penyebab injektor tidak nyembur

Penyebab Injektor Tidak Nyembur : 6 Penyebab & Ulasannya

Penyebab Injektor Tidak Nyembur – Persoalan yang umum terjadi pada injektor ialah tidak nyembur. Ada faktor-faktor yang mengakibatkan injektor tersumbat. Lalu apa penyebab injektor tidak nyembur?

Injektor adalah komponen yang memiliki peran untuk menyemprot atau menginjeksikan bahan bakar bertekanan. Tapi harus dimengerti, sebelum disemprotkan bahan bakar sudah dikasih penekanan terlebih dahulu oleh pompa injeksi. Oleh karena itu injektor hanya untuk port atau saluran yang akan menambah penekanan dengan bahan bakar.

Sebenarnya ada berbagai kerusakan pada injektor. Tapi kerusakan yang paling sering adalah injektor tidak keluar bahan bakar. Ini dapat dikarenakan oleh berbagai faktor. Factor yang menyebabkan injektor tidak nyembur sebagai yaitu kerusakan pompa, saluran bocor, kerusakan ecu, kerusakan injektor, dan lain-lain.

Untuk kenali injektor tidak nyembur atau keluarkan bensin perlu dikerjakan berbagai pengujian. Untuk lebih jelasnya terkait Penyebab Injektor Tidak Nyembur akan dibahas pada artikel berikut ini.

penyebab injektor tidak nyembur

Penyebab Injektor Tidak Nyembur

Ada beberapa penyebab injektor yang tidak ingin mengeluarkan bensin atau bahan bakar. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan terkait penyebab injektor tidak nyembur.

1. Kualitas Bahan Bakar Rendah

Kualitas bahan bakar rendah adalah factor yang memunculkan injektor tidak nyembur. Bahan bakar memiliki beberapa jenis dengan berbagai detil lainnya. Sudah pasti semakin tinggi detil bahan bakar memiliki kualitas yang lebih baik. Oleh karena itu gunakanan bahan bakar dengan kualitas yang sama sesuai kepentingan mesin.

Bila kendaraan membutuhkan bahan bakar dengan RON 92 pakailah pertamax plus yang sama sesuai kepentingan. Tapi bila mesin hanya membutuhkan RON 90 pakailah pertamax saja. Kualitas bahan bakar yang baik karenanya tidak akan menghasilkan endapan yang dapat tutup lubang injektor. Hal ini dapat menyebabkan injektor tidak dapat menginjeksikan bahan bakar.

Baca Juga  Penyebab Mesin Diesel Pincang : 8 Penyebab Dan Ulasan

2. Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump) Mempunyai permasalahan

Pompa bahan bakar atau fuel pump mempunyai permasalahan ialah penyebab injektor tidak keluar. Kita ketahui sebenarnya injektor hanya alirkan atau menginjeksikan bahan bakar yang bertekanan. Bahan bakar bertekanan ini dibikin oleh pompa bahan bakar.

Oleh karena itu bila pompa bahan bakar tidak mampu pencet bahan bakar atau jebol karenanya menyebabkan bahan bakar tidak dapat diteruskan ke injektor. Menyebabkan bahan bakar tidak dapat diinjeksikan oleh injektor.

Pompa bahan bakar yang jebol dapat dikarenakan oleh berbagai hal. Penggunaan kualitas bahan bakar dan kerusakan pada filter bahan bakar jadi penyebab khusus pompa bahan bakar jebol. Menyebabkan kotoran yang ada di bahan bakar akan masuk ke pompa bahan bakar yang menyebabkan kerusakan elemen pompa.

3. Kebocoran Saluran Bahan Bakar

Kebocoran saluran bahan bakar ialah penyebab injektor tidak nyembur. Proses bahan bakar ada selang untuk alirkan bahan bakar dari bak ke injektor. Bila ada kebocoran saluran bahan bakar karenanya bahan bakar tidak dapat diteruskan ke injektor. Menyebabkan injektor tidak dapat menginjeksikan bahan bakar ke ruang bakar.

Bahan yang digunakan untuk buat saluran bahan bakar dapat dibikin dari gabungan alumunium dan besi dan karet yang tahan padaat zat kimia. Oleh karena itu mudah sekali alami kerusakan seperti benturan, karat, sobek, dan sebagainya.

4. Kerusakan Electronic Kontrol Unit (ECU)

Kerusakan elektronic kontrol unit atau ECU ialah penyebab injektor tidak nyembur. ECU sebagai otak dari proses EFI yang mengendalikan berbagai proses EFI pada kendaraan. Ini terhitung perform injektor.

Injektor terdiri dari solenoid yang akan berpindah jadi magnet untuk membuka saluran injeksi. Untuk mengendalikan proses penginjeksian karenanya ECU akan mengontrol lamanya arus listrik mengalir ke injektor. Oleh karena itu bahan bakar yang diinjeksikan akan sama sesuai kepentingan mesin.

Baca Juga  Tanda Throttle Body Bermasalah : 7 Gejala Dan Ulasannya

Tapi bila ECU alami kerusakan, karenanya tidak ada arus listrik yang diteruskan ke injektor. Menyebabkan solenoid tidak berpindah jadi magnet dan saluran injeksi tidak terbuka. Oleh karena itu injektor tidak nyembur saat dibutuhkan.

5. Injektor Tersumbat

Injektor tersumbat ialah penyebab injektor tidak nyembur. Bila saluran injeksi tersumbat sudah pasti bahan bakar tidak dapat keluar dari injektor. Menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin tidak ada dan munculkan perform mesin yang tidak maksimal.

Injektor yang tersumbat dikarenakan oleh berbagai faktor. Kualitas bahan bakar termasuk satu diantaranya penyebab injektor tersumbat. Kualitas bahan bakar yang tidak baik akan menyebabkan pengendapan atau kotoran yang dapat tutup saluran injeksi pada injektor.

6. Solenoid Injektor Remuk

Selain injektor tersumbat, solenoid injektor remuk sebagai satu diantaranya penyebab injektor tidak nyembur. Solenoid sebagai komponen khusus injektor yang akan mengontrol pembukaan injektor. Bila ada kerusakan pada solenoid injektor sudah pasti akan menyebabkan injektor tidak mampu membuka dan menginjeksikan bahan bakar ke ruang bakar.

Solenoid terdiri dari kumparan kawat yang akan berpindah jadi elektromagnet bila dialiri arus listrik. Karena terdiri dari kumparan kawat sudah pasti akan rawan alami open circuit atau putusnya kumparan solenoid. Ini akan menyebabkan solenoid tidak dapat berpindah jadi magnet untuk membuka saluran injeksi.

Di atas sebagai pembahasan terkait penyebab injektor tidak nyembur. Ada berbagai penyebab injektor tidak mengeluarkan bahan bakar sampai perlu pengujian seterusnya.

Join the discussion