Penyebab Asap Knalpot Pedih di Mata: 8 Faktor & Ulasan

Penyebab Asap Knalpot Pedih di Mata – Timbulnya gejala asap knalpot mobil pedih di mata mengisyaratkan ada permasalahan mekanisme pembakaran. Khususnya karena pembakaran tidak prima. Lalu apa saja faktor penyebab asap knalpot mobil pedih di mata?

Penting untuk mengetahui penyebab dan sumber permasalahan. Dengan begitu kita semakin lebih gampang saat melakukan proses pembaruan hingga kerusakan dan permasalahan mobil tidak semakin kronis.

Mekanisme pembakaran mobil sebagai salah satunya poin utama sebagai tanda kesehatan mesin. Umumnya, bila mekanisme pembakaran memiliki masalah maka harus segera dilakukan perbaikan. Permasalahan pada mekanisme pembakaran bisa juga dapat diikuti oleh beberapa gejala yang kelihatan atau dapat dirasa langsung. Salah satunya asap knalpot yang pedih di mata.

Permasalahannya pasti harus dideteksi karena ada berbagai faktor berlainan yang dapat menyebabkan masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab asap knalpot pedih di mata akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab asap knalpot pedih di mata

Penyebab Asap Knalpot Pedih di Mata

Umumnya gejala asap knalpot mobil pedih di mata akan disertai gejala asap mobil yang mengeluarkkan bau tertentu. Adapun gejala ini ada karena kandungan bahan bakar yang tidak terbakar dengan baik.

Kandungan bahan bakar berikut yang saat terserang mata karena itu asap akan sangat terasa pedih di mata. Oleh karenanya, bisa dikatan jika jalan keluar menangani permasalahan ini adalah dengan membenahi mekanisme pembakaran mobil.

Bila pertanyaannya adalah kenapa pembakaran tidak prima, karena itu ada banyak hal yang menjadi sumber permasalahan. Berikut penyebab asap knalpot mobil pendih di mata yaitu:

1. Penekanan Kompresi Turun

Penyebab asap knalpot pedih di mata adalah kompresi yang turun. Kompresi pada mobil dapat turun karena ada aus pada elemen ring piston atau silinder. Untuk mengetahui kompresi mobil yang memiliki masalah maka dibutuhkan compression testing sebagai alat pengecek kompresi mobil.

Baca Juga  Power Steering Berat Dan Bunyi: 7 Penyebab Dan Ulasan

2. Modifikasi Settingan Pembakaran yang Kurang Cocok

ECU mobil sebetulnya telah diatur langkah kerja mekanisme pembakaran. Terhitung mengatur perbedaan campuran bahan bakar dan udara. Modifikasi yang sudah dilakukan (terutamanya modifikasi mekanisme ECU) untuk meningkatkan perform mobil pada akhirannya menyebabkan perbedaan bahan bakar dan udara jadi tidak normal. Perihal ini pula yang menyebabkan pembakaran mobil jadi tidak prima dan menjadi penyebab asap knalpot menjadi lebih pedih di mata.

3. Permasalahan di Busi Mobil

Busi mobil menggenggam peranan yang cukup penting dalam mengatur pembakaran mobil. Permasalahan di mekanisme busi sebagai sumber permasalahan asap knalpot pedih atau perih di mata. Permasalahan busi dapat berbentuk busi telah menurun, busi yang kotor dan penuh kerak karbon, busi yang banjir oli, atau karena koil busi tidak layak digunakan.

4. Modifikasi mekanisme ECU kurang pas

Pada mobil yang mengadopsi tehnologi injeksi, elektronik kontrol unit (ECU) mempunyai peranan sebagai pusat dari mekanisme pembakaran. Karena itu, saat perbedaan bahan bakar dan udara tidak normal, mekanisme pembakaran akan terusik dan asap knalpot pedih di mata. Ada peluang ECU alami kerusakan hingga mekanisme pembakarannya tidak prima.

ECU berperan untuk mengatur kombinasi udara dan bahan bakar. Pada mesin mobil konvensional, umumnya penataan ini akan di setel secara hemat atau racing. Bila setelan bahan bakar kebanyakan, daya mobil akan besar. Tetapi, saat RPM tinggi, proses pembakaran bahan bakar tidak bersatu dengan maksimal dengan udara.

5. Injektor bahan bakar bobol

Kendaraan dengan mekanisme injeksi electronic kemungkinan tidak mengalami permasalahan ini karena status injektornya berada di luar ruangan bahan bakar. Tetapi, mobil dengan mesin diesel menggunakan injektor langsung ke ruangan bahan bakar. Injektor diesel harus sanggup mengabutkan solar pada keadaan penekanan kompresi tinggi ke ruangan bahan bakar.

Baca Juga  Cara Mematikan Alarm Motor Vario 150: 3 Prosedur

Saat injektor diesel tidak sanggup mengabutkan, terjadi homogenitas kombinasi bahan bakar yang menyebabkan ketidakberhasilan pembakaran mesin. Nach, saat tersebut bahan bakar tidak terbakar dengan prima hingga menjadi penyebab asap yang keluar knalpot jadi pedih saat di mata. Umumnya, keadaan ini diikuti dengan adanya suara mesin yang pincang.

6. Kerusakan sensor oksigen

Mekanisme pembakaran yang terusik bisa juga disebabkan karena kerusakan sensor oksigen pada aliran exhaust. Sensor itu berperan untuk memastikan pembakaran bahan bakar berjalan secara prima. Misalkan, ketika kandungan bahan bakar yang tidak terbakar, sensor akan mengirimi signal untuk mengurangi suplai bahan bakar ke mesin. Hal ini dapat menjadi penyebab asap knalpot mobil pedih di mata.

7. Kualitas bahan bakar

Pemakaian bahan bakar yang memiliki kandungan bahan bakar jelek dapat menjadi faktor penyebab asap knalpot yang lebih pedih di mata. Disamping itu, bahan bakar dengan oktan dan cetan yang rendah dapat menyebabkan permasalahan di mekanisme pembakaran.

8. Setel bahan bakar yang terlampau kaya

Penyebab terakhir asap knalpot mobil pedih di mata adalah setelan bahan bakar. Baik mesin diesel atau bensin, kombinasi udara dan bahan bakar itu sebetulnya telah ditata oleh ECU untuk beberapa mesin kekinian dengan tehnologi elektronik injection. Permasalahan setelan bahan bakar tak perlu kita pusingkan untuk mobil terbaru.

Akan tetapi pada mesin konvensional di mana kandungan bensin dapat diatur sesuai keinginan. Saat setelan bahan bakar di set terlampau banyak dapat menambahkan daya mesin, tetapi dampaknya ada di knalpot yang dirasa pedih dimata.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab asap knalpot pada mobil pedih di mata. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.