Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor: 5 Cara & Ulasan

Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor – Beberapa pemilik mobil yang memasang piranti audio untuk argumen kenyamanan. Lalu bagaimana cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor?

Memang selingan dari audio mobil membuat berkendaraan jadi lebih nyaman. Tetapi sayang, beberapa pemilik mobil yang keliru dalam meng-upgrade audio mobilnya. Salah pasang ini mengakibatkan permasalahan baru, misalkan aki mobil jadi tekor. Lihat cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor berikut ini agar penempatan audio mobil tidak memiliki masalah.

Walaupun pabrikasi sudah memperlengkapi mobil dengan audio, tetapi beberapa pemilik yang menambah agar saat dengarkan musik lebih asyik. Beberapa malah mengambil kantong yang besar untuk melakukan modifikasi audio.

Tetapi, saat mengganti audio untuk lebih baik, banyak hal yang perlu jadi perhatian, janganlah sampai justru bikin rugi. Untuk lebih jelasnya terkait cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor

Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor

Terdapat beberapa hal atau cara untuk pasang audio mobil agar tidak tekor diantaranya yaitu:

1. Sumber Listrik

Cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor yaitu dengan melihat sumber listrik. Untuk mengganti audio, seharusnya diambil dari saluran positif dan negatif. Pasang kabel audio yang rapi, bila dapat lebih sekring khusus. Karena sekring ini ingin memutuskan arus listrik saat terjadi konsleting dan amankan sistem audio kendaraan saat terjadi arus pendek.

Baca Juga  Rem Cakram Seret Setelah Ganti Kampas : 7 Penyebab

2. Kabel

Sistem audio disambungkan dengan kabel untuk salurkan daya listrik dari 1 piranti ke piranti lain agar hasilkan tata suara berkualitas.

Yang perlu jadi perhatian, kabel-kabel audio ini tidak boleh terkupas, jika kabel harus di potong, karena itu ujung potongan kabel diisolasi dengan rapi agar tidak terjadi arus pendek. Kabel-kabel ini seharusnya diatur secara rapi dan tidak bersusun.

3. Power Amplifier

Agar aki tidak bekerja terlampau berat dan mudah tekor karena menambahkan keperluan listrik, pakai power amplifier. Perangkat electronic ini tidak memerlukan daya secara stabil.

Menambahkan jumlah speaker dan memasang subwoofer sebagai cara paling efisien untuk tingkatkan kualitas sistem audio di mobil. Tapi penting diingat piranti ini harus direkatkan ke susunan pokok kendaraan secara kuat dengan baut. Tidak boleh pakai ganda tape karena setiap saat dapat terlepas.

4. Tukar Alternator yang Lebih Besar

Memasang audio mobil terlalu berlebih bisa mengakibatkan aki, alternator, dan dinamo ampere berusaha keras. Hal tersebut karena memasang piranti tambahan memiliki arti menambahkan beban kelistrikan pada mobil. Pabrik mobil tentunya telah mempertimbangkan daya kelistrikan untuk tiap mobil yang dibuat. Tentu saja daya ini tidak disiapkan untuk tambahan aksesori lain seperti piranti audio.

Maka dari itu, alternative jalan keluarnya adalah menukar alternator listrik yang semakin besar energinya. Alternator ini berperan untuk isi daya pada aki. Hingga, suplai daya listrik untuk mobil bisa terpenuhi.

Baca Juga  Gejala SCV Rusak: 4 Ciri Dan Ulasan

5. Tambah Speaker dan Pasang Subwoofer

Selainnya menambahkan kualitas audio, memasang speaker tambahan dan subwoofer bisa menjadi salah satu cara terakhir untuk memasang audio mobil agar aki tidak tekor. Piranti tambahan ini harus direkatkan secara baik dengan susunan pokok mobil. Pilihan paling aman adalah dibautkan dengan bodi mobilnya. Jika memang perlu, bikinlah dudukan baru yang kaki pirantinya menempel di bodi mobil.

Jika cuma menyambung speaker dan subwoofer dengan selotip biasa, piranti tidak menempel prima. Daya rekat selotip dapat menyusut karena panas dan serapan air. Bahkan juga saat berkendaraan, piranti yang direkatkan dengan selotip bisa berefek jatuh atau terbang. Tentu saja akan beresiko untuk penumpang mobil saat berkendaraan. Oleh karena itu, menjadikan keselamatan sebagai target utama.

Nach tersebut beberapa cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor. Selalu lihat kemampuan daya listrik mobil saat sebelum menambah piranti baru seperti audio. Jika masih tetap ada permasalahan berkaitan aki tekor, selekasnya kontrol ke bengkel paling dekat.