cara mengatasi motor matic cepat panas

Cara Mengatasi Motor Matic Cepat Panas : 7 Cara & Ulasannya

Cara Mengatasi Motor Matic Cepat Panas – Terdapat beberapa permasalahan yang sering muncul pada motor matic, salah satunya yaitu motor matic cepat panas. Hal ini harus cepat diatasi karena dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada komponen lain. Lalu bagaimana cara mengatasi motor matic cepat panas?

Motor matic sangat nyaman digunakan karena tanpa perpindahan gigi. Namun apabila mesin matic cepat panas maka tenaga yang dihasilkan akan menurun akibat CVT tidak dapat bekerja dengan optimal.

Sebagai cara mengatasi motor matic cepat panas terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa penyebab, sehingga cara mengatasi motor matic cepat panas harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Berikut penjelasan terkait cara mengatasi motor matic cepat panas.

cara mengatasi motor matic cepat panas

Cara Mengatasi Motor Matic Cepat Panas

Cara mengatasi permasalahan motor matic cepat panas sebetulnya tidak susah. Namun, kamu perlu lebih dulu ketahui pemicunya. Pada umumnya, ada 7 hal yang kamu perlu lihat untuk cara mengatasi motor matic cepat panas.

Berikut ialah 7 cara mengatasi motor matic cepat panas atau overheat:

1. Gunakan Bahan Bakar yang Baik Bisa Mengatasi Motor Matic Cepat Panas

Pakai BBM yang tepat bisa menjadi salah satu cara mengatasi motor matic cepat panas. Pemakaian bahan bakar yang tidak betul, jadi factor pertama kali yang mengakibatkan motor matic cepat panas. Untuk menanganinya kamu perlu memerhatikan opsi bahan bakar dengan nilai oktan yang pas untuk motor kecintaanmu.

Memakai bahan bakar dengan oktan tinggi, membuat pembakaran di ruangan mesin berjalan secara prima. Dengan demikian motor dapat hasilkan tenaga yang optimal juga.

Bertepatan dengan itu, tingginya tenaga yang dibuat bisa memunculkan dampak mesin yang overheat. Sebagai contoh peristiwa mesin yang overheat, karena pemakaian tipe BBM yang tidak pas ialah saat memakai Pertamax Turbo pada Honda BeAT.

Efeknya mesin motor akan condong cepat panas. Bahkan juga, konsumsi bahan bakar berasa lebih boros. Anjuran kami, kamu tidak perlu keluarkan anggaran lebih beli Pertamax Turbo.

Pasalnya hanya memakai BBM Pertamax dengan RON 92 saja perform mesin sebetulnya telah optimal. Mesin motor matic yang kamu punyai juga tidak cepat panas.

cara mengatasi motor matic cepat panas

2. Kerjakan Penggantian Oli Secara Periodik

Kerjakan pergantian oli secara periodik, dapat juga digunakan sebagai cara mengatasi mesin motor matic agar tidak cepat panas. Ketertinggalan dalam menukar oli, bisa menyebabkan motor matic cepat panas. Pelumas di sepeda motor berperan untuk meminimalisir berlangsungnya gesekan pada elemen mesin.

Baca Juga  Penyebab Kopling Selip : Tanda, Penyebab, Dan Perbaikan

Gesekan yang terlampau tinggi pada elemen mesin, dapat menyebabkan mesin motor matic cepat panas atau overheat. Bila kamu telat lakukan pergantian oli, efeknya bisa juga menyebabkan elemen mesin jadi cepat hancur.

Karena itu seharusnya kamu wajib melakukan penggantian oli secara periodik. Supaya keadaan mesin motor matik kamu masih tetap pada keadaan terbaik.

3. Rajin Lihat Keadaan Mekanisme Pendingin Mesin

Radiator harus jadi perhatian, untuk menghindar motor matic cepat panas. Motor produksi terkini, umumnya telah diperlengkapi dengan mekanisme pendingin. Arah untuk meminimalisir resiko overheat.

Mekanisme pendingin yang dipakai umumnya berbentuk radiator, bahka ada pula tipe motor yang sudah diperlengkapi dengan kipas pendingin.

Saat mekanisme pendingin itu berjalan baik, karena itu resiko motor matic cepat panas dapat dijauhi. Beda hal bila terjadi penyumbatan pada motor dengan mekanisme pendingin liquid.

Bila terjadi penyumbatan, tanda-tanda yang terjadi umumnya akan tercium berbau sangit saat mesin panas. Kamu perlu lakukan pergantian water coolant atau air pendingin. Janganlah lupa juga untuk mencucinya, dengan arah untuk merontokkan kerak yang menutup.

Masalah pada mekanisme pendingin dapat terjadi saat kipas tidak bekerja yang baik. Pada keadaan normal, kipas pendingin akan bekerja secara automatis saat mesin pada keadaan panas.

cara mengatasi motor matic cepat panas

4. Tidak boleh Paksa Performa Mesin Motor Matic Terlampau Keras

Tidak memaksakan performa mesin, bisa meminimalkan motor matic cepat panas Saat kamu memaksa performa mesin melebih kemampuannya, bisa menyebabkan motor matic cepat panas. Sebagai deskripsi saat kamu berkendaraan melewati wilayah tanjakan yang berlebihan.

Pada keadaan semacam itu, yakinkan untuk menyiapkan waktu istirahat yang cukup. Agar mesin tidak cepat panas, dan paksa untuk bawa beban berlebihan ditambah saat perjalanan jauh.

Efeknya bisa menghancurkanan elemen mesin , apa lagi jika kamu terlambat untuk lakukan pergantian pelumas.

cara mengatasi motor matic cepat panas

5. Mesin Hidup Dalam Waktu Lama

Mesin motor yang berpijar kelamaan bisa menyebabkan mesin panas Mesin yang berpijar dalam waktu yang lama, bisa juga menyebabkan mesin motor matic cepat panas. Apa lagi, saat kamu memakai motor untuk tempuh jarak capai beberapa ratus mtr..

Baca Juga  Penyebab Motor Matic Cepat Panas : 4 Faktor & Ulasannya

Masalah motor matic cepat panas bisa juga terjadi, saat berkendaraan di tempat yang macet. Ditambah saat kamu berkendaraan jarak jauh.

Cara paling baik supaya mesin masih tetap dingin tak perlu stop, kamu cukup tingkatkan kecepatan kendaraan. Beda hal bila kamu hadapi permasalahan mesin overheat saat keadaan macet.

Supaya mesin tidak cepat panas, mau tidak mau kamu harus stop sesaat untuk mendinginkan mesin agar tidak overheat.

6. Lihat Keadaan Sensor Temperatur

Lihat temperatur kendaraan, agar menghindar motor matic cepat panas Penting buat kamu kenali, untuk menghindar mesin motor matic cepat panas. Untuk beberapa motor keluaran terkini kamu perlu untuk memerhatikan sensor temperatur. Hal ini sebagai salah satu cara mengatasi atau memperbaiki motor matic cepat panas.

Sepeda motor dengan mekanisme pendingin radiator, umumnya sudah diperlengkapi dengan sensor engine coolant temperature (ECT). Dalam pada itu, motor dengan pendingin udara, menggunakan sensor engine oil temperature (EOT).

Manfaat khusus sensor temperatur, untuk memberitahukan keadaan temperatur mesin dan seterusnya akan menyampaikannya ke sisi engine kontrol unit (ECU). Saat mesin terlampau panas, ECU akan memberitahukannya pada lampu tanda.

ECU akan menghidupkan kipas pendingin untuk turunkan temperatur mesin. Janganlah lupa selalu untuk meperhatikan tanda temperatur kendaraan supaya motor kamu tidak overheat.

7. Perhatian Lebih Untuk Motor yang Telah di Modifikasi

Mesin motor didalamnya ada klep yang tingkat kerengangannya perlu ditata sama sesuai keperluan dapat menjadi salah satu cara mengatasi motor matic cepat panas. Penyebab mesin motor matic cepat panas ialah saat kamu memodifikasi terutamanya pada bidang mesin. Modifikasi benar-benar sangat efisien dalam tingkatkan performa motor.

Namun, dampak dari modifikasi mesin itu bisa menyebabkan panas berlebihan. Apa lagi, faksi produsen motor sebetulnya telah mempunyai standard tertentu berkaitan mesin yang dijajakan.

Saat kamu up-grade mesin, kamu perlu pikirkan efeknya. Janganlah sampai membuat performa mesin menjadi lebih keras, yang berpengaruh membuat mesin cepat panas.

Diatas adalah ulasan mengenai cara mengatasi motor matic cepat panas. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion