Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk: 11 Faktor & Perbaikan

Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk – Penyebab gigi persneling mobil tidak bisa masuk pasti akan mencelakakan. Sopir bisa hilang fokus karena gigi persneling susah masuk. Lalu apa saja penyebab persneling mobil tidak bisa masuk? Bagaimana cara mengatasinya?

Tidak menutup peluang jika kecepatannya makin tidak teratasi dan beresiko menyebabkan kecelakaan fatal. Jika anda tidak selekasnya tangani permasalahan ini di mana penyebab persneling mobil tidak bisa masuk dan keras itu bukan hal remeh.

Anda perlu memerhatikan jika hal itu dilandasi beberapa faktor tertentu dan perlu dilihat dengan cermat, tapi umumnya karena kelengahan dalam pengatasan atau umur kendaraan yang cukup tua.

Maka dari itu bisa jadi referensi terbaik untuk anda yang memiliki kendaraan beroda 4 dan mengalami masalah itu. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab persneling mobil tidak bisa masuk dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab persneling mobil tidak bisa masuk

Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

Terdapat berbagai faktor penyebab persneling mobil tidak bisa masuk diantaranya yaitu :

1. Kabel Kopling Keras dan Macet

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk yang pertama adalah kabel kopling keras bahkan juga macet. Tidak bisa disangkal jika permasalahan itu disebabkan karena karat bahkan juga kehadiran kotoran dalam kabel kopling. Kabel yang berkarat akan membuat jarak gesek antara kopling makin pendek.

Efeknya adalah kopling tidak akan lepas secara prima dan roda gigi di bagian transmisi akan sulit berputar-putar. Roda yang sulit berputar-putar dengan normal akan menyebabkan proses masuk gigi makin keras bahkan juga lebih sulit.

2. Kebocoran Fluid pada Master Kopling

Selain itu kebocoran fluida di master kopling juga dapat menjadi penyebab persneling mobil tidak bisa masuk. Anda perlu ketahui jika master kopling berperanan sebagai pengubah pergerakan secara mekanis dari pedal ke arah penekanan hidrolik lewat aliran pipa minyak kopling.

Bila ada kebocoran fluid alias minyak di bagian itu, karena itu penekanan yang dibuat juga tidak akan prima seperti umumnya.

Poin utama yang penting jadi perhatian adalah penyebab persneling mobil tidak bisa masuk dan keras karena kebocoran fluid adalah gerakan kopling tidak akan lepas secara normal dan makin pendek, dan roda gigi transmisi akan susah masuk gigi dan masih tetap berputar-putar.

3. Kabel Tuas Persneling Pecah

Hal seterusnya yang mengakibatkan persneling mobil tidak bisa masuk adalah kabel tuas persneling pecah.

Kerusakan itu umumnya kelihatan di bagian ujungnya dan anda bisa menyambungkan tuas transmisi yang ada dalam kabin bersama selector transmisi dengan menggunakan kabel transmisi yang ujungnya telah dipertambah blushing.

Anda harus ketahui jika blushing itu dibikin dari material dasar karet atau teflon yang kelamaan digunakan bisa usai hancur bahkan juga pecah.

Ini juga mengakibatkan perubahan selektor dengan tuas transmisi makin tidak prima, dan gigi persneling mobil makin sulit masuk.

4. Kampas Kopling Habis

Selainnya free play, penyebab lain gigi persneling tidak bisa dipindahkan karena kampas kopling telah tipis. Jalan keluarnya pasti berlainan. Jika kampas kopling telah tipis secara automatis, tenaga yang dilanjutkan tidak optimal.

Pada tanda-tanda awalnya umumnya kendaraan akan bisa jalan di saat perputaran mesin tinggi (kendaraan baru bisa jalan di saat pedal gas diinjak secara dalam). Bila rupanya peralihan gigi tidak bisa dilaksanakan karena kampas kopling yang tipis, penuntasannya adalah dengan menukar kampas kopling sama yang baru.

Baca Juga  Cara Menyetel Komstir Motor: 13 Prosedur Dan Ulasan

Khusus kopling dengan mekanisme hidrolik, kebocoran pada minyak kopling bisa mengakibatkan gigi transmisi mobil sulit ‘di-oper’, bahkan juga tidak bisa masuk sama sekalipun. Penuntasannya harus dengan menukar elemen yang mengakibatkan kebocoran itu. Misalkan, karet-karet master silinder kopling (silinder kopling atas) dan silinder kopling bawah.

5. Perputaran Udara Tidak Konstan pada Lajur Pipa Master Kopling

Anda perlu memerhatikan lajur pipa master kopling yang dikenali sebagai lajur minyak untuk menghubungkan penekanan dari pedal kopling ke sisi master bawah.

Aliran itu harus berisi sampai penuh oleh minyak kopling, tetapi pada keadaan tertentu akan ada perputaran udara yang tidak keluar dengan konstan pada lajur pipanya.

Ini umumnya disebabkan karena evaporasi karena panas pada minyak kopling dan hasilkan udara dalam aliran itu karena saat penggantian minyaknya tidak terjadi proses bleeding alias buang angin.

Angin yang sulit keluar akan memunculkan penekanan yang dibuat pedal makin tidak imbang dengan penekanan yang dibuat untuk menggerakkan kopling sampai lepas prima, hingga gigi persneling mobil anda makin sulit masuk ke dalam.

6. Free Play Pada Kopling Terlampau Besar

​​​​​​Masalah ini bisa ada pada kendaraan bertransmisi manual. Pada banyak kasus, mesin pada kondisi mati bisa mengubah persneling dan masuk ke status 1,2,3 dst. Sementara saat mesin pada kondisi hidup, peralihan gigi berasa cukup keras bahkan juga susah masuk atau tidak bisa berpindah gigi mana saja.

Terang, ini sangat mengusik. Jika dipaksa, karena itu gigi pemercepatan pada transimisi akan hancur atau keluarkan bunyi yang kasar di saat jalan.

Pengatasan kasus di atas sebenarnya gampang saja. Permasalahan semacam itu bisa ada, satu diantaranya, karena setel free play (gerak bebas) pedal kopling terlampau besar. Jika penyebab persneling mobil tidak bisa berpindah gigi adalah setel free play yang terlampau bebas, karena itu penuntasannya bisa dengan lakukan penyetelan ulang.

Untuk lakukan penyetelan, harus dipahami dahulu mengenai mekanisme pendorong kopling yang biasanya ada di mobil. Pada intinya mekanisme pendorong kopling ada dua jenis. Pertama, memakai kabel sebagai penerus pijakan pedal kopling ke mekanisme kopling yang berada di rumah kopling (belakang mesin). Ke-2 , kopling dengan mekanisme pendorong hidrolik.

7. Shift Fork Aus

Penyebab gigi persneling mobil susah tidak bisa masuk adalah karena ausnya shift fork khususnya pada segi yang terkait dengan hub sleeve pada synchromesh, yakni sisi ujung dari shift fork. Segi ujung ini mempunyai ketebalan yang cukup sehngga bisa tersambung dengan hub sleeve tanpa oblak.

Saat terjadi keausan, karena itu jalinan di antara shift fork dan hub sleeve bisa menjadi kendur dan oblak. Ini akan kurangi jarak perubahan yang dibutuhkan supaya gigi bisa tersambung. Mengakibatkan, saat shift fork ini alami keausan, karena itu gigi persneling jadi susah masuk.

8. Lajur pipa master kopling kotor

Lajur pipa master kopling bekerja salurkan pelumas atau minyak untuk menghubungkan penekanan dari pedal kopling ke sisi master kopling. Aliran pipa itu sebenarnya harus berisi sampai penuh oleh minyak kopling, tetapi pada keadaan tertentu akan ada perputaran udara yang tidak keluar dengan konstan pada lajur pipanya.

Hal itu umumnya disebabkan karena evaporasi karena panas pada minyak kopling dan hasilkan udara dalam aliran itu karena saat penggantian minyaknya tidak terjadi proses bleeding alias buang angin.

Baca Juga  Indikator Airbag Menyala: 4 Penyebab Dan Ulasan

Mengakibatkan angin yang sulit keluar akan memunculkan penekanan yang dibuat pedal makin tidak imbang dengan penekanan yang dibuat untuk menggerakkan kopling sampai lepas prima, hingga gigi persneling mobil makin sulit dioperasionalkan.

Bila hal itu terjadi, jalan keluarnya adalah menukar minyak sama yang baru, tentu saja dengan proses bleeding lebih dulu supaya aliran tidak berisi dengan angin.

9. Kabel tuas persneling pecah

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk gigi seterusnya adalah kabel tuas persneling pecah. Kerusakan pada kabel tuas persneling itu umumnya dikarenakan oleh factor umur.

Apabila mobil telah berumur lebih dari 10 tahun terjadi kemungkinan pada kerusakan kabel tuas persneling besar. Karena itu bila dirasa persneling mulai geret untuk dipindah, selekasnya kerjakan pengujian dan ditukar sama yang baru.

10. Bushing kabel tuas persneling oblak / pecah

Hal selanjutnya sebagai penyebab gigi persneling mobil susah masuk adalah bushing yang ada di ujung tuas kabel persneling telah oblak atau pecah. Untuk menyambungkan tuas transmisi dalam kabin dengan selektor transmisi, sering dipakai kabel transmisi yang ujungnya diperlengkapi bushing.

Bushing ini umumnya dibuat berbahan karet atau teflon yang makin lama dipakai bisa pecah atau oblak. Bushing yang pecah dan oblak membuat perubahan tuas transmisi dengan selektor jadi tidak tepat. Mengakibatkan gigi persneling mobil susah masuk.

11. Input shaft spline transmisi berkarat

Hal selanjutnya yang menjadi penyebab gigi persneling mobil tidak bisa masuk adalah karat pada input shaft spline di transmisi. Input shaft spline di transmisi ini tersambung langsung dengan kampas kopling (Clutch disc).

Ketika kopling bebas (pedal tidak dinjak), perputaran mesin di lanjutkan oleh kampas kopling dengan memutar input shaft spline di transmisi ini. Saat input shaft spline ini berkarat, dia akan mengikat kampas kopling.

Mengakibatkan, saat pedal kopling di pijak, kampas kopling yang semestinya tidak turut berputar-putar, jadi turut berputar-putar karena melekat dengan input shaft dan clutch cover. Ini akan menyebabkan roda gigi transmisi masih tetap berputar-putar hingga gigi persneling mobil susah masuk.

11. Synchromesh ring dalam transmisi telah aus

Hal terakhir sebagai penyebab gigi persneling mobil tidak bisa masuk adalah ausnya synchromesh ring dalam transmisi. Synchromesh ring ini berperan untuk menyamai perputaran di antara roda gigi transmisi. Perputaran yang serupa akan membuat proses peralihan gigi jadi lebih gampang dan lembut.

Saat synchromesh ring ini mengalamai keausan, karena itu proses untuk menyamai kecepatan di antara masing-masing roda gigi akan makin sulit dan mengakibatkan gigi persneling mobil susah masuk.

Cara Mengatasi Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

Ada jalan keluar efisien penyebab persneling mobil tidak bisa masuk bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Satu diantaranya adalah menukar kampas kopling sama yang baru jika keadaannya telah tipis karena mencelakakan pengendara saat mobilnya dihidupkan.

Anda pun bisa tiba ke bengkel sah untuk menukar beberapa elemen khusus seperti karet master silinder kopling bila muncul kebocoran pada minyak kopling yang mengakibatkan gigi transmisi cukup sulit dipindah.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab perneling mobil tidak bisa masuk dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.