Fungsi Thermostat Mobil Dan Cara Kerjanya

fungsi thermostat mobil

Fungsi Thermostat Mobil – Fungsi thermostat mobil adalah atur cairan pendingin yang ada di mesin mobil. Komponen ini harus dirawat secara baik supaya bisa bekerja dengan optimal.

Pada sistem pendingin mobil terdapat berbagai komponen. Salah satu bagian yang sangat penting pada mekanisme pendingin kendaraan adalah thermostat. Oleh karena itu, bagi pengguna kendaraan tentunya tidak asing dengan istilah thermostat ini. Tapi, bagaimana dengan fungsi thermostat tersebut?

Meskipun thermostat merupakan salah satu komponen yang umum digunakan tetapi kebanyakan belum mengetahui fungsi sebetulnya dari komponen itu. Pada artikel ini akan diulas terkait fungsi thermostat mobil, dan cara kerjanya.

fungsi thermostat mobil

Fungsi Thermostat Mobil

Thermostat yaitu bagian dari salah satu mesin kendaraan yang masuk ke dalam mekanisme pendingin. Fungsi thermostat mobil adalah untuk atur cairan pendingin yang ada di mesin mobil. Dalam menjalankan tugasnya pada mekanisme pendingin, fungsi thermostat pada mobil sanggup menahan overheat karena kemampuan mengatur temperatur mesin.

Untuk menjalankan tugasnya maka thermostat memiliki dua katup otomatis yang memiliki fungsi tertentu. Dua katup otomatis pada thermostat berguna untuk mengontrol air panas pada ruangan mesin sama air dingin yang ada di radiator.

Fungsi thermostat pada mobil yang dapat mengoptimalkan panas mesin membuat mesin mobil mempunyai tenaga yang besar. Tentu saja apabila kendaraan tanpa adanya thermostat maka dapat menghilangkan tenaga akibat overcooling.

Thermostat adalah salah satunya komponen penting dalam mekanisme pendinginan mobil, fungsi intinya adalah atur perputaran pendinginan mesin dari radiator untuk menahan berlangsungnya overheat pada mesin. Sementara mekanisme pendinginan mesin berperan agar suhu dalam mesin masih tetap ada pada keadaan yang bagus. Thermostat berada dalam aliran air yang dari mesin ke radiator.

Baca Juga  Fungsi Tensioner: Peran & 3 Jenisnya

Keadaan temperatur bagus pada mesin ada di range 80-92 derajat celcius, karena pada temperatur ini proses pembakaran pada mesin akan maksimal. Di mana tenaga mesin ada pada keadaan terbaik dan penggunaan BBM benar-benar efektif.

Letak Termostat Pada Mobil

Saat sebelum ke arah langsung ke fungsi, Anda harus ketahui jika termostat ini tidak mempunyai penampilan seperti pendeteksi temperatur ruangan. Kemunculannya malah seperti katup metal dengan komponen yang lain.

Wujud dan penampilan itu dipakai karena termostat ini berada pas di lajur selang radiator dan mesin. Termostat sebagai salah satunya bagian khusus dari radiator pendingin mobil. Yang mana pekerjaan dari radiator akan terkait dengan temperatur.

Hal itu bisa dibuktikan karena air pendingin atau coolant dipakai untuk merendahkan panas dari mesin. Cairan coolant yang memiliki temperatur lebih rendah akan menyerap mesin sampai temperatur mesin tidak melebihi temperatur kerja. Oleh karena itu fungsi thermostat mobil sangat berpengaruh pada kinerja mesin.

fungsi thermostat mobil

Cara Kerja Thermostat Mobil

Awalnya telah diterangkan jika fungsi khusus thermostat mobil adalah untuk jaga temperatur mesin ada di titik yang bagus. Cara kerja thermostat akan ikuti performa komponen pendingin mesin lainnya.

Pertama, water pump akan memompa air ke arah mesin yang bakal mengucur lewat water jacket. Pada tahapan ini air akan mengucur disekitaran mesin untuk tangkap temperatur panas yang berada di dalam mesin. Selanjutnya air akan keluar lewat selang dan air akan masuk ke bagian atas radiator.

Baca Juga  Macam Sistem Kelistrikan Mobil : 22 Jenis & Ulasannya

Di proses ini temperatur mesin akan alami pengurangan karena terikut air pendingin yang ada di radiator. Coolant yang memiliki temperatur panas akan dibantu dengan udara untuk melepas panas lewat kisi-kisi radiator untuk selanjutnya didinginkan oleh kipas yang ada dibalik radiator.

Air yang telah turun temperaturnya sesudah lewat kisi radiator akan keluar selang yang ada pada bagian bawah radiator untuk seterusnya kembali dipompa ke arah mesin dan lakukan proses pengurangan temperatur mesin kembali. Proses ini terjadi secara berkali-kali saat mesin bekerja khususnya di saat mesin ada dalam temperatur optimal.

Tetapi di saat mesin ada pada keadaan dingin, air yang berputar-putar ini akan tertutup oleh thermostat agar perputaran air tidak jalan lewat radiator agar mesin mobil bisa capai temperatur maksimal. Thermostat selanjutnya akan terbuka pada temperatur 850-900 derajat celcius untuk memberinya jalan ke air pendingin lakukan proses pendinginan mesin yang melalui radiator.

Secara gampangnya, thermostat berperanan sebagai sakelar pada mekanisme pendinginan mobil. Di saat yang diperlukan, thermostat akan bekerja untuk atur proses pendinginan mesin.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi thermostat mobil, dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.