water jacket adalah

Water Jacket Adalah : Fungsi Dan Cara Kerja

Water Jacket Adalah – Water jacket adalah salah satunya komponen mekanisme pendingin pada kendaraan. Fungsi water jacket pada mekanisme pendingin mobil sangat penting. Lantas water jacket adalah?

Apabila dilihat kondisi, maka dapat diketahui fungsi water jacket pada mobil sebagai penyeimbang suhu kendaraan. Tiap mesin kendaraan bermotor akan menghasilkan panas dari proses pembakaran yang telah dilaksanakan.

Penyebab mesin mobil cepat panas biasanya karena ada kerusakan pada radiator dan thermostat. Jika mesin yang mempunyai suhu pasan masih tetap didiamkan tanpa proses pendinginan karena itu bisa mengalami overheat sampai berefek merusak komponen lain.

Oleh karenanya water jacket harus bisa bekerja yang baik. Berkaitan water jacket, baik fungsi atau cara kerja pada mobil akan dibahas pada artikel di bawah ini.

water jacket adalah

Water Jacket Adalah?

Water jacket adalah istilah untuk menamai sebuah ruang dalam mesin mobil sebagai tempat untuk simpan air pendingin.

Sebagai segi dari proses pendinginan, air ini selanjutnya akan bersirkulasi dan menyerap panas mesin. Water jacket dibikin memutari silinder liner mesin. Oleh karena itu, komponen ini berada pada bagian silinder block dan silinder head.

Bentuk water jacket yang ada di silinder block dan silinder head seperti lingkaran atau setengah lingkaran yang saling terhubung sebagai jalur aliran water coolant. Melalui ruangan ini, water coolant akan mengalir di sekitar liner blok silinder untuk proses pendidikan.

Baca Juga  Fungsi Roda Penerus (Flywheel) : 4 Peran & Cara Kerja

Fungsi Water Jacket

Fungsi water jacket pada kendaraan khususnya mekanisme pendinginan adalah sebagai ruangan tempat mengucurnya water coolant saat bersirkulasi dalam mesin.

Water coolant ini akan bersirkulasi dan mempernyerap kalor panas dari beberapa komponen mesin yang ikut serta di proses pembakaran. Walaupun kesannya betul-betul sederhana, peran ini penting.

Selain itu water coolant juga sebagai tempat tampungan sementara water coolant setelah melakukan penyerapan. Baru seterusnya akan diteruskan ke radiator setelah katup pada thermostat terbuka agar air mendapat pendinginan.

Setelah itu water coolant akan disalurkan kembali masuk ke water jacket untuk dipakai kembali menyerap panas dari mesin. Siklus ini terjadi terus menerus.

Cara Kerja Water Jacket

Jika mesin dibedah ada ruangan khusus namanya water jacket. Sisi ini dibikin untuk memutari silinder liner mesin. Tentunya, water jacket dapat ditemukan di sekeliling kepala silinder maupun blok silinder.

water jacket adalah

Pada silinder block (blok mesin) dan cylnder head ini, water jacket ada yang seperti kelihatan lubang saja dan ada pula yang seperti kelihatan sebuah ruangan yang memutari silinder liner mesin.

Di dalam komponen ini akan berisi penuh oleh air pendingin mesin yang terhubung dengan radiator. Akibatnya aliran water coolant akan menyelimuti dinding silinder liner mesin langsung.

Fungsi water jacket adalah sebagai ruangan yang digunakan untuk bersirkulasinya water coolant pada mesin. Water coolant ini digunakan untuk menyerap panas yang dibikin mesin langsung.

Baca Juga  Sistem Pengapian Elektronik : Pengertian, Komponen, Cara Kerja

Air pendingin bersuhu panas yang berada di dalam water jacket ini kelak akan diteruskan ke radiator setelah katup pada thermostat terbuka untuk mendapatan proses pendinginan di radiator.

Selain lainnya, air pendingin yang bersuhu dingin dari radiator akan di alirkan masuk ke water jacket untuk digunakan kembali sebagai penyerap panas mesin.

Putaran air pendingin dalam mesin ini selalu akan jalan sejauh mesin bekerja buat menjaga suhu kerja mesin sampai mesin tidak alami overheat karena panas terlampau berlebihan.

Di atas adalah pembahasan berkaitan water jacket baik fungsi atau cara kerjanya. Water jacket adalah komponen mekanisme pendingin yang mempunyai peranan penting. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion