Freon AC Mobil Habis Tapi Tidak Bocor: 5 Faktor & Perbaikan

Freon AC Mobil Habis Tapi Tidak Bocor – Penyebab freon AC cepat habis banyak factornya. Namun bagaimana jika freon ac mobil habis tapi tidak bocor? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Freon AC sendiri sebagai cairan yang mempunyai cara kerja dengan melalui receiver dryer. Selanjutnya langsung difilter bila ada kotoran yang banyak menimbun.

Bila freon Anda mendadak tidak dingin, karena itu terjadi permasalahan pada freon Anda. Ini pasti mengusik kegiatan dan perjalanan Anda, khususnya pada kenyamanan sopir dan penumpang dalam mobil. Untuk lebih jelasnya terkait freon ac mobil habis tapi tidak bocor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

freon ac mobil habis tapi tidak bocor

Freon AC Mobil Habis Tapi Tidak Bocor

Kegiatan berkendaraan tentu makin nyaman dengan rasa dingin dari sistem AC mobil. Apa lagi saat cuaca sedang panas dan Anda ada di tengah kemacetan. Sayang kadang ada-ada saja peristiwa di aman AC mobil telah tidak dingin. Berikut penyebab freon ac mobil habis tapi tidak bocor yaitu:

1. Penekanan AC Terlalu berlebih

Freon ac mobil habis tapi tidak bocor dapat disebabkan oleh tekanan ac berlebih. Sistem penekanan AC yang terlalu berlebih bisa membuat freon habis dengan periode waktu bisa lebih cepat. Permasalahan ini bisa muncul karena pengisian oli compressor terhitung kebanyakan.

Pada akhirnya penekanan AC jadi tingkatkan hingga memacu compressor jadi cepat panas. AC mobil Anda jadi tidak dingin kembali karena keadaan ini.

Baca Juga  Kode Kerusakan Injeksi Honda: 11 Kode Dan Ulasan

2. Kerusakan Magnetic Clutch

Kerusakan magnetic clutch atau katup magnet bisa mengakibatkan freon AC bisa lebih cepat habis. Argumennya karena magnetic clutch mempunyai peranan untuk menyambungkan perputaran mesin dengan compressor lewat drive belt. Saat telah hancur, pada akhirnya ada-ada saja permasalahan freon AC cepat habis.

3. Aliran Pembuangan Air Drain Hose Mampet

Aliran pembuangan air AC tentu selalu mempunyai kotoran hingga rawan alami tersumbat. Penimbunan kotoran bisa membuat air yang melalui aliran itu hingga. Berikut yang pada akhirnya membuat AC tidak bekerja secara normal. Freon juga bisa lebih cepat habis untuk memberikan dukungan performa AC yang lebih berat.

4. Ekstra Fan Mati

Ekstra fan yang mati bisa mempengaruhi performa dari kondensator. Keadaan ini juga yang membuat tiadanya pengurangan temperatur. Pada akhirnya freon AC mobil berasa lebih panas hingga masuk ke kabin. Bila keadaan ini selalu didiamkan, karena itu sudah tentu freon AC habis dalam periode waktu bisa lebih cepat.

5. Drive Belt Putus

Penyebab terakhir freon ac mobil habis tapi tidak bocor adalah drive belt putus. Drive belt yang terputus dari ikatan di antara perputaran mesin dan compressor AC akan membuat sisi compressor tidak sanggup berputar-putar.

Kondensator yang ada juga tidak bisa bekerja yang baik. Sama dengan nomor awalnya, karena itu freon AC berasa lebih panas sampai masuk ke kabin. Ingin tidak ingin, Anda harus selekasnya menukar drive belt itu supaya semua performa sistem AC mobil bisa normal kembali.

Baca Juga  Ciri Ciri Dinamo Starter Motor Rusak: 5 Gejala & Ulasan

Cara Mengatasi Freon yang Cepat Habis

Cara untuk mengatasi freon AC yang cepat habis tapi tidak bocor adalah dengan menyelidik pemicunya. Tetapi untuk pastikan ada kebocoran dengan cara tepat, Anda dapat memakai air sabun.

Coba pada keadaan mesin hidup dan AC itu on, Anda berikan air sabun secara rata di aliran AC. Bila ada kebocoran, karena itu ada gelembung. Disamping itu, bisa dengan memerhatikan tiap centi aliran adakah air yang merembes.

Nach, bila benar ada kebocoran, karena itu Anda bisa menukar sama yang baru. Disamping itu, Anda dapat bawa ke arah tempat yang bisa tangani freon secara tepat.

Bila memang ingin tangani sendiri ,karena itu Anda dapat lakukan pengisian ulangi. Anda harus juga ketahui cara menjaganya supaya freon itu bisa bekerja optimal dan maksimal.

Diatas adalah ulasan terkait freon ac mobil habis tapi tidak bocor baik penyebab maupun cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.