Cara Mengecek Busi Mobil Mati atau Hidup: Tips Trik Lengkap

Cara Mengecek Busi Mobil Mati atau Hidup – Busi mobil yang mengalami kerusakan bisa mengganggu kerja mesin dan pada keadaan tertentu tenaga akan menyusut. Lalu bagaimana cara untuk mengecek busi mobil mati atau masih hidup?

Walau memiliki ukuran kecil, busi mempunyai peranan yang penting untuk mobil. Benda ini mempunyai kekuatan yang berpengaruh pada hidup matinya mesin mobil. Persoalan ini biasanya terjadi pada mobil yang cukup tua.

Pemilik mobil harus mengetahui bagian utama yang ada pada mobil untuk menangani bila terjadi permasalahan. Satu diantaranya adalah bagaimana langkah untuk mengecek busi mobil hidup atau mati. Hal ini untuk memperhitungkan berlangsungnya masalah yang bisa mengganggu perjalanan.

Sama dalam artikel ini yang akan mengulas bagaimana cara atau langkah yang bisa dikerjakan sendiri untuk mengecek busi dalam mobil hidup atau mati. Berikut ulasan terkait cara mengecek busi mobil mati atau hidup.

cara mengecek busi mobil mati atau hidup

Cara Mengecek Busi Mobil Mati atau Hidup

Busi jadi komponen dasar yang paling punya pengaruh pada hidup atau tidaknya mesin. Cara mengecek keadaan busi mobil mati atau hidup bisa dilaksanakan lewat mekanisme seperti berikut:

  1. Membuka kap mesin.
  2. Hidupkan mesin. Bila memungkinkannya, naikkan RPM atau setel gas.
  3. Cabut satu per satu kabel busi (masih tetap siaga bila ada kebocoran kabel busi karena strum listriknya cukup mencengangkan). Oleh karena itu seharusnya pakai sarung tangan.
  4. Lihat juga saat pencabutan kabel busi. Jika busi itu normal karena itu RPM mesin dapat berbeda dan busi yang memiliki masalah tidak berpengaruh pada peralihan RPM. Bila benar ada peralihan, RPM akan berbeda cuma sedikit saja.
  5. Bandingkan busi yang sudah Anda cabut dengan busi yang lain untuk menguji kenormalan.
  6. Bila busi itu diindikasi mati, coba untuk bersihkan atau bahkan juga menukarnya. Sebaiknya menukar busi dan memasangkan busi yang normal (tidak harus baru).
  7. Jika busi telah ditukar tapi hasilnya sama yaitu mesin tidak ingin berpijar, seharusnya tukar kabel busi. Tetapi, bila busi masih diindikasi mati sesudah tukar kabel, karena itu bisa ditegaskan jika kabel busi memiliki masalah atau putus. Harus Anda harus menukarnya buat menuntaskan permasalahan busi mati itu.
Baca Juga  Cara Membuat Setir Manual Ringan: 5 Cara & Ulasan

​​Gejala Kerusakan Pada Busi Mobil

​​​​​Setelah mengetahui bagaimana cara mengecek busi mobil hidup atau mati maka perlu diketahui apa saja gejala kerusakan pada busi. Jika Anda alami permasalahan ini, berikut pertanda yang mungkin muncul:

1. Warna kedaluwarsa atau coklat

Warna kemerah merahan atau kekuning kuningan. Ini memiliki arti ada udara panas pada mesin terlalu berlebih. Umumnya, permasalahan ini muncul karena pendingin mesin memiliki masalah juga.

2. Terjadi kerak atau gosong

Jika terjadi hal semacam itu memberikan indikasi ada kekeliruan yang terjadi di bagian penataan bahan bakar. Oleh karena itu, dibutuhkan pengujian perangkat kelistrikan dan saluran bensin.

3. Busi meleleh

Busi yang meleleh memvisualisasikan keadaan elektroda yang meleleh atau gosong sebagai akibatnya karena kebocoran mesin atau permasalahan kompresi yang mana beberapa oli ikut terbakar juga pada mesin.

4. Kerak di kepala busi

Tanda-tanda ini memperlihatkan penataan bahan bakar jelek yang berpengaruh pada kebocoran di bagian sill klep. Akhirnya, busi juga bungkusukan oli itu.

5. Busi basah

Busi basah datang dari beberapa sisa pelumas yang melekat pada kepala busi dan elektroda. Maka dari itu, periksalah irama atau timing pengapian. Disamping itu benahi bahan bakar.

Begitu keterangan berkenaan cara mengecek busi mobil mati atau masih hidup. Bila Anda telah ikuti beberapa langkah yang sudah diterangkan di atas tetapi mobil Anda tidak memperlihatkan perubahan, maka perlu seorang yang pakar di sektornya untuk menangani permasalahan ini.

Baca Juga  Ciri Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah : 3 Gejala Dan Penyebab

Ayo Cilacap - - - -