Fungsi Needle Valve: 4 Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Needle Valve – Fungsi needle valve merupakan salah satu bagian dari elemen di karburator wajib buat di ketahui. Lalu apa peran needle valve secara umum? Bagaimana cara kerjanya?

Valve atau katup adalah satu alat yang dipasang pada sistem perpipaan, yang berfungsi untuk mengatur dan mengarahkan pergerakan saluran fluida dengan cara membuka atau tutup beberapa saluran fluida. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi needle valve, dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi needle valve

Apa Itu Needle Valve?

Needle valve adalah tipe katup dengan port kecil dan plunger berwujud kerucut yang memiliki fungsi paling tepat dalam mengatur saluran. Untuk membuka dan tutup valve dilaksanakan dengan cara memutar tangkai handle yang tersambung dengan plunger.

Needle valve mempunyai daya penurun penekanan dari inlet ke outlet yang relatif besar. Pada biasanya dipakai untuk pergerakan saluran rendah. Tetapi valve ini mempunyai tipe khusus yang dipakai untuk penekanan dan suhu tinggi.

Ukuran valve relatif kecil, dimulai dari 1/8 inch sampai 2 inch saja. Needle valve benar-benar pas untuk saluran gas, udara, dan untuk cairan bersih. Penggunaan needle valve disamakan dengan penekanan, ukuran atau tipe bahan valve – yang pada biasanya dibuat berbahan kuningan dan stainless steel.

Fungsi Needle Valve

Needle valve dapat dijumpai nyaris setiap industri yang membutuhkan kontrol saluran. Dibanding dengan katup diafragma, needle valve dapat menangani beragam penekanan diferensial. Tipe valve ini dipakai dalam service instrument, pengukuran, dan meteran. Valve ini bisa dipakai untuk kepentingan proses throttling karena benar-benar tepat, dan dapat dipakai pada penekanan dan suhu yang tinggi.

Baca Juga  Fungsi Backing Plate Pada Rem Tromol & Ulasan

Peran dari needle valve dapat diterapkan untuk saluran uap, gas, minyak, udara, dan cairan yang bersih. Cairan kental, dan kotor benar-benar tidak pas, sebab bisa mengakibatkan penyumbatan pada ujung plunger. Valve ini banyak juga dipakai dalam beragam industri, seperti pembangkit listrik, oil dan gas, cooling, instrumentation, dan lain-lain.

Bila diurut karena itu, fungsi needle valve adalah :

  1. Untuk membuka dan tutup saluran.
  2. Membatasi volume saluran.
  3. Mengatur dan menjaga penekanan saluran.
  4. Mengatur sistem penekanan tertentu dalam pipa.

Fungsi Needle Valve Pada Karburator

Terdapat berbagai penggunaan needle valve, salah satunya pada karburator kendaraan. Penggunaannya di sistem pelampung yang akan mengatur banyaknya bahan bakar yang mengalir ke karburator. Dengan kata lain peran dari needle valve pada karburator juga seperti penggunaan needle valve pada sistem atau mekanisme lainnya.

Dengan adanya bagian ini maka karburator dapat berfungsi dengan baik. Pengaturan bahan bakar yang tepat membuat campuran bahan bakar dan udara tepat dan mesin dapat bekerja dengan optimal.

Cara Kerja Needle Valve

Cara kerja needle valve sangat sederhana. Needle valve bekerja memakai perputaran dari handle yang akan menggerakkan dan menarik plunger dalam body valve. Plunger ini berwujud kerucut serupa jarum, dan akan bergerak naik atau turun bergantung perputaran handle.

Saat handle diputar penuh kekanan, plunger (yang berbuntut lancip) bergerak turun melekat rapat pada seat valve, dengan begitu lajur saluran akan tertutup. Dan kebalikannya, saat handle diputar penuh kekiri, plunger akan bergerak naik, lajur selanjutnya terbuka untuk dapat dilewati saluran.

Baca Juga  Komponen Throttle Body: 3 Bagian Dan Ulasannya

Seat valve atau tempat dudukan plunger memiliki wujud kerucut sesuaikan wujud dari plungernya. Hingga dapat melekat dan tutup saluran dengan sangat dekat.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi needle valve, dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.