Pengapian Mobil Hilang: 5 Faktor Dan Ulasannya

Pengapian Mobil Hilang – Pengapian mobil hilang menjadi permasalahan yang paling merepotkan, terutama bila pemilik mobil tidak demikian memahami berkenaan pengapian mobil. Lantas apa penyebab pengapian mobil hilang

Pengapian mobil injeksi hilang seperti kijang, carry, apv dan lain lain memang lumayan membuat ketidaktahuan apa lagi untuk beberapa pemilik kendaraan yang yang tidak memahami tentang ini. Pengapian yang hilang itu sering terjadi mendadak dan tanpa diperhitungkan awalnya. Bahkan juga, banyak terjadi pun tidak ada tanda-tanda aneh walau sebenarnya mesin saat sebelum mendadak pengapiannya jadi hilang khususnya pada mobil injeksi.

Hal yang terjadi, umumnya saat mobil di-starter mendadak busi tidak dapat memercikkan bunga api di ujungnya. Ini bisa juga terjadi pada ke-4 businya secara bertepatan walau jarang-jarang diketemukan. Tentu saja, ini akan menyebabkan tidak berlangsungnya proses pembakaran dan mesin tidak bisa berpijar.

Nach, supaya Anda tak lagi kebingungan hadapi keadaan sama. Untuk memperjelas berkaitan pengapian mobil hilang akan dibahas pada artikel di bawah ini.

pengapian mobil hilang

Pengapian Mobil Hilang

Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan pengapian mobil hilang pada kendaraan. Berikut penjelasannya:

1. Sensing blade memiliki masalah

Factor pertama kali yang dapat mengakibatkan pengapian mobil hilang adalah timbulnya masalah pada sensing blade.

Elemen sensing blade tersambung langsung dengan crankshaft sensor dan bekerja bertepatan. Ada masalah pada sensing blade akan membuat pembacaan data pada ECU (Engine Kontrol Unit) juga terusik. Hasilnya, ECU tidak bisa memberi respon signal dengan tepat dan busi juga tidak bisa memercikkan api.

Baca Juga  Rem Cakram Seret Setelah Ganti Kampas : 7 Penyebab

2. Angle sensor hancur

Selainnya sensing blade, elemen yang lain bisa juga mempengaruhi pengapian mobil tidak ada adalah angle sensor.

Apakah itu angle sensor? Elemen yang ini bekerja hitung putaran dan derajat putar crankshaft. Bila angle sensor alami kerusakan, karena itu ECU akan kesusahan untuk ketahui letak piston silinder.

Mengakibatkan, ECU tidak dapat mengirim signal pada silinder yang hendak terima bunga api. Pengapian juga musnah.

3. Power transistor unit terusik

Dapat disebutkan elemen dan serangkaian dari pengapian mobil mekanisme injeksi terkesan sulit. Banyak perangkat yang dapat mengakibatkan pengapian hilang, satu diantaranya adalah power transistor unit.

Pekerjaannya penting karena harus mengelola waktu ikat putusnya arus listrik di bagian primary coil. Sisi ini persisnya ada di elemen ignition coil.

Bila salah satunya saja tidak berperan prima, karena itu perintah dari ECU atau engine kontrol unit tidak tersampaikan ke pengapian, hingga busi tidak alami recikan dan tidak dapat menggantinya jadi style panas untuk pembakaran.

Kerusakan di transistor ini dapat terjadi bila kabel terputus, transistor membesar, dan ada pin yang patah.

4. Putusnya socket dan harness kabel pengapian

Penyebab selanjutnya pengapian mobil tidak ada adalah socket dan harness kabel pengapian yang putus. Ke-2 elemen ini berada pada lajur pengapian mobil. Kasus yang tersering ditemui adalah di bagian socket camshaft atau crankshaft.

Baca Juga  Ciri Ciri Bearing Water Pump Rusak: 6 Gejala Dan Ulasan

Jika kondisi transistor dan ignition coil masih tetap baik, karena itu teruskan pengecekan ke arah kabel dan soket.

Serangkaian pengapian tidak berperan bila terjadi kerusakan pada satu elemen saja. Di sini, Anda dapat check apa lajur connector yang tersambung alami kerusakan.

Piranti ini biasanya terjadi pada socket camshaft dan crankshaft, yang mana bisa terdeteksi dengan alat wiring grafik. Penyebab pengapian mobil injeksi hilang ini terkesan remeh, tetapi cukup susah untuk diperbarui.

Apa lagi bila Anda pemula dengan mekanisme otomotif, sebaiknya untuk tiba ke arah tempat service paling dipercaya untuk diagnosis dan pembaruan.

5. Ignition coil memiliki masalah

Permasalahan pada ignition coil rupanya dapat mengakibatkan proses pengapian pada mobil injeksi terusik.

Ignition coil yang memiliki masalah, walau tidak serempak terjadi pada keseluruhnya coil, dapat mengakibatkan pengapian hilang. Bila ini terjadi, Anda kemungkinan tidak rasakan efeknya. Tetapi, bila ignition coil memiliki masalah pada keseluruhnya coil, pengapian juga dapat hilang keseluruhan.

Disini, bisa diambil kesimpulan jika penyebab pengapian mobil injeksi hilang rupanya benar-benar bermacam. Dapat karena masalah sensing blade, angle sensor, bahkan juga permasalahan pada ikatan socket dan harness kabel pengapian mobil.

Diatas adalah ulasan terkait pengapian mobil hilang. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -