Mobil Tidak Bisa Distarter : 7 Penyebab Dan Perbaikannya

mobil tidak bisa distarter

Mobil Tidak Bisa Di Starter – Terkadang mobil tidak bisa distarter atau macet. Hal tentu disebabkan oleh berbagai permasalahan yang terjadi pada mesin mobil. Lalu apa saja penyebab mobil tidak bisa distarter?

Mobil tidak bisa distarter adalah salah satu permasalahan yang seringkali berlangsung pada suatu kendaraan roda empat. Saat keadaan ini berlangsung, karena itu Anda tidak perlu cemas. Menangani mobil yang tidak bisa distarter benar-benar kerap memusingkan dikarenakan hal ini bisa terjadi akibat berbagai penyebab yang perlu pengecekan.

Walaupun begitu sebenarnya ada bermacam cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mobil yang tidak bisa distarter. Waktu mobil sulit distarter, beberapa orang condong menduga jika ada permasalahan pada aki. Saat dikerjakan pengecekan, tiba-tiba aki mobil masih pada kondisi bagus dan sempurna.

Kecuali aki ternyata masih banyak penyebab lain mengapa mobil sulit distarter. Supaya yang akan datang tidak cemas waktu menghadapai permasalahan seperti itu, harus tahu jejeran penyebab kenapa mobil tidak bisa distarter yang akan diulas lebih rinci pada artikel berikut ini.

mobil tidak bisa distarter

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Ada banyak penyebab mobil yang sulit distarter. Hal ini penting untuk dikenali oleh pemilik kendaraan untuk berjaga-jaga. Berikut beberapa penyebab mobil tidak bisa di starter:

1. Aki yang mulai kurang kuat

Kurangnya daya pada aki atau baterai juga akan menyebabkan sistem starter tidak bekerja dengan baik. Hal ini dikarenakan arus yang dibutuhkan oleh motor starter tidak dapat terpenuhi sehingga tidak mampu memutar flywheel dengan baik. Akibatnya mobil akan sulit menyala ketika di starter.

Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan pada baterai atau aki secara berkala. Pengecekan baterai seperti pengukuran tegangan baterai, pengecekan jumlah elektrolit baterai, serta kondisi baterai secara virtual. Hal ini dilakukan untuk menjaga perfoma baterai agar tetap maksimal.

2. Dinamo starter mengalami kerusakan

Penyebab mobil tidak bisa distarter salah satunya ialah dinamo starter. Dinamo starter ini adalah elemen yang berperan gerakkan dinamo mobil untuk bisa menghidupkan mobil. Dinamo starter pada mobil berlainan dengan sepeda motor yang biasanya diperlengkapi dengan kick starter.

Untuk mobil manual, menghidupkan mobil masih bisa dikerjakan dengan cara didorong. Tetapi untuk mobil matik, tidak ada cara lain kecuali mengantarnya ke bengkel untuk lakukan pergantian spare part. Di saat mobil tidak ingin distarter, upayakan jangan memaksa kendaraan dengan melakukan starting secara berulang ulang. Hal itu akan menghancurkan dinamo starter pada mobil dikarenakan kerja dinamo berat sehingga menjadi panas dan terbakar.

3. Permasalahan Pada Busi

Salah satu komponen yang memiliki peran agar mobil dapat menyala ketika di starter adalah busi. Jika komponen ini terjadi masalah maka starter mobil juga bisa terkena efeknya. Busi yang kotor atau telah berumur lama ialah dua factor pemicunya.

Baca Juga  Air Radiator Mobil Bocor Dibawah Mesin: Penyebab & Perbaikan

Busi yang kotor bisa menghalangi terjadinya percikan bunga api yang diperlukan supaya starter bisa bekerja. Waktu mobil tidak bisa distarter maka perlu dilakukan pengecekan busi yang ada dalam ruangan mesin. Jika kotor maka perlu pembersihan dengan cara digosok memakai cairan spesial atau ampelas.

Selain itu pemakaian busi yang sudah berumur atau daya percikan kecil juga akan mempengaruhi ketika mobil distarter. Keadaan semacam ini membuat mobil sulit distarter saat masih pada kondisi panas. Waktu mesin telah dingin, baru starter bisa dikerjakan. Busi semacam ini harus ditukar dengan busi yang baik agar mempermudah proses pembakaran terjadi.

4. Alternator Rusak

Penyebab lain mobil susah distarter adalah alternator yang hancur. Alternator adalah bagian utama pada kendaraan yang berperan menyalurkan listrik ke aki. Apabila alternator mengalami masalah maka mobil juga tidak akan dapat menyala walaupun aki pada keadaan baik.

Alternator tidak gampang alami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Biasanya kerusakan berlangsung pada beberapa mobil yang sudah berumur lebih dari 8 tahun. Jika menjumpai kerusakan pada komponen ini maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada bengkel.

5. Saluran Bahan Bakar Tersumbat

Kondisi mobil sulit distarter sering berlangsung waktu mobil sedang panas. Rupanya salah satunya factor pemicunya adalah saluran bahan bakar yang tidak tersalurkan secara maksimal ke mesin. Disamping itu, tidak bercampurnya bahan bakar dengan udara bisa jadi penyebab lain mobil tidak bisa distarter pada keadaan ini.

Permasalahan mobil susah distarter karena bahan bakar juga dapat terjadi pada waktu pagi hari. Permasalahan ini berasal dari pompa bahan bakar (fuel pump) dari bak ke arah karburator menurun karena keadaan dingin. Cukup memainkan kunci kontak untuk memancing agar pompa bahan bakar dapat bekerja maksimal kembali.

6. Koil Bermasalah

Koil memiliki peran untuk menghidupkan starter mobil karena termasuk komponen penting pada sistem pengapian. Fungsi komponen ini adalah melipatgandakan tegangan listrik dengan jumlah besar ke aki (bisa capai beberapa ribu volt). Kemudian, karena itu arus listrik bisa mengucur ke busi hingga memantik pijaran bunga api.

Apabila setiap saat mobil sulit distarter maka perlu dilakukan pengujian pada koil. Koil yang hancur bisa dijumpai dari temperaturnya yang terlalu panas. Apabila hal tersebut terjadi maka perlu dilakukan penggantian koil.

7. WTS (water temperature sensor)

WTS (water temperature sensor) atau sensor temperatur mempunyai potensi membuat mobil sulit distarter. Apabila WTS mengalami kerusakan maka mekanisme injeksi akan terganggu sehingga mobil tidak bisa dinyalakan. Apabila wts mengalami kerusakan maka check engine pada dashboard mobil akan menyala sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan scanner dan peralatan lain.

Baca Juga  Pindah Gigi Bunyi Krek Pada Motor: 3 Penyebab & Perbaikan

Cara Memperbaiki Mobil Tidak Bisa Distarter

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika mobil tidak bisa di starter, diantaranya yaitu:

1. Cek Keadaan Aki

Langkah awal yang bisa Anda kerjakan yaitu memeriksa keadaan aki mobil. Masalahnya elemen ini adalah sisi penting dari mekanisme kelistrikan satu kendaraan. Jadi tiada aki, mobil tidak akan bisa berperan. Pengecekan dikerjakan dengan memeriksa keadaan tingkat air aki dan mengecek tegangan listrik.

2. Cek Keadaan Fuel Pump

Mobil tidak bisa di starter terkadang disebabkan oleh fuel pump. Salah satunya cara termudah untuk menangani kendaraan roda empat yang memiliki masalah dengan mengecek keadaan Fuel Pump di monitor Multi Information Display (MID) yang ada di dashboard. Ini bisa disaksikan dari tanda Cek Engine di Speedometer yang berada di MID.

Apabila elemen ini kotor, maka memengaruhi mobil waktu distarter. Tetapi, untuk mengeceknya selengkapnya, sebaiknya bila memakai layanan montir supaya bisa dibikin bersih dan dikalibrasi ulangi hingga mobil bisa kembali lagi bekerja secara efisien.

3. Kontrol Kondisi Karburator (Konvensional)

Bukan itu saja, panduan memperbaiki mobil tidak ingin distarter yang lain yakni mengatur kondisi karburator. Elemen ini sama keutamaan dengan aki di mana berperan untuk mengendalikan perputaran udara dan bahan bakar ke dalam aliran isap mesin mobil. Bila karburator kotor, karena itu keadaan ini akan menghalangi proses starting mesin mobil.

4. Cek Kondisi Sekring

Saat kendaraan roda empat Anda alami permasalahan di mana mesin tidak bisa berpijar, sebaiknya bila mengecek keadaan sekring. Cara ini dikerjakan jika Anda sudah memeriksa elemen aki dan karburator. Sekring sendiri terdiri dua, kutub positif dan kutub negatif. Periksalah ke-2 kutub ini adakah kabel yang putus atau tidak. Bila bingung, tidak ada kelirunya untuk mengontak montir di bengkel paling dekat.

5. Cek Kondisi Dinamo Starter

Paling akhir, panduan memperbaiki mobil tidak ingin distarter yang bisa dikerjakan sendiri dengan memeriksa dinamo start. Sisi ini bermanfaat untuk gerakkan roda edan pada dapur picu kendaraan hingga mesin tetap berperan normal.

Itulah beberapa hal terkait mobil tidak bisa distarter mulai dari penyebab mobil tidak bisa distarter dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Semoga menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -