Motor Panas Mati Dingin Hidup Lagi: 7 Faktor & Ulasan

motor panas mati dingin hidup lagi

Motor Panas Mati Dingin Hidup Lagi – Penyebab motor panas mati dingin hidup lagi dan dingin hidup lagi kadang membuat pengendara berasa kebingungan. Bila ini terjadi, tentu membuat cemas pengendaranya. Lalu apa saja penyebab motor panas mati dingin hidup lagi?

Saat motor mati tiba-tiba, anda dalam lokasi jalan yang jauh dari bengkel. Kemungkinan untuk pengendara yang mengetahui sedikit mengenai otomotif, dapat menanganinya. Tetapi untuk orang pemula yang tidak ketahui, pasti cemas dan berasa kebingungan.

Ada banyak hal yang harus dipahami kenapa mesin motor mati saat keadaan panas. Bila anda pahami apa yang mengakibatkan ini terjadi, secara mudah dapat menanganinya. Ada banyak hal yang menjadi factor pemicunya.

Seharusnya tidak boleh cemas saat kondisi ini anda alami. Berikut ulasan terkait motor panas mati dingin hidup baik penyebab maupun cara mengatasi pada artikel berikut ini.

motor panas mati dingin hidup lagi

Motor Panas Mati Dingin Hidup Lagi

Faktor-faktor yang dapat mengakibatkan motor mati tiba-tiba dapat ditangani, terhitung keadaan mesin yang panas. Ada banyak hal yang dapat memengaruhi persoalan ini ada atau menyebabkan timbulnya motor panas mati dan dingin hidup lagi. Berikut beberapa penyebab motor panas mati dingin hidup lagi yaitu:

1. Kekurangan Oli

Penyebab pertama motor panas mati dingin hidup lagi yakni dapat karena oli motor yang kurang. Bila motor kerap dipakai untuk perjalanan jauh, akan berpengaruh mesin jadi panas. Ini berbuntut oli bisa keluar lewat pori-pori pengendapan mesin. Bila oli mesin pada keadaan kurang, bisa juga punya pengaruh pada kurang kuatnya piston ring.

Hingga menyebabkan motor keluarkan asap putih lewat knalpot. Permasalahan ini bisa juga berpengaruh busi terserang oli hingga membuat tidak gampang bertahan lama. Pada akhirnya mesin akan menyebabkan makan oli dan jadi panas. Kekurangan oli berikut yang dapat memunculkan motor mati tiba-tiba jadi ngancing.

2. Pengapian yang Kurang kuat

Penyebab motor panas mati dingin hidup lagi yang lain yakni ada pengapian motor yang kurang kuat. Pengapian motor kerap menurun atau tidak kuat panas.

Elemen spul api pada motor dapat menurun hingga hal itu dapat berbuntut mesin pada keadaan panas dan mati mendadak. Ini dapat disebabkan elemen motor spul yang telah berumur.

Juga bisa muncul karena spulnya eror atau cacat hingga beradu api di antara satu sama lainnya. Bila ini terjadi, dapat check kabel hitam daftar merah dari spul sisi bawah.

Baca Juga  Air Wiper Mobil Yg Bagus: 10 Merk Beserta Harganya

Caranya yaitu lekatkan kabel di bagian mesin dan putar mesin motor dengan cara kick starter. Dari sini anda dapat mengaitkan apa masih tetap ada pengapian atau mungkin tidak.

3. CDI Memiliki masalah

Selainnya ke-2 permasalahan itu, penyebab motor panas mati dingin hidup lagi dapat karena persoalan pada CDI. Di bagian pengapian ke-2 yakni terjadi pada elemen namanya CDI.

Elemen ini riskan bila keadaan motor pada kondisi panas berbuntut mesin mati tiba-tiba. Saat ini terjadi pada motor, anda dapat kerjakan pengujian elemen CDI masihkah berperan atau mungkin tidak.

Dan pada elemen koil memberikan peluang benar-benar kecil karena umumnya keadaan koil pada kondisi ini masih lumayan bagus. Hingga anda tak perlu takut untuk menukarnya.

Yakinkan memerhatikan penyebab motor panas mati dingin hidup lagi ini. Dengan begitu, anda tidak akan alami persoalan yang serupa selang beberapa saat di depan.

4. Busi Memiliki masalah

Hal yang umum terjadi saat motor berhenti tiba-tiba pada keadaan panas dapat karena keadaan businya. Kepala busi atau sisi ujungnya yang telah kendur atau basah, bahkan juga telah hancur.

Bila ini jadi penyebab intinya, seharusnya selekasnya anda tukar busi yang baru. Selekasnya check keadaan elemen busi saat motor anda mati tiba-tiba.

5. Pulser Koil memiliki masalah

Kemungkinan sebagian dari kalian beranggapan jika susah menyalanya mesin motor dan biasanya motor mati walau sebenarnya mesin telah panas ialah disebabkan karena busi yang memiliki masalah. Anggapan ini memanglah tidak seutuhnya salah.

Namun, kadang meskipun busi telah membeli yang baru juga masih ada yang tidak kelar dengan motornya. Jadi tidak salah lagi, jika penyebab motor mati saat mesin panas berada pada pulser dan koilnya.

Tanda-tandanya benar-benar terang, yaitu bila motor mendadak mati saat mesin panas, tidak langsung bisa berpijar, motor tidak dapat hidup lama alias sesudah jalan beberapa saat telah mati. Pasti ini benar-benar menyusahkan sekalian menjengkelkan.

6. Setel Klep Tidak Cocok

Penyebab yang lain juga bisa dikarenakan oleh setel klep yang sangat dekat. Bila sela sangat dekat, mesin akan cepat menghangat dan akselerasi jadi benar-benar kurang. Menyetel klep supaya bisa renggang sangat penting. Oleh karenanya, tiap tipe motor diberi bentang ukuran klep yang disamakan dengan detail mesin.

Baca Juga  Cara Mengetahui Kaki Kaki Mobil Rusak: 10 Ciri & Ulasan

7. Tutup Tangki Mampet

Penyebab motor saat mesin panas mati dan dingin hidup lagi selanjutnya ialah karena tutup bak mampet. Pada tutup bak, ada sebuah lubang kecil yang bermanfaat sebagai ventilator. Bila lubang itu macet, maka berpengaruh pada musnahnya transisi udara. Bahan bakar juga tidak bisa turun atau mengucur.

Cara Mengatasi Motor Panas Mati Dingin Hidup Lagi

Untuk mengatasi kerusakan diatas lebih bagus kita membawa motor kita bengkel paling dekat supaya motor kita dapat diatasi secara tepat dan kalin jadi tahu apa persoalan dari motor itu hingga mendadak mati tiba-tiba. Nach berikut cara mengatasi motor panas mati dingin hidup lagi:

1. Check Percikan Listrik di Koil

Kamu dapat memeriksa adakah percikan listrik di koil. Status koil motor diteruskan pada cop busi yang berperan sebagai penghantar listrik yang dari starter, lalu ke busi. Bila belum paham-paham benar masalah koil, kamu dapat minta ke mekanik bengkel untuk memeriksakannya. Minta tukar koil yang baik, berkualitas dan orisinal. Itu cara mengatasi pulser koil yang memiliki masalah.

2. Tentukan Bahan Bakar dengan Kandungan Oktan tinggi

Cara mengatasi penyebab motor mati saat mesin panas yang lain yaitu dengan pilih bahan bakar yang kandungan oktannya tinggi, yaitu di atas 92. Bahan bakar itu yaitu dapat memakai Pertamax. Dengan kandungan oktan yang tinggi, karena itu proses pembakaran dapat prima dan tingkat polutan yang dibuat kecil.

3. Check Keadaan Filter Udara

Jalan keluar yang ke-3 yakni dengan teratur mengecek keadaan filter udara. Saat ini, motor matic semacam Honda sudah memakai penyaring udara tipe basah. Di mana, filter udara itu tidak bisa dibikin bersih dan mewajibkan untuk menukar langsung.

4. Spesifikasi Pabrik

Cara mengatasi penyebab motor saat mesin panas dan dingin hidup lagi seterusnya yakni dengan ikuti standard pabrikasi. Geprekelan harus juga dilaksanakan saat mesin sedang pada kondisi dingin. Seterusnya, selekasnya membawa motor kamu ke bengkel terbaik supaya ditata sama sesuai standard motor secara umum.

5. Yakinkan Lubang Sirkulasi Bersih

Cara menanganinya dengan pastikan lubang sirkulasi bersih dan tidak mampet. Janganlah lupa pakai compressor untuk buang kotoran yang dapat menghalangi perputaran lubang.

Diatas adalah ulasan terkait motor panas mati dingin hidup lagi baik penyebab maupun cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.