proyeksi trimetri

Proyeksi Trimetri Adalah : Pengertian, Dan Ciri Cirinya

Proyeksi Trimetri – Dalam gambar teknik, proyeksi trimetri menjadi salah satunya tehnik yang dipakai untuk menggambarkan dengan detail informasi tertentu. Tujuan digunakannya proyeksi trimetri adalah supaya semua informasi pada gambar tehnik bisa tersampaikan dengan detil dan komplet.

Terdapat bermacam pengetahuan yang perlu didalami dalam proses pembuatan proyeksi trimetri supaya proses gambar tehnik dapat menghasilkan informasi yang jelas dan lengkap. Hal tersebut terdiri dari pengertian, dan ciri ciri proyeksi trimetri. Terkait proyeksi trimetri akan diulas pada artikel di bawah ini.

Pengertian Proyeksi Trimetri

Proyeksi trimetri adalah salah satu bagian dari proyeksi aksonometri yang mana rasio pendekatan untuk ke-3 segi dan sudutnya berbeda. Maknanya tiap segi mempunyai rasio perpendekan yang berbeda bergantung besar sudut yang dipakai.

Proyeksi trimetri berpatok ke besarnya sudut yang tercipta di antara garis sumbu x, y, dan z dan panjang garis garis sumbu itu. Proyeksi trimetri sebagai peningkatan dari proyeksi isometri. Ketentuan dasar pengerjaan proyeksi trimetri ialah ke-3 rasio pemendekannya berbeda pada ke-2 buah sudut.

proyeksi trimetri

Ciri Ciri Proyeksi Trimetri

Ada banyak ciri ciri yang memberikan gambar tehnik memakai proyeksi isometri. Agar semakin terangnya berkenaan ciri ciri proyeksi trimetri sebagai ini.

1. Sumbu

Pada garis sumbu pada proyeksi trimetri terdapat sudut yang besarnya disesuaikan dengan keperluan. Hal ini menjadi salah satu ciri dari proyeksi trimetri. Tetapi seperti ketentuan maka dua sudut mempunyai besaran yang berbeda. Dalam kata lain sudut α berbeda dengan sudut β. Tetapi besarnya sudut ini akan punya pengaruh pada rasio perpendekan pada tiap garis sumbu.

Baca Juga  Fungsi Ball Joint : 3 Fungsi, Komponen, Dan Cara Kerja

2. Ukuran Garis Sumbu

Ciri yang selanjutnya pada proyeksi trimetri adalah ukuran garis sumbu. Pada proyeksi trimetri biasanya mempunyai perbedaan garis sumbu x, y, dan z sejumlah 9/10a: 1/2a: a. Tetapi ukuran ini disamakan dengan sudut yang dibuat oleh garis sumbu. Agar semakin terangnya berikut sebagai tabel perbedaan sudut sumbu dan rasio perpendekan tiap garis sumbu pada proyeksi trimetri.

proyeksi trimetri

Di atas sebagai ulasan berkenaan proyeksi trimetri yang dipakai pada gambar tehnik baik pengertian maupun ciri cirinya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan ilmu dan pengetahuan.

Join the discussion