Jelaskan Jika Celah Katup Tidak Ada: Efek Dan Ulasannya

Jelaskan Jika Celah Katup Tidak Ada – Pemberian celah katup atau klep berperan supaya katup atau klep bisa tutup secara baik kesemua kondisi suhu. Lalu jelaskan bagaimana efeknya jika celah katup tidak ada?

Klep pada mesin banyaknya berbeda bergantung dari proses katup dari mesin itu. Ada yang 1 silinder ada 2 katup, ada yang 3 katup dan ada yang 4 katup. Saat mesin hidup, proses katup ini akan mendapat style dari semua arah dan beban panas. Maka makin lama elemen dari proses katup ini akan alami keausan pada elemen penekan katup, penumbuk katup,rocker arm, dan pada katup dan dudukannya. Sehingga celah katup akan alami peralihan lebar (jaraknya).

Karena keausan ini karena itu celah katup bisa menjadi besar, hingga bisa turunkan performa dari mesin. Untuk lebih jelasnya berikut akan di jelaskan jika celah katup tidak ada.

jelaskan jika celah katup tidak ada

Jelaskan Jika Celah Katup Tidak Ada?

Di saat lakukan penyetelan celah katup atau klep harus dilaksanakan secara benar dan celah katup harus sesuai standard detailnya. Penyetelan celah katup yang tidak pas sudah pasti akan memunculkan permasalahan, baik celah katup yang terlalu besar, celah katup yang terlalu kecil atau jika katup tidak mempunyai celah. Berikut merupakan efek jika celah katup tidak ada, terlalu besar, ataupun kecil.

1. Jika celah katup besar

Jika penyetelan celah katup terlalu kendur atau besar karena itu mengakibatkan akan kedengar suara bising karena tumbukan rocker arm dan katup (terjadi pukulan-pukulan pada katup karena celah yang kendur). Hal ini apabila terjadi terus-terusan akan berkemungkinan katup bisa patah.

Baca Juga  Solar Tidak Mau Naik: 7 Penyebab Dan Ulasan

2. Jika celah terlalu kecil

Celah katup terlalu kecil atau sempit tentu akan memberikan efek tertentu. Hal ini dapat mengakibatkan bukaan katup akan jadi lebih lama dari saat yang semestinya. Karena bukaan katup yang semakin lama akan membuat rugi gas baru (gas akan kebuang ke aliran exhaust karena bukaan katup exhaust lebih lama)sehingga perputaran idle jadi tidak konstan (mesin jadi bergetar).

3. Jika celah katup tidak ada

Jika celah katup tidak ada maka menyebabkan katup tidak akan menutup secara baik, rugi gas baru, pembakaran bisa menjalar ke sisi karburator dan katup-katup jadi panas dan berkemungkinan terbakar.

Diatas sudah di jelaskan jika celah katup tidak ada, terlalu kecil, maupun terlalu besar. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -