Ciri Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak: 3 Tanda & Perbaikan

Ciri Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak – Fuel pump pada motor injeksi sering mengalami kerusakan. Hal ini tentu akan menimbulkan berbagai gejala pada motor. Lantas apa ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak?

Fuel pump di motor injeksi punya peran penting dan betul-betul penting. Karena ada sisi ini yang membagi bensin sama sesuai porsinya ke injektor. Selain itu fuel pump berperanan untuk menjaga penekanan dari bensin agar tetap tinggi.

Tapi ada kalanya fuel pump ini turun dan menyebabkan penekanan bensin jadi lemah. Pada akhirnya bensin tidak bisa terdiri dengan maksimal. Dan tentu saja pembakaran tidak dapat optimal sampai mempengaruhi perform motor itu.

Oleh karena itu, Kamu harus tahu apa tanda fuel pump motormu turun, sebelum mati keseluruhnya. Untuk memperjelasnya berkaitan ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak

Ciri Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak

Ada banyak ciri ciri atau gejala fuel pump pada motor injeksi yang rusak salah satunya yakni:

1. Motor Sedikit Susah Untuk Dihidupkan

Ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak yang pertama adalah susah dihidupkan. Kamu harus berprasangka jelek bila motor injeksimu susah untuk dihidupkan. Tentu ada yang salah jika motormu susah untuk dihidupkan. Bisa jadi fuel pump tidak bekerja secara semestinya sampai kamu harus tekan electric starter berkali – kali.

Pada kondisi normal, motor injeksi akan langsung hidup saat electric starternya ditekan. Pompa bensin secara otomatis akan bekerja saat kontak motor ON. Karena itu hampir bisa dipertegas ada yang tidak selesai pada fuel pump saat motormu tidak bisa hidup dalam sekali pencet electric starter.

Baca Juga  Kode Kedipan Injeksi Yamaha: 21 Kode Dan Ulasan

2. Suara Dengungan Pompa Lemah

Gejala fuel pump motor injeksi rusak yang seterusnya seperti yang sudah disebut sebelumnya, saat kontak motor ke status ON, fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu akan terdengar dengungan dari fuel pump. Kecurigaanmu seharusnya semakin bertambah saat dengungan itu terdengar lebih lirih dibandingkan biasanya. Bisa memang fuel pump motormu sedang mempunyai permasalahan dan sedang pada kondisi lemah.

Saat ini yang penting kamu lakukan adalah bawa ke dealer service terdekat untuk yakinkan keadaannya. Jangan sampai bawa ke bengkel saat fuel pump tidak berperanan kembali. Bisa – bisa kerusakan yang ada malah menjalar ke mana – mana.

3. Lampu Indikator Berkedip

Selain motor susah hidup, ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak yang paling akhir adalah tanda cek engine yang berkedip. Beberapa pabrikan motor saat ini datangkan fitur tanda cek engine.

Ini buat kenali bila terdeteksi penekanan bensin turun, karenanya tanda cek engine akan berkedip dengan pola tertentu untuk memberikan sinyal ke si pemilik kendaraan. Tapi, fuel pump yang rusak tidak selama-lamanya dituruti dengan Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau kode kerusakan pada panel instrumen berkedip.

Lampu MIL adalah lampu tanda yang ketahui kerusakan motor pada proses injeksi. Lampu MIL berada di sisi speedometer motor yang warna oranye. Bila terjadi masalah pada sensor atau proses injeksi, karenanya lampu MIL akan berpijar dan berkedip.

Baca Juga  Cara Reset Odometer Digital: 4 Prosedur Dan Biaya

Ketika kunci kontak pada status on MIL akan berpijar sekitar 0,3 detik dan akan mati kembali. Ketika MIL berpijar ECM akan ketahui tidak ada atau adanya kerusakan pada proses sensor. Bila tidak ada kerusakan karenanya MIL akan mati.

Cara Mencegah Kerusakan Fuel Pump Motor

Setelah megetahui gejala dari fuel pump motor injeksi rusak, seharusnya Anda kenali cara mencegah agar tidak ada kerusakan. Sampai, perform mesin masih tetap maksimal. Cara perawatan untuk menjaga flue pump mudah.

1. Keadaan Bak Selalu Penuh

Cara mencegah yang pertama adalah janganlah sampai diamkan bak bahan bakar kosong. Selain itu usahakan jangan sampai bahan bakar kurang dari patas minum bak. Karena itu, segeralah isi bahan bakar saat volumenya tinggal seperempat bak.

2. Menguras bak teratur

Kedua , menguras bak bahan bakar secara teratur. Betul-betul disarankan menguras bak sekurangnya lima tahun setelah pemakaian untuk motor baru. Adapun motor yang telah lama dipakai semestinya tiap dua tahun sekali. Selain menghilangkan kotoran yang ada di bak, menguras membersihkan beberapa elemen kimia lain, terhitung bakteri yang ada di dasar bak. Khususnya untuk motor yang bak bahan bakarnya kerap kosong atau terlambat isi bahan bakar.

3. Kualitas bensin

Ketiga, isi bahan bakar ketika yang tidak tepat. Misalkan saat Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) tengah atau baru isi bungker bahan bakar atau di siang hari yaitu saat sebagian orang isi bahan bakar kendaraan.

Di atas adalah pembahasan berkaitan ciri ciri fuel pump motor injeksi rusak dan cara menghindarinya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.