Ukuran Wiper Grand Max: Standar Dan Ulasan

Ukuran Standar Wiper Grand Max – Wiper merupakan salah satu bagian kendaraan yang membutuhkan perawatan dan penggantian termasuk wiper grandmax. Namun dalam penggantian tidak boleh sembarangan harus diperhatikan ukurannya. Lalu berapa ukuran standar wiper grand max?

Wiper sebagai salah satu elemen yang harus jadi perhatian karena punya pengaruh pada keselamatan, apa lagi pada musim hujan. Pikirkan saja berkendara saat hujan, rupanya keadaan wiper telah buruk. Tentu justru dapat membuat penglihatan di depan tidak jelas.

Menjaga elemen itu tidak sulit. Tanda-tanda jika karet wiper harus ditukar bisa disaksikan dari permukaan karet yang telah tipis dan getas. Jika terlewatkan, saksikan saja hasil sapuan wiper pada saat hujan. Jika ada garis-garis air yang ketinggalan di kaca, bisa saja tanda awal wiper perlu ditukar.

Ukuran wiper untuk samping kanan dan kiri berlainan. Namun terkadang juga sama baik kiri maupun kanan. Untuk lebih jelasnya terkait ukuran standar wiper grand max akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Fungsi Wiper Mobil

Fungsi khusus wiper mobil sebagai alat yang dipakai untuk membersihkan kaca depan dan atau belakang mobil dari embun atau tetasan air hujan. Dengan arah untuk meminimalkan berlangsungnya kecelakaan karena air hujan atau embun akan mempunyai potensi merintangi penglihatan saat bawa mobil di jalanan.

Walau ada beberapa wiper aftermarket yang dipasarkan sebagai alternatif wiper standard seperti Wiper Bosch, Wiper Hella, dan Wiper Denso pada harga yang relatif dapat dijangkau. Tetapi untuk memperoleh hasil terbaik dan di anjurkan untuk menukarnya dengan wiper orisinal.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kunci Stang Motor Macet: 4 Cara & Penyebab
ukuran wiper grand max

Ukuran Wiper Grand Max

Namun, ketika akan menukar wiper yang mulai aus atau bahkan juga hancur. Ada beberapa hal yang penting jadi perhatian, terhitung satu diantaranya adalah ukuran wiper mobil standard termasuk pada daihatsu grand max.

Minimal dengan ketahui daftar ukuran wiper mobil standard pabrik, nanti kalian dapat secara mudah menukarnya dengan demikian gampang. Apa lagi saat menukar wiper dengan ukuran salah, akan membuat beberapa hal yang terjadi.

Ukuran wiper Grand Max adalah 20 inch untuk kaca pada segi sopir dan 16 inch untuk segi penumpang. Artinya ukuran dari wiper grand max ini lebih besar pada bagian kanan dan kecil dibagian kiri.

Ukuran Wiper Mobil Daihatsu Lain

Selainnya Grand Max, terdapat beberapa ukuran wiper untuk mobil Daihatsu yang lain. Ukuran wiper mobil daihatsu diantaranya yaitu:

  1. Espass ukuran 18″ dan 16″
  2. Feroza ukuran 16″ dan 16″
  3. Luxio ukuran 19″ dan 19″
  4. New Xenia ukuran 21″ dan 14″
  5. Taft GT Ranger ukuran 16″ dan 16″
  6. Taruna ukuran 20″ dan 18″
  7. Tenia ukuran 20″ dan 16″
  8. Terios ukuran 21″ dan 18″
  9. Xenia 20″ dan 16″
  10. Zebra ukuran 18″ dan 18″

Resiko Ukuran Wiper Mobil Terlampau Pendek

Untuk menghindar resiko yang muncul karena pemakaian ukuran wiper mobil yang keliru. Karena itu berikut akan kami berikan resiko yang bisa jadi terjadi saat salah memakai ukuran wiper.

  1. Sektor kaca yang tersapu tidak rata.
  2. Membuat visibility penglihatan sopir akan terusik.
  3. Air yang tidak terbawa oleh karet wiper akan membuat kaca sisi dalam makin berembun.
  4. Tingkatkan resiko kecelakaan.
Baca Juga  Cara Mengatasi Mesin Diesel Ngobos: Ciri Dan Penyebab

Tips Memilih Wiper Mobil

Selain wiper Grand Max, banyak hal berikut ini perlu kamu lihat saat sebelum beli wiper mobil baru. Berikut tips memilih wiper mobil yang cocok dengan mobil anda yaitu:

1. Ukuran wiper

Ukuran wiper Grand Max adalah hal khusus yang penting kamu kenali saat sebelum beli wiper mobil baru. Apabila ukuran wiper yang terlampau pendek tidak menyapu air dengan prima, dalam pada itu ukuran wiper yang terlampau panjang akan membuat wiper sama-sama bertubrukan.

2. Karet wiper

Tips ke-2 adalah memilih karet wiper yang berkualitas. Pertama, tentukan karet wiper yang mempunyai ketebalan rata pada permukaan atasnya. Selanjutnya, tentukan karet dengan struktur yang cukup lembut dan kesat. Permukaan karet yang kasar akan menggores kaca mobil.

3. Rangka wiper

Memilih rangka wiper yang pas untuk mobil Daihatsu Grand Max kamu adalah salah satunya yang penting jadi perhatian. Rangka wiper yang tidak baik diikuti dengan fisik yang bengkok . Maka, check dengan cermat keadaan fisik dari rangka wiper yang hendak kamu membeli ya.

4. Test produk

Bila memungkinkannya dan faksi bengkel membolehkan, kamu dapat coba produknya lebih dulu saat sebelum beli. Karena memilih wiper yang berkualitas bagus adalah salah satunya kunci keselamatan saat berkendara.

Diatas adalah ulasan terkait ukuran standar wiper grand max. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.