Cara Meluruskan Stir Mobil: 2 Prosedur Dan Ulasan

Cara Meluruskan Stir Mobil – Beberapa hal yang pantas diperhatikan supaya status setir selalu pada kondisi oke dan lurus. Lantas bagaimana prosedur atau cara meluruskan stir mobil?

Tentunya akan menggelisahkan saat berkendara mobil Anda, setir berasa lari ke kanan dan ke kiri. Keadaan setir memberikan indikasi jika keausan pada tiap ban tidak rata, dan dibarengi dengan tanda-tanda getaran pada permukaan ban.

Cara memperbaiki stir miring sebetulnya lumayan gampang. Bahkan juga bila anda punyai alatnya anda dapat memperbaiki sendiri di dalam rumah. Untuk memperjelasnya berkaitan cara meluruskan stir mobil akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Meluruskan Stir Mobil

Saat sebelum proses meluruskan stir mobil perlu diamat atau diperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Data Spooring

Untuk pastikan supaya hasil spooring yang bagus. Yakinkan saat sebelum pembuatan itu dilaksanakan, ditambah minta mekanik spooring untuk menginput angka data spooring yang dapat diperoleh dari tiap manufacturing kendaraan ke piranti alat spooring.

Dengan lakukan hal itu, karena itu bisa ditunjukkan jika hasil spooring-nya juga lebih tepat. Ini karena angka spesifikasi spooring pada tiap kendaraan sudah disamakan dengan konstruksi dan susunan design di bagian setir di mobil Anda. Bila hal itu telah dilaksanakan, biasanya pembuatan spooring bisa dituntaskan dalam kurun waktu yang relatif pendek.

2. Check keadaan kaki – kaki.

Yakinkan keadaan kaki – kaki seperti tie rod, ball joint dan link stabilizier pada keadaan yang prima. Tanda-tanda kerusakan di bagian itu bisa teridentifikasi dari ikut terdengar suara kasar saat melewati keadaan permukaan yang tidak rata ataupun waktu mendongrak mobil Anda lalu pergerakan status roda depan atas dan ke bawah.

Baca Juga  Jarak Ideal Sorot Lampu Mobil: Ukuran Dan Ulasan

Bila dirasa ada yang goyang, karena itu salah satunya dari sisi itu ada yang hancur. Bila proses pembuatan spooring sudah dilaksanakan sama sesuai prosedur, tetapi status setir tidak lurus pada permukaan jalan yang tidak rata. Karena itu check kembali keadaan kaki – kaki pada mobil Anda.

3. Detail Ban

Bila berpikir untuk menukar ban, sebaiknya Anda harus mengenal calon ban yang akan dibeli tidak berarti ban yang dipampang maupun yang akan dibeli. Tidak berarti ban yang dipampang maupun yang akan dibeli betul – betul baru, tetapi saksikan dahulu code tanggal produksinya. Sebagai contoh C4304. Untuk 4 digit paling akhir memiliki kandungan arti, 43 = minggu ke-43, 04= tahun 2004. Disamping itu Anda harus ketahui spesifikasi mobil Anda.

Cara Meluruskan Stir Mobil

Ada dua cara yang dapat dipakai untuk meluruskan stir mobil salah satunya yakni:

1. Menyetel setir

Cara pertama untuk meluruskan stir mobil yakni dengan men-setting kemabli status setir atau roda setir. Untuk ketahui berapa miring status stir anda silahkan di tes jalan pada status jalan yang lurus dan berikan pertanda dengan memakai pensil supaya gampang untuk di membersihkan, sesudah didapatkan status kemiringannya seterusnya bedah stir.

Pertama terlepas sekrup dengan memakai obeng plus pada bagian bawah stir, sekrup ini adalah pengunci steering pad yang dipakai untuk membunyikan klakson,sesudah lepas bakal ada mur 19 terlepas yang dipakai mengikat steering wheel dengan steering coloumn terlepas mur itu berhati-hati saat melepaskan mur ini karena umumnya lumayan keras.

Baca Juga  Ciri-Ciri Thermostat Vixion Rusak: 7 Gejala Dan Perbaikan

Sesudah stir lepas anda dapat geser tempatnya ke kanan atau kekiri sesuai status yang lurus, karena mode shaftnya adalah bergerigi jadi mudah sekali tinggal angkat stir , geser dan mengencangkan kembali, saat sebelum anda tutup steering padnya anda dapat tes jalan kembali apabila sudah betul-betul lurus anda dapat atur semua.

cara meluruskan stir mobil

2. Menyetel Tie Rod (Spooring)

Cara yang ke-2 untuk meluruskan stir mobil yakni men-setting tierod. Triknya adalah meredam status tie rod end (no 1) dengan kunci inggris dan kendorkan mur di long tie rod (no 2) sesudah kendor putar dengan memakai kunci cocok 14 pada bagian no 3 putar long tie rod di kiri atau ke kanan sekitaran 45-90 derajat, bila samping kanan di panjangkan karena itu samping kiri di pendekkan dengan begitu akan mengubah status setir untuk kembali lurus, mengencangkan kembali mur long tie rod dengan kuat

Cara ini cuman bisa dilakukan saat pojok kemiringannya sedikit tidaklah sampai satu gigi, karena bila di putar berlebihan contoh satu putran penuh pada long tie rod dicemaskan akan mengubah stelan spooring dan membuat stir jadi narik atau stir tidak konstan

Karena status long tie rod tersambung dengan sisi depan roda karena itu saat stir masih miring ke kiri sisi long tierod kanan yang di panjangkan kiri yang di pendekkan, begitupun kebalikannya.

cara meluruskan stir mobil

Diatas adalah ulasan terkait cara meluruskan stir mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.