke Dalam Sistem Bahan Bakar Diesel Mengakibatkan – Terdapat berbagai kendala pada sistem bahan bakar diesel, salah satunya masuknya udara ke dalam sistem ini. Lalu bila udara masuk ke dalam sistem bahan bakar diesel mengakibatkan apa saja?

Udara memiliki sifat kompresan berbeda dengan bahan bakar. Sementara itu pada sistem bahan bakar diesel membutuhkan daya kompresi agar bahan bakar dapat terinjeksi secara sempurna. Tentunya masuknya udara ke dalam sistem bahan bakar diesel ini dapat menyebabkan berbagai masalah.

Oleh karena itu udara tidak boleh sampai masuk ke dalam sistem bahan bakar pada mesin diesel. Untuk lebih jelasnya bila udara masuk ke dalam sistem bahan bakar diesel mengakibatkan apa akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

bila udara masuk ke dalam sistem bahan bakar diesel mengakibatkan

Akibat Udara Masuk Ke Dalam Bahan Bakar Diesel

Bila udara masuk ke dalam sistem bahan bakar diesel bisa mengakibatkan masuk angin pada mesin diesel. Masuk angin sebuah permasalahan yang menerpa mesin diesel yang karena ada beberapa udara di dalam sistem bahan bakar.

Sistem bahan bakar diesel yang memakai solar berlainan dengan mesin dengan bahan bakar bensin. Sistem bahan bakar diesel direncanakan supaya sanggup menyemprot beberapa solar dalam wujud kabutan saat keadaan tekanan kompressi pada pucuknya. Untuk membikin solar dapat berlaku begitu, diesel fuel sistem berpedoman high pressured pump yang dapat tekan solar ke injektor sampai 20.000 Kg/cm2.

Solar bertekanan ini akan dibuat jadi kabutan oleh injektor yang direncanakan khusus. Ketika berada udara baik dalam volume kecil atau besar terjerat di dalam aliran solar, karena itu tekanan bahan bakar jadi tidak konstan karena saat pompa tekan solar, tekanan itu diserap oleh udara yang memiliki sifat dapat dikompresi. Pada akhirnya solar tidak sanggup keluar injektor.

Baca Juga  Penyebab Radiator Panas : 10 Faktor & Cara Memperbaiki

Saat ini, permasalahannya kenapa udara dapat masuk di dalam sistem bahan bakar ? Pada umumnya, saat sebuah sistem mempunyai elemen seperti pemisah dengan udara luar karena itu dapat mempunyai potensi terbuka, hingga masuknya udara ke sistem dapat terjadi. Pada mesin diesel udara dapat masuk lewat beberapa elemen di bawah ini.

Penyebab Udara Masuk Ke Dalam Bahan Bakar Diesel

Setelah mengetahui bila udara masuk ke dalam sistem bahan bakar diesel bisa mengakibatkan apa saja, maka perlu juga diketahui penyebabnya. Berikut penyebab udara masuk ke dalam bahan bakar diesl yaitu:

1. Udara masuk melalui aliran tanki karena kekurangan solar

Penyebab pertama terjadi saat keadaan tanki bbm kosong atau tempatnya sedikit. Ini lumrah terjadi saat tidak ada suplai di dalam tanki, udara akan masuk secara mudah dan tidak cuma sedikit tetapi dalam volume banyak. Hasilnya saat anda lakukan pengisian solar, mesin tetap susah dihidupkan.

Karena letak permasalahannya belum terselesaikan yaitu udara yang masuk ke sistem barusan. Karena itu proses start mesin akan susah, sekarang ini terjadi jangan memaksa untuk selalu distart sebab bisa habiskan voltage battery.

2. Pergantian filter solar

Filter solar masuk di dalam intern fuel suply, yang berposisi ditengah-tengah tengah di antara pompa injeksi dan tanki bbm. Saat anda lakukan penggantrian filter, automatis kita harus buka sauran in dan out solar. Saat berikut sistem bahan bakar terputus dan mengakibatkan udara masuk.

Baca Juga  Roller Standar Beat: Karbu, FI, Dan ESP

Disamping itu, bila mobil anda memakai sistem filter yang dapat langsung diambil tak perlu buka selang bisa juga masuk angin. Saat anda melepaskan element filter, maka ada curahan solar di dalam filter. Proses pemasangan ini membuat ruangan itu kosong. Sebetulnya ruangan itu tidak kosong karena ada beberapa udara di dalam filter.Dan saat mesin dihidupkan, udara itu akan terjerat di dalam sistem fuel.

3. Pelepasan elemen injektor/selang bahan bakar

Selainnya dari solar, injektor sendiri sebagai ujung tombak sistem bahan bakar diesel benar-benar mempunyai potensi mengakibatkan masuk angin. Hal ini sama apabila terjadi error di bagian injektor automatis kita perlu membuka untuk lakukan pembaruan. Apabila dilakukan proses pelepasan injektor maka kemungkinan terjadi udara masuk di dalam selang dan saat injektor terpasang kembali karena itu udara itu akan terjerat.

Jalan keluar dari masaah diesel masuk angin yaitu dengan lakukan proses bleeding. Apakah itu bleeding ? pola ini didalami seperti pembuangan angin pada sistem rem hidrolik, di mana mempunyai watak yang serupa dengan sistem bahan bakar diesel. Tetapi karena sistem bahan bakar tidak mempunyai tuas seperti rem karena itu ada elemen khusus namanya primming pump yang berada pada line sistem bahan bakar diesel.

Diatas adalah ulasan bila udara masuk ke dalam sistem bahan bakar diesel mengakibatkan apa saja dan juga penyebabnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion